Program FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr)

FSJ yang merupakan kependekan dari Freiwillige Soziale Jahr (program sukarela) adalah Program Pekerjaan Sosial berbayar 1 tahun di Jerman. Program ini ditujukan untuk kaum muda dengan rentang usia 16-26 tahun. Di Jerman, FSJ dapat dilakukan di bidang pariwisata, seni dan musik, kesehatan (rumah sakit, disabilitas, rehabilitasi narkoba), panti jompo, taman kanak-kanak, remaja, olahraga, dan budaya.

Ausländers (Orang asing yang bukan berasal dari Eropa) saat ini hanya tersedia di 2 bidang sosial, yaitu di Rumah Perawatan atau Anak-anak Penyandang Cacat

Tujuan dari Program FSJ ini adalah untuk membuat Pemerintah Jerman memberikan kesempatan bagi kaum muda dari dalam dan luar Eropa untuk mengenal dunia kerja di Jerman dan meningkatkan kontribusi sosial mereka.

LEARN MORE

Di mana Anda bisa melakukan FSJ?


Organisasi-organisasi kesejahteraan, komunitas-komunitas keagamaan, serta otoritas federal, negara bagian, dan lokal, terutama diterima di FSJ. Lokasi yang mungkin banyak dan semuanya sosial, amal atau utilitas publik.

  • Layanan untuk orang cacat
    Rumah sakit
    Rumah jompo
    Rumah asuh
    Pelestarian monumen bersejarah
    Layanan rawat jalan
    Layanan kesejahteraan pemuda
    Komunitas gereja
    Layanan medis darurat
    Rumah anak-anak
    Rumah orang tua
LEARN MORE

Panti Jompo (Altenheim)

Jika Anda bergabung dengan FSJ atau pekerjaan sosial di Panti Jompo, maka Anda harus memiliki sifat alami sabar. Pekerjaan Anda hanya akan menemani pekerja dalam merawat lansia. Misalnya, jika sudah waktunya untuk beristirahat, Anda akan diminta untuk membantu membawa lansia ke kamar masing-masing.

 

Rumah Sakit

Jika Anda memiliki pendidikan perawat dasar, Anda dapat mengambil bagian dalam FSJ di sektor kesehatan yang biasanya akan ditempatkan di rumah sakit. Gambaran tentang pekerjaan Anda nanti jika Anda mengambil FSJ di bidang ini, Anda bertanggung jawab merawat pasien. Pastikan pasien makan, bantu pasien jika pasien meminta bantuan hanya untuk berjalan-jalan menghirup udara segar atau bahkan ke toilet dll.

 

TK

Jika Anda menyukai anak-anak, Anda akan cocok untuk FSJ di bidang ini yang akan membuat Anda ditempatkan di TK. Tugasnya juga tidak terlalu berat, hanya menemani anak-anak bermain sambil menonton mereka. Terkadang Anda juga diminta hanya membaca cerita untuk anak-anak. Wow, ya?

 

Anak-anak cacat / keterbelakangan mental (Behindertenhilfe)

Di Jerman memang ada lembaga sosial khusus untuk penyandang cacat atau keterbelakangan mental. Mereka akan diajari membuat kerajinan, melukis dll. Sekarang pekerjaan Anda jika Anda menjadi FSJ di Behindertenhilfe, Anda akan menjadi rekan mereka. Bantu mereka menyiapkan makanan jika mereka mengalami kesulitan, menemani mereka berjalan-jalan, membantu mereka jika mereka kesulitan membuat kerajinan tangan dll.

CONTACT US

Cari tahu lebih lanjut tentang proses penyesuaian dan peluang perjalanan kami!

Kapan saya bisa mendaftar untuk FSJ?

Seperti yang dijelaskan FSJ sebelumnya, program ini memiliki 2 periode pembukaan setiap tahun di Jerman, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Tetapi dokumen dan file pendaftaran harus diserahkan setidaknya 6 bulan sebelum keberangkatan.

Setelah pengajuan dokumen, Anda akan melakukan wawancara dengan Träger di Jerman melalui Skype. Jika Anda diterima, Träger akan menyalurkan Anda ke beberapa tempat FSJ, dan itu berarti Anda memiliki peluang besar untuk memulai FSJ Anda pada periode Agustus. 

LEARN MORE

Bisakah saya mengundurkan diri dari program FSJ?

FSJ dapat bertahan antara 6 dan 18 bulan. Tetapi kita dapat mengundurkan diri kapan saja jika kita tidak merasa di rumah atau tidak cocok dengan bidang yang terlibat.

CONTACT US

Kami ingin mendengar dari Anda mengenai tujuan akademis Anda. Kami tidak puas hingga Anda benar-benar puas.