7 Cara Mendapatkan Visa Jerman untuk Mahasiswa Indonesia

By 21/02/2019 May 6th, 2019 Jerman
visa jerman

Visa Jerman – Ketika berkunjung ke luar negeri untuk berbagai keperluan maka Anda perlu melengkapi surat-surat yang akan menjadi tanda pengenal. Surat-surat ini perlu jauh-jauh hari diurus sebelum jadwal keberangkatan tiba.

Paspor dan visa adalah dua surat penting yang wajib dimiliki seseorang untuk berkunjung ke negara di Amerika, Eropa dan Asia. Sedangkan beberapa negara di Asia ada yang membebaskan tanpa visa karena alasan tertentu.

Baca Juga:  Sedang Cari Kerja? Ini Lapangan Kerja di Jerman Banyak Dibutuhkan

Negara di Eropa dan Amerika sangat disiplin mengenai turis, atau orang asing yang masuk ke negara mereka. Maka surat-surat baik paspor dan visa harus dimiliki bagi Anda yang hendak masuk ke negara-negara di benua tersebut.

Apakah Perbedaan Visa dan Paspor?

 

Perbedaan Visa dan Paspor
Paspor adalah tanda pengenal yang akan digunakan selama tinggal di luar negeri. Paspor dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dan berasal dari negara Anda yang akan melakukan perjalanan.

Sedangkan visa adalah dokumen yang digunakan sebagai surat izin masuk yang didapatkan dari pejabat dari negara yang dituju. Visa juga akan memuat berapa lama waktu Anda akan berkunjung ke negara tersebut.

Baca Juga:  Ini 4 Alasan Kuliah Gratis di Jerman Banyak Diminati

Perbedaan visa dan paspor sangat jelas, Anda bisa membuat paspor di pihak imigrasi sedangkan visa dibuat di kedutaan negara. Membuat visa membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit khususnya bagi Anda yang akan tinggal dalam waktu lama karena tujuan sekolah.

Jerman adalah negara yang sering dituju oleh mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan sekolah. Mendapatkan visa Jerman sangat penting dan mengurusnya harus dilakukan setidaknya beberapa bulan sebelumnya.

7 Cara Mendapatkan Visa Jerman untuk Mahasiswa Indonesia

cara daftar visa jerman

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah atau cara membuat visa Jerman untuk mahasiswa Indonesia:

1. Isi formulir pembuatan visa, formulir ini bisa didapatkan secara online.

2. Siapkan dokumen untuk pembuatan visa

Dokumen ini berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan perjalanan. Misalnya untuk keperluan sekolah dengan beasiswa atau studi dengan biaya pribadi. Beberapa dokumen seringkali membutuhkan cetak bukti rekening.

3. Siapkan juga paspor sebagai tanda bukti bahwa Anda telah siap untuk melakukan perjalanan.

Baca Juga:  4 Keuntungan Mengikuti Aupair Jerman dan Syarat Mendaftarnya

4. Buatlah janji untuk membuat visa sebelum datang ke kedutaan Jerman di Jakarta.

5. Datang sendiri dengan membawa formulir dan dokumen lain lengkap. Datanglah ke kedutaan sesuai janji dan jangan membawa banyak barang karena tidak akan diperbolehkan.

6. Saatnya menunggu untuk visa disetujui, biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua bulan lamanya.

Jika permohonan sudah disetujui maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau telepon dan diharapkan datang untuk mengambil paspor.

7. Datang kembali ke kedutaan Jerman sesuai dengan waktu yang telah diberikan untuk mengambil paspor yang sudah mendapatkan visa Jerman.

Pada kasus tertentu seperti dokumen tidak lengkap biasanya akan ada penolakan terhadap visa yang diajukan. Jika menemukan kasus seperti ini maka dilakukan pengajuan visa baru dengan dokumen yang telah dilengkapi.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan visa Jerman ini?Jika Anda akan melakukan perjalanan lebih dari 90 hari karena tujuan sekolah maka tidak ada biaya yang akan keluar. Beda jika akan melakukan perjalanan kurang dari 90 hari akan dikenai biaya kurang lebih 60 euro dan sekitar 900 ribu rupiah.

Baca Juga:  Biaya Hidup di Jerman Dalam Euro dan 2 Hal yang Perlu Diperhatikan

Siapa lagi yang ingin melakukan perjalanan sekolah di Jerman? Bagi Anda yang ingin mempersiapkan diri kuliah di Jerman, kamu Virtu Education memiliki berbagai program persiapkan yag dibutuhkan.

Memulai dari materi bahasa Jerman hingga materi apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Jerman akan diajarkan. Anda hanya perlu memilih kelas yang sesuai dengan kebutuhan.

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply

×