5 Universitas di Norwegia Terbaik dan Cara Mendaftarnya

By 22/10/2019 Norwegia
universitas di norwegia

Universitas di Norwegia – Norwegia adalah tempat terbaik untuk menuntut ilmu. Walaupun udara disana dingin namun universitas yang ada di Norwegia memiliki rangking teratas. Tidak hanya itu saja, akomodasi untuk mahasiswa hingga tempat liburan bisa menjadi daya tarik lainnya.

Untuk menjadi sarjana di Norwegia membutuhkan tiga tahun sedangkan untuk program master dan doctoral dibutuhkan 2 tahun. Mahasiswa juga bisa menempuh satu paket pendidikan sarjana dan master secara langsung selama lima tahun. Beberapa bidang studi yang banyak diminati adalah arsitektur, manajemen bisnis, teknik dan juga hukum.

Proses pendaftaran ke universitas di Norwegia tidaklah sulit, banyak beasiswa yang bisa dipilih. Pastikan saja Anda bisa memiliki semua syarat yang dibutuhkan dan memutuskan bidang studi apakah yang ingin ditekuni.

universitas di norwegia terbaik
Nama-Nama Universitas di Norwegia yang Terbaik

Ada banyak cara untuk kuliah di Norwegia, namun Anda harus memilih mana saja universitas yang ingin diikuti. Anda bisa mendaftar lebih dari satu universitas dengan jurusan yang cocok. Setidaknya ada beberapa pilihan universitas terbaik yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa pilihan universitas terbaik yang ada di Norwegia untuk dipilih.

1. Universitas Oslo

Dibuka sejak tahun 1813 dan menjadi universitas pertama yang ada di Norwegia. Nama dari universitas ini sama seperti nama kota. Jurusan yang banyak dipilih di universitas ini adalah hukum dan juga ilmu pengetahuan alam.

Universitas ini juga memiliki museum yang menjadi rumah bagi tiga kapal Viking. Sejak dibuka, universitas ini menjadi sekolah elit yang memiliki pengajar terkemuka.

2. Universitas Bergen

Misi dari universitas ini adalah untuk berkontribusi ke dalam masyarakat melalui riset, pendidikan, diseminasi dan inovasi. Lokasinya berada di tengah kota Bergen jadi mudah untuk dijangkau dan cukup ramai sebagai tempat tinggal mahasiswa.

Kampus ini merupakan universitas negeri dan gratis siapapun mahasiswa yang diterima. Walaupun gratis bukan berarti kualitas pendidikan yang diberikan buruk.

Baca Juga:  7 Universitas Kedokteran di Jerman Terbaik yang Bisa Dicoba

3. Norwegian University of Science and Technology (NTNU)

Jika ingin mendalami pendidikan teknologi dan science maka universitas ini adalah tujuan yang tepat. Telah didirikan sejak tahun 1910 dan menjadi universitas yang terbesar hingga sekarang.

Ada beberapa program studi yang mencakup ilmu alam, ilmu sosial, pendidikan guru, humaniora, ilmu kedokteran dan kesehatan, ekonomi, keuangan dan administrasi, serta arsitektur dan seni.

4. Universitas Arktik Norwegia (UiT)

Merupakan universitas di Norwegia yang terbesar nomor tiga. Lokasinya berada di tepi kutub Utara dan siapa saja yang berkuliah disini bisa mempelajari mengenai isu-isu global dari perspektif jarak dekat.

Kuliah disini mengacu pada pengajaran berbasis penelitian. Komunitas akademik di Tromsø sangat internasional lebih dari 20% staf akademik dan 10% dari badan mahasiswa berasal dari luar negeri.

5. Universitas Ilmu Pengetahuan Norwegia (NMBU)

Kuliah di sini artinya akan mempelajari tentang bagaimana mengatasi tantangan global yang besar terkait lingkungan. Bagaimana pembangunan berkelanjutan dan cara meningkatkan kesehatan manusia dan hewan.

Mempelajari juga tentang sumber energi terbarukan, produksi makanan, dan pengelolaan lahan dan sumber daya.

universitas di norwegia gratis
Bagaimana Cara Mendaftar ke Universitas Norwegia?

Dilihat dari banyaknya universitas yang terbaik, saatnya untuk menghadapi tantangan untuk bisa mendaftar dan masuk di salah satu universitas. Ada dua cara yaitu kuliah dengan biaya sendiri atau kuliah dengan beasiswa. Jika ingin mendapatkan beasiswa maka harus berusaha lebih keras lagi dan lebih banyak untuk belajar.

Syarat masuk berbeda pada masing-masing universitas. Jika ingin masuk maka perlu background akademik sebelumnya seperti ijazah, transkrip nilai, surat rekomendasi dan juga bukti kemampuan lainnya.

Baca Juga:  10 Pilihan Universitas di Perancis Terbaik dan Jurusannya

Kemampuan bahasa Inggris perlu dibuktikan dengan TOEFL atau IELTS sesuai dengan standar masing-masing.

Ada juga kemampuan berbahasa Norwegia jika Anda mengambil jurusan khusus. Standar yang dibutuhkan adalah C1 Advance dan Pearson PTE. Universitas negeri biasanya mengadakan ujian masuk universitas. Jadi setelah lolos pada seleksi dokumen, para calon mahasiswa baru harus mengikuti ujian masuk.

Berhasil melewati ujian masuk dan diterima maka harus langsung mengurus visa pelajar. Dilanjutkan dengan memesan tiket pesawat untuk berangkat. Bulan pendaftaran dimulai antara Desember tanggal 1 dan juga Maret tanggal 15.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×