10 Universitas Terbaik di Turki, Mana Pilihanmu?

By 06/07/2020 Turki
universitas di turki

Universitas Terbaik di Turki – Wujudkan cita-citamu untuk bisa kuliah di Turki. Mengapa memilih negara Turki? Bukan hanya negara Inggris, Amerika dan Australia saja yang terkenal untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Turki memiliki daya tarik tersendiri dari segi pendidikan. Ada segudang alasan mengapa Turki menjadi tujuan mahasiswa dari berbagai negara untuk belajar.

Alasan pertama yaitu standar pendidikannya yang cukup tinggi. Negara Turki merupakan salah satu yang memiliki perkembangan ekonomi tercepat. Mahasiswa lulusan universitas Turki diakui di seluruh dunia dan banyak program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Khususnya di beberapa jurusan seperti teknik dan bisnis. Banyak kampus modern yang telah dilengkapi fasilitas lengkap.

Alasan kedua adalah biaya kuliah yang cukup terjangkau, tidak terlalu mahal seperti di Amerika dan negara Eropa. Namun walaupun murah, kualitas pengajaran tetap tinggi. Ada begitu banyak beasiswa universitas di Turki yang bisa kamu raih. Beasiswa ini mencakup bukan hanya biaya kuliah tetapi sampai akomodasi, asuransi dan biaya transport antar negara.

Alasan ketiga adalah banyak sekali budaya yang akan kamu dapatkan. Negara ini adalah jembatan antara Eropa dan Asia serta tidak jauh dari Afrika. Turki menjadi negara dimana banyak kebudayaan bertemu. Tentu saja hal ini terbukti dengan jumlah mahasiswa internasionalnya yang mencapai 30 ribu orang. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk memilih universitas terbaik di Turki? Tentukan pilihanmu sekarang juga.

Daftar Universitas Terbaik di Turki dan Jurusannya

universitas terbaik di turki

Image: Wikipedia

Dilihat dari alasannya, Turki bisa menjadi salah satu negara pilihan untuk melanjutkan kuliah. Tidak ada salahnya juga memasukkan universitas di Turki ke dalam daftar pilih kamu. Ada lebih dari 200 universitas di Turki yang dijalankan oleh pemerintah dan swasta. Kebanyakan dari perguruan tinggi ini tergolong cukup muda karena didirikan tahun 1970.

Kebanyakan universitas negeri dan swasta menggunakan sistem Bologna yang merupakan program standar di seluruh Eropa. Banyak juga mahasiswa Turki yang mendapatkan beasiswa Erasmus+ untuk bisa berkuliah. Apa saja universitas terbaik di Turki? Simak daftarnya berikut ini.

1. Middle East Technical University (METU)

Universitas ini didirikan tahun 1956 dan memiliki sekitar 31 ribu mahasiswa saat ini. Kebanyakan mahasiswa yang sudah menjalani perkuliahan selama satu tahun bisa mengikuti program pertukaran pelajar yang sering dibuka. Spesialisasi dari universitas ini adalah ilmu alam dan social science.

Kampus utamanya terletak di Ankara dengan lokasinya sendiri dibuat seperti hutan dengan danau Eymir and Golbasi berada di dalamnya. Suasana yang nyaman ini tentunya akan mendukung kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga:  Mengintip Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Turki, Mahalkah?

2. Boğaziçi Üniversitesi

Universitas ini didirikan pada tahun 1863 oleh Robert Collage dan menjadi universitas Amerika pertama yang berdiri di luar negara Amerika. Lokasi perguruan tinggi ini berada di Istanbul dan dekat dengan kastil bersejarah Rumeli Hisar.

Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris, jadi jika kamu ingin masuk ke sini cukup mudah. Boğaziçi Üniversitesi adalah universitas teknik timur tengah yang memiliki sistem pendidikan sama seperti perguruan tinggi di Amerika.

3. Koç University

Universitas terbaik di turki pada tahun 1993 di Istanbul dan penamaannya sendiri sama seperti pendirinya Vehbi Koç. Ia adalah seorang wirausahawan dan seorang dermawan. Saat ini universitas Koç adalah institusi yang bergengsi dan menawarkan pendidikan taraf internasional. Terdapat 22 program sarjana, 32 program master dan 18 program PhD.

Jumlah mahasiswanya mencapai 5.500 orang. Misi yang dimiliki universitas ini adalah memupuk lulusan Turki yang kompeten dan memiliki kualifikasi internasional. Diharapkan semua lulusan mampu berpikir secara kreatif, mandiri, objektif dan pemimpin yang percaya diri.

4. Bilkent University

Universitas ini didirikan di Turki oleh akademisi İhsan Doğramacı pada tahun 1984. Merupakan salah satu universitas swasta non profit yang memiliki perpustakaan terlengkap di negara Turki.

Juga menjadi universitas yang memimpin dalam bidang penelitian dan saat ini memiliki 13 ribu mahasiswa yang belajar di sembilan fakultas. Kebanyakan mahasiswanya dari luar negara Turki.

5. Sabanci University

universitas di turki dan jurusannya

Berada di kota Istanbul, Turki dan menjadi university termuda yang berdiri tahun 1999. Didirikan oleh Sabanci Foundation, yang sudah dirancang sejak tahun 1995 melalui Search Conference. Saat ini terdapat 4.000 mahasiswa yang belajar dengan 42 persennya meraih beasiswa. Ada dua fakultas yang menawarkan banyak bidang ilmu yaitu fakultas teknik dan ilmu alam, serta fakultas seni dan ilmu sosial.

6. Hacettepe University

Berdiri di tahun 1957 yang menjadi universitas dengan jurusan terbaik di Turki dalam bidang kesehatan. Dalam universitas Hacettepe terdapat Fakultas kedokteran, untuk mendukung maka dibuatlah rumah sakit serta institusi kesehatan anak.

Fungsinya untuk mentraining, penelitian dan pendidikan mahasiswa di bidang kedokteran. Secara keseluruhan terdapat 15 fakultas dengan 98 pusat penelitian di berbagai bidang.

7. Istanbul Technical University

Disingkat sebagai ITU, merupakan institusi yang memiliki reputasi baik dalam bidang sejarah, science, teknologi, seni dan olahraga selama kurang lebih 242 tahun. Ada begitu banyak pusat penelitian yang menghubungkan antara masa lalu, masa sekarang dan masa depan di universitas ini. Begitu banyak juga pengembangkan teknilogi yang unik dan menjadi universitas teknik terdepan di seluruh dunia.

Universitas ini didirikan tahun 1773 dengan nama Mühendishane-i Bahr-i Hümayun yang artinya sekolah teknik kerajaan pada saat pemerintahan Mustafa III. Misinya adalah mengembangkan pengetahuan melebihi batas di bidang ilmu pengetahuan alam, teknologi, dan juga seni.

8. Atilim University

Universitas terbaik di Turki ini didirikan oleh Atilim Foundation pada 15 Juli 1997. Universitas ini telah menjadi peringkat ke enam sebagai universitas terbaik dalam kewirausahaan dan inovasi.

Misinya adalah untuk menyediakan pendidikan berkualitas dalam bidang science dan teknologi. Selain itu juga memajukan penelitian dan mencerahkan masa depan dari negara.

Baca Juga:  10 Pilihan Universitas di Perancis Terbaik dan Jurusannya

9. Istanbul University

Merupakan universitas terbaik di Turki yang paling tua dan berdiri tahun 1453 dan kembali dibangun tahun 1933. Terletak di jantung kota Turki yaitu Istanbul. Terdapat 22 fakultas degan 77 pusat penelitian. Jumlah mahasiswa yang kuliah di sini mencapai 108.000 orang dengan jumlah staf lebih dari 15 ribu.

10. Ankara University

Salah satu universitas terkemuka di Turki yang berdiri pada tahun 1946. Jumlah mahasiswanya sekitar 42.000 dengan staf pengajar mencapai 1.639. Universitas ini didirikan oleh presiden pertama Turki yaitu Mustafa Kemal Ataturk. Fakultas pertama dan yang paling terkenal adalah Fakultas Ilmu Politik.

Bagaimana apakah kamu sudah menentukan jurusan terbaik di Turki manakah dari beberapa universitas tersebut yang ingin dipilih? Jangan lupa persiapkan dirimu untuk menguasai bahasa Inggris sejak dini karena bahasa inilah yang nantinya digunakan sebagai syarat mendaftar. Baik itu TOEFL dan IELTS harus sesuai dengan standar yang dibutuhkan.

Untuk itu akan lebih baik jika kamu mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus bahasa Inggris sebelum pendaftaran tahun ajaran baru dibuka.

×