7 Universitas Kedokteran di Jerman Terbaik yang Bisa Dicoba

By 07/02/2019 May 6th, 2019 Jerman
universitas kedokteran di jerman

Universitas Kedokteran di Jerman – Apakah kuliah kedokteran di Jerman sama dengan kuliah kedokteran di Indonesia? Itu adalah pertanyaan yang mesti anda ajukan ketika memutuskan unyuk kuliah kedokteran di Jerman dan ada baiknya memilih universitas kedokteran di Jerman yang terbaik.

Dan jika anda menjawab iya sama aja berarti anda perlu membaca banyak artikel. Tetapi jika anda menjawab: berbeda. Tetapi tetap memutuskan mengambil sekolah dokter ke Jerman. Berarti anda harus siap dengan segala resiko dan serta kelebihan dan kekurangan yang ada disana.

universitas kedokteran di jerman terbaik
Kuliah di Universitas Kedokteran di Jerman Berbeda Dengan Di Indonesia

Tahukah Anda bahwa ternyata kuliah di universitas kedokteran di Jerman sangat berbeda dengan kuliah dokter di Indonesia? selain sistem pendidikannya yang berbeda dengan di Indonesia. Jerman juga lebih berfokus pada pengobatan penyakit sub-tropis.

Berbeda dengan dokter-dokter yang ada Indonesia yang sudah terlatih dengan penyakit tropis. Penyakit tropis adalah penyakit yang sering diderita masyarakat Indonesia. Karena letaknya yang berada di garis khatulistiwa. Membuat Indonesia menjadi negara tropis yang tentu saja berbeda penyakitnya dengan negara subtropis empat musim seperti di Jerman.

Baca Juga:  Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula

Beberapa penyakit tropis yang sering melanda Indonesia adalah demam berdarah, muntaber, tipus, beri-beri, dan malaria. Kesemua penyakit tropis disebabkan masalah kesehatan atau hewan dan tumbuhan yang lahir di dunia tropis. Nyamuk-nyamuk di daerah tropis seperti aedes aegypeti dan anopheles betina tentu lahir dna tumbuh berkembang biak di negara tropis.

Perbedaan Lamanya Studi Kedokteran di Indonesia dan Jerman

Kembali kepada sistem perbandingan sistem pendidikan dokter di Jerman dan di Indonesia. Jika anda mengambil program studi dokter di Indonesia. Maka anda akan menempuh 4 tahun pendidikan untuk mencapai gelar sarjana kedokteran. Kemudian profesi setahun untuk mendapat gelar dokter umum. Total anda membutuhkan waktu 5 tahun untuk mendapat gelar dokter umum di Indonesia.

Sementara di Jerman. Mendapatkan gelar dokter umum harus melalui tahapan yang panjang. Anda harus melalui proses selama 6 tahun pendidikan sarjana dan wajib mengambil S2 kedokteran. Sehingga total 8 tahun baru anda bisa disebut sebagai dokter dengan sertifikat dokter.

Baca Juga:  Mewujudkan Impian Kuliah Kedokteran di Jerman dengan Mudah

Lalu, mengapa prosesnya bisa panjang sekali. Karena sistem pendidikan dokter di Jerman berbeda. Proses kuliah selama 6 tahun sampai 6,5 tahun mahasiswa memasuki jenjang pra-klinis hingga klinis.

Pada proses pra-klinis inilah mahasiswa dibekali beragam teori-teori dalam dunia kedokteran. Sementara saat proses klinis, mahasiswa baru turun ke lapangan dan praktek. Termasuk proses bekerja intership (magang) di rumah sakit.

Selain itu juga, bagi anda yang baru lulus S1 kedokteran di Jerman (6 sampai 6,5 tahun. Pada beberapa kasus bahkan baru menyelesaikan 7 tahun) bisa bekerja di dunia medis rumah sakit, tetapi tidak disebut dokter. Karena sebutan dokter adalah lulusan S1 kedokteran dan s2 kedokteran. Panjang sekali bukan?

universitas kedokteran di jerman terbaik

7 Universitas Kedokteran di Jerman Terbaik yang Bisa Dicoba

Jadi masih berminat sekolah dokter di Jerman? Walaupun begitu, mutu pendidikan dokter di Jerman sangat bagus. Berikut beberapa universitas kedokteran di Jerman yang masuk dalam rangking 500 besar dunia:

Baca Juga:  Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa Program Kedokteran

1.Universitas Leipzig

2.RWTH Aachen University

3.TUM School of Medicine

4.Charite-Universitatsmedizin Berlin

5.Ludwig-Maximilians Universitat Munchen

6.Universitas Heidelberg

7.Ruprecht-Karls Universitat Heidelbergh.

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply