LET’S DO THIS

We're VIRTU, An Ethical Boutique European Learning Center Based in Jakarta

Visa Jerman

Jika Anda membutuhkan visa Jerman, Anda harus mengajukan permohonan di negara asal Anda dalam waktu yang tepat. Aplikasi harus dibuat untuk misi diplomatik Jerman di luar negeri (kedutaan atau konsulat umum). Tergantung pada durasi dan alasan kunjungan Anda, Anda mungkin dikeluarkan dengan visa Schengen atau hanya visa nasional. Visa Schengen berlaku untuk kunjungan singkat hingga tiga bulan untuk liburan, kursus bahasa dan perjalanan bisnis, dan tidak dapat diperpanjang. Visa nasional dimaksudkan untuk kunjungan studi yang lebih lama.

Required Documents For A Visa Application

Biasanya, Anda diminta untuk menyajikan:

  • Sertifikat kemahiran bahasa Jerman atau bukti bahwa Anda bermaksud mengikuti kursus bahasa di Jerman
  • Sertifikat mengkonfirmasikan cakupan asuransi kesehatan
  • Sertifikat prestasi akademik dan prestasi masa lalu
  • Bukti sumber keuangan
  • Untuk visa pemohon pelajar: kualifikasi masuk universitas yang diakui di Jerman
  • Untuk visa pelajar: pemberitahuan penerimaan dari universitas Jerman Anda (atau pernyataan dari universitas yang mengkonfirmasi bahwa prospek Anda untuk mendapatkan tiket masuk adalah baik)

Dua jenis visa:

1. Visa pemohon pelajar (Visum zur Studienbewerbung)

Jika Anda belum menerima pemberitahuan penerimaan ke universitas atau kursus foundation, Anda harus mengajukan permohonan visa pemohon pelajar.

Visa tiga bulan ini memungkinkan Anda untuk memenuhi persyaratan untuk masuk ke universitas Jerman. Jika Anda menemukan bahwa tiga bulan tidak cukup lama, Anda dapat memperpanjang visa Anda hingga maksimal enam bulan. Jika Anda diterima di universitas atau kursus foundation dalam periode ini, Anda dapat mengajukan permohonan untuk visa Jerman untuk pelajar.

2. Visa pelajar (Visum zu Studienzwecken)

Jika Anda telah menerima pemberitahuan penerimaan masuk ke universitas atau kursus foundation, Anda harus mengajukan permohonan visa pelajar. Visa pelajar biasanya berlaku selama tiga bulan. Dalam tiga bulan ini, Anda harus mengajukan permohonan perpanjangan izin tinggal di Kantor Pendaftaran Orang Asing di kota universitas Anda.