Info Lengkap Visa Ausbildung di Jerman dan Cara Membuatnya

By 05/10/2021 Jerman

Visa Ausbildung di Jerman Ausbildung adalah program pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman dengan pilihan bidang profesi yang sangat banyak. 

Pelatihan ini setara dengan sekolah vokasi di mana pesertanya akan belajar di Berufsschule dan ilmu dan setelah itu keterampilan yang dipelajari akan diterapkan dengan magang di Unternehmen/perusahaan selama 2 sampai 3 tahun. 

Uniknya. Ausbildung tidak hanya diperuntukkan bagi penduduk Jerman saja tapi pendatang dari negara lain juga memiliki kesempatan untuk mengikuti program ini.

Ini bisa menjadi kesempatan emas bagi para pencari kerja di Indonesia karena memiliki pengalaman bekerja di Jerman pastinya akan memberikan banyak keuntungan di jenjang karir.

Jika kamu salah satu orang yang berminat untuk menjadi peserta Ausbildung, maka akan ada banyak proses pendaftaran yang dijalani dan juga banyak persyaratan yang harus dipenuhi, dan salah satunya adalah membuat visa. 

Seperti yang kita tahu, sejak dulu peraturan imigrasi Jerman mewajibkan warga pendatang yang berasal dari negara di luar European Union (EU) untuk membawa visa jika ingin memasuki wilayah Jerman.

Jenis visanya pun beragam, tergantung dari tujuan kunjungan tersebut. Ada visa khusus pelajar, visa kerja, visa kunjungan keluarga dan begitu pula dengan visa untuk mengikuti Ausbildung.

Nah, jika kamu sedang mencari informasi terkait panduan lengkap dalam membuat visa Ausbildung di Jerman, maka membaca artikel ini adalah langkah yang tepat.

Lalu bagaimana cara membuat visa Ausbildung di Jerman? Yuk, simak langkahnya dari awal.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Pembuatan Visa Ausbildung di Jerman? 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Pembuatan Visa Ausbildung di Jerman? 

Jawabannya adalah segera setelah menerima surat konfirmasi dari penerima kerja yang menyatakan persetujuan bekerja di perusahaan tersebut (misalnya surat kontrak kerja). 

Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melamar ke perusahaan yang membuka program Ausbildung. 

Ada bermacam-macam bidang profesi di dalam program Ausbildung tapi hanya segelintir yang direkomendasikan untuk peminat dari Indonesia. 

Alasannya karena perusahaan akan memprioritaskan penduduk Jerman untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja, dilanjutkan dengan warga EU dan setelah peminatnya sudah tidak ada, barulah tempat yang masih kosong ditawarkan kepada pelamar dari negara lainnya.

Profesi yang direkomendasikan disusun ke dalam daftar bernama Positivisme. Daftar ini bisa menjadi pedomanmu untuk memilih bidang pekerjaan dengan kemungkinan diterima yang tinggi. 

Berikut ini beberapa jurusan yang sering masuk ke dalam daftar Positivisme dari tahun ke tahun.

Jurusan ini berisi pelatihan magang untuk menjadi pekerja hotel profesional berstandar internasional. Industri hotel sendiri merupakan industri yang maju dan berkembang di mana-mana sehingga kamu tidak perlu takut dengan persediaan lowongan pekerjaan di bidang perhotelan. 

Banyak hal yang dipelajari di Berufsschule perhotelan seperti pelatihan mengenai etika pelayanan dan pekerjaan dapur, serta pendalaman mata pelajaran dasar seperti matematika, ekonomi, Bahasa Inggris. 

Selain itu selama magang peserta akan mengasah keterampilan-keterampilan yang berhubungan dengan perhotelan seperti pekerjaan dapur, room service, restaurant service, resepsionis, serta akuntansi dan administrasi hotel.

Kesempatan kerja lulusan ini sangat luas dan tersebar di berbagai tempat seperti hotel, resort, bisnis food & beverage, agensi event organizer atau kamu bisa juga merintis usaha sendiri di sektor pariwisata, touring atau perhotelan.   

Ausbildung Koch adalah pelatihan untuk menjadi koki profesional dan profesi-profesi yang berhubungan dengan bisnis f & b dan manajemen restoran. 

Pelajaran ausbildung Koch meliputi tugas-tugas seorang koki seperti merancang menu, membuat dan menghias hidangan, mengatur logistik dapur, menjaga kualitas hidangan dan menjaga kebersihan dapur.

Prospek kerja lulusannya cukup bervariasi mulai dari koki restoran, koki hotel, ahli gastronomi dan manajer restoran. Dengan keahlian yang dimiliki, kamu juga bisa memulai bisnis restoran atau kafe sendiri.

Jurusan Ausbildung Koch sangat cocok untuk kamu yang pandai dalam multi tasking dan punya pengalaman bekerja di industri makanan & minuman sebelumnya. 

  • Ausbildung Keperawatan Atau Ausbildung zum/zur Pflegefachmann/-frau

Ausbildung ini menawarkan pelatihan magang di bidang spesialis keperawatan. Persyaratan untuk jurusan ini lebih khusus karena pendaftar wajib mempunyai pengalaman kerja dan dengan kualifikasi pendidikan di bidang keperawatan.

Selain itu pendaftar juga harus memiliki surat izin pelaksanaan profesi dari instansi yang mempekerjakan.

Posisi magang Ausbildung keperawatan ada bermacam-macam seperti pengurus lansia, pengawas anak, pengurus orang dengan disabilitas dan konsultan kesehatan pasien.

 Prospek kerja setelah menyelesaikan pelatihan adalah pekerjaan-pekerjaan di institusi kesehatan seperti rumah sakit, klinik, pusat kesehatan, panti jompo, dan lain-lain.

Ausbildung keperawatan menjadi jurusan yang disarankan karena lowongan magang yang tersedia sangat banyak yaitu sekitar 2000 posisi untuk tahun 2021.

  • Ausbildung Mekatronika Atau Ausbildng zum Mechatroniker/in

Salah satu Ausbildung yang peluang masuknya tinggi adalah jurusan mekatronika. Terhitung pada tahun 2021, ada lebih dari 200 posisi magang yang dibuka untuk jurusan ini.

Mekatronika adalah ilmu yang menggabungkan tiga bidang yaitu mekanika, elektro dan informatika/komputer. 

Pada saat pelatihan, peserta akan belajar bagaimana cara menangani sistem IT serta mengoperasikan softwarenya, memperbaiki kerusakan pada mesin dan sistem, serta merakit dan menginstal mesin tersebut ke dalam pengoperasian pabrik.

Di zaman yang sudah canggih ini, teknisi mekatronika memang banyak dibutuhkan mengingat sudah banyak industri yang menggunakan mesin dengan integrasi sistem komputer dalam proses produksi. 

Selain melimpahnya lowongan pekerjaan, estimasi gaji di tingkat awal karir pun sudah cukup besar yaitu sekitar €2,000 – €3,500/bulan.

Jenis-jenis pekerjaan yang bisa dilakukan adalah teknisi mekatronika di sektor manufaktur, produksi otomotif, otomasi dan komunikasi. 

Melamar Posisi Ausbildung di Jerman

Cara mencari lowongan pekerjaan Ausbildung bisa dengan mengunjungi situs utama Ausbildung di ausbildung.de. Ada ribuan posisi yang dibuka yang bisa kamu temukan di sana. 

Setiap lowongan Ausbildung membutuhkan persyaratan yang berbeda-beda jadi ada baiknya untuk membaca deskripsi, kualifikasi dan dokumen yang harus diberikan untuk mendaftar.

Jika perusahaan yang kamu lamar tertarik dengan profil kamu, maka mereka akan memanggil via telepon dan video call untuk wawancara dan pengurusan surat penerimaan magang. Surat tersebut nantinya kamu gunakan sebagai bukti kelayakan untuk pengajuan visa Ausbildung di Jerman.

Petunjuk Umum dalam Membuat Visa Ausbildung di Jerman

Membuat Ausbildung di Jerman maupun di Indonesia sebenarnya hampir sama. Kamu bisa mengurusnya di kantor kedutaan Jerman terdekat. Prosedur yang pertama dilakukan adalah membuat perjanjian pertemuan secara online dengan pihak kedutaan.

Sebelum itu pelajari dahulu petunjuk umum mengenai permohonan pembuatan visa berikut ini. 

  • Dokumen yang diserahkan harus dalam Bahasa Jerman atau telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Jerman yang telah diakui. Kecuali halaman informasi paspor yang tidak perlu diterjemahkan
  • Saat mengurus visa, pemohon tidak boleh diwakilkan dan harus mendatangi kedutaan secara pribadi. Begitu pula saat pengambilan visa.
  • Ijazah, Diploma dan sebagainya yang diserahkan harus beserta lampiran aslinya dengan Apostille/legalisasi. Jangan khawatir karena dokumen tersebut akan dikembalikan setelah permohonan visa selesai
  • Visa pada umumnya membutuhkan,  persetujuan dari instansi pemerintah untuk orang asing (Ausländerbehörde) yang berwenang atau dari agensi ketenagakerjaan (Bundes Agentur für Arbeit) di Jerman. Jadi jangan khawatir karena pengerjaannya cukup lama
  • Proses pengerjaan visa sekitar empat minggu, dalam kasus-kasus tertentu bisa juga lebih lama. Sehingga ada baiknya untuk segera mengurus setelah mendapatkan Vertrag ( surat kontrak kerja) dari perusahaan Ausbildung. 
  • Pemesanan tiket pesawat tidak diperlukan dalam pengajuan visa. Jadi kamu bisa memesan tiket setelah visa selesai dibuat. 
  • Kedutaan berhak meminta dokumen lainnya jika diperlukan.
  • Biaya visa sebesar €75 atau jika dirupiahkan menjadi Rp. 1.170.000,- pembayaran bisa dengan menggunakan mata uang rupiah.

Dokumen-dokumen yang Diperlukan dalam Pengajuan Visa Ausbildung di Jerman

Dokumen-dokumen yang Diperlukan dalam Pengajuan Visa Ausbildung di Jerman

Image: videx-national.diplo.de

Setelah membuat janji temu, buatlah pengingat untuk mendatangi kedutaan besar sesuai dengan jadwal yang diberikan. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Ketentuannya, dokumen harus dilampirkan sebanyak dua rangkap/dua fotokopi + aslinya. Ukuran kertas yang berlaku yaitu A4. Berikut ini daftar berkas yang perlu disiapkan.

  • Formulir Angaben/Permohonan

Dokumen pertama untuk mengurus visa Ausbildung di Jerman adalah formulir permohonan yang bisa di unduh di: 

Periksalah bahwa semua data sudah terisi dengan lengkap dan benar serta jangan lupa menandatangani formulir tersebut. 

  • Paspor yang masih berlaku

Paspor juga salah satu dokumen yang harus dibawa saat membuat visa Ausbildung di Jerman. Paspor yang diterima adalah yang masih berlaku dan minimal terdapat dua halaman yang masih kosong.

Selain paspor asli, beberapa hal lainnya perlu disiapkan seperti 2 lembar pasfoto terbaru (format bisa dilihat di situs jakarta.diplo) dan 2 lembar fotokopi halaman data pribadi dari paspor tersebut.

Jika belum memiliki paspor, segeralah mendaftar secara online untuk mengurus pembuatan paspor di kantor imigrasi terdekat dan ikuti prosedurnya. 

Lama pengerjaan paspor sekitar 3-5 hari kerja dan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 350.000,- untuk paspor biasa dan Rp. 650.000,- untuk paspor halaman elektronik.

  • Surat konfirmasi diterima magang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, surat ini dibutuhkan sebagai bukti bahwa kamu telah mendapatkan tempat bekerja untuk mengikuti program Ausbildung. 

Bentuk surat ini bisa berbentuk surat kontrak kerja atau surat persetujuan sementara yang telah ditandatangani perusahaan. Perlu diingat yang harus dibawa adalah surat ASLI berbentuk hardcopy yang dikirimkan ke alamat kamu. 

  • Geldeingangsbestätigung (tanda kemampuan financial)

Tanda kemampuan finansial adalah tanda yang digunakan sebagai bukti bahwa pemohon visa memiliki kemampuan finansial selama menetap di Jerman. 

Ada banyak jenis Geldeingangsbestätigung yang bisa digunakan seperti Sperrkonto, yaitu rekening bank Jerman milik pribadi yang hanya bisa ditarik ketika pemilik rekening telah tiba di Jerman.

Sperrkonto tidak disarankan karena rekening tabungan harus diisi dengan jumlah uang yang cukup besar yaitu €1,080/tahun atau sekitar 170 juta rupiah.

Cara lain untuk memenuhi syarat ini adalah dengan memakai surat jaminan finansial dari orang tua atau jaminan dari perusahaan yang memberikan pekerjaan. Selain itu kamu juga bisa melampirkan beasiswa sebagai bukti kemampuan finansial. 

  • Kualifikasi Ijazah 

Pelamar ausbildung juga perlu menyerahkan ijazah asli dari pendidikan terakhir (SMA, D3, S1, dll). Ijazah juga dilampirkan fotokopinya sebanyak 2 rangkap. 

Jangan lupa untuk menerjemahkan ijazah tersebut ke dalam Bahasa Jerman dan sertakan transkrip nilai juga sebagai partisipasi jika diminta pihak kedutaan. 

  • Sertifikat kemampuan Bahasa Jerman

Kemampuan bahasa Jerman yang bagus untuk melanjutkan studi di Jerman sangat diperlukan. Biasanya untuk sekelas Ausbildung tingkat kemahiran yang diperlukan adalah B1 tapi tidak menutup kemungkinan ada Ausbildung yang mewajibkan sertifikat di atas tingkat tersebut.

Institusi bahasa yang telah diakui antara lain adalah:

  • Institusi bahasa berikut ini antara lain telah diakui Goethe-Institut
  • TestDaF – Test Deutsch als Fremdsprache
  • Deutsches Abitur/Ijazah SMA Jerman (contohnya di Deutsche Internationale Schule Jakarta)
  • Diplom bahasa Austria (Österreichisches Sprachdiplom/ÖSD) 
  • DSH – Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang ausländischer Studienbewerber 
  • Dokumen-dokumen lainnya

Peraturan pembuatan visa kadang tidak menentu dan berubah-ubah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah Jerman. Jangan khawatir karena hal ini wajar terjadi.

Misalnya di masa pandemi ini, ada kemungkinan untuk menyerahkan bukti vaksin jika ingin membuat pengajuan visa. Atau bisa juga ada tambahan dokumen yang harus diberikan seperti asuransi kesehatan dan lain-lain.

Karena itulah, alangkah baiknya jika kamu mengecek ketentuan pembuatan visa saat itu di situs resmi seperti situs kedutaan Jerman-Indonesia https://jakarta.diplo.de/id-en/service/visa-information.

Halaman situs tersebut berisi Frequently Asked Question (FAQ) mengenai ketentuan baru perihal pembuatan visa. 

Nah itu dia informasi seputar visa Ausbildung di Jerman. Memang terlihat rumit dan membutuhkan banyak tenaga dan waktu tapi jika mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, pada akhirnya kamu pasti akan mendapatkan visa tersebut.

Selain mengurus secara mandiri, ada juga lembaga yang menyediakan jasa pengurusan visa yang bisa mempermudah kamu seperti Virtu Education.

Selain pengurusan visa, Virtu Education juga akan membantu kamu menyiapkan segala persyaratan lainnya dalam mencari Ausbildung mulai dari belajar Bahasa Jerman, mencari lowongan Ausbildung hingga keberangkatan ke Jerman.

Jadi tunggu apalagi, segeralah mendaftar ke Virtu Education agar jaminan bisa bekerja di Jerman semakin besar.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×