Ini Pilihan Universitas di Jerman yang Gratis

By 09/11/2018 September 15th, 2019 Jerman
universitas jerman

Universitas di Jerman yang Gratis – Bagi banyak pelajar, kuliah ke Eropa menjadi salah satu pilihan untuk menempuh pendidikan bermutu. Salah satu negara yang kini banyak didatangi untuk menempuh pendidikan Strata 1 adalah Jerman.

Namun, karena perbedaan nilai mata uang yang ada, banyak orang kemudian bertanya-tanya berapakah biaya yang diperlukan untuk kuliah di Jerman. Sahabat, jawabannya adalah, gratis!

Kuliah di Jerman memang gratis untuk semua orang dan untuk semua wilayah di Jerman. sudah sejak tahun 2014 pemerintah Jerman, termasuk pemerintah di masing-masing negara bagian di Jerman telah membebaskan biaya untuk mahasiswa strata-1 dan tidak terkecuali bagi mahasiswa internasional.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa meskipun kuliah di sana gratis, namun biaya hidup yang akan digunakan bisa saja melebihi jika Anda kuliah di Indonesia hingga lulus magister. Untuk itu, Anda harus memperhatikan betul-betul.

Setidaknya, Anda akan membayar untuk student card yang diwajibkan oleh semua universitas. Harganya mungkin sekitar 3 juta rupiah per bulan. Keuntungannya adalah dengan kartu itu kamu bisa masuk museum atau festifal serta menggunakan transportasi umu di sekitar kampus. Artinya, semakin banyak fasilitas umum di sekitar kampus, maka harga student card tersebut juga akan semakin mahal karena bisa digunakan untuk banyak hal.

Nah, sementara untuk masalah lain seperti perhitungan kebutuhan makan, pakaian, dan tempat tinggal, kamu bisa menghubungi beberapa pihak yang dapat dijadikan tempat konsultasi, seperti Virtu Education.

Baca Juga:  Trik Kuliah di Jerman Gratis Tanpa Beasiswa

universtias di jerman yang gratisMemilih Universitas di Jerman yang Gratis

Universitas di Jerman tidak memiliki kejomplangan kualitas seperti yang ada di Indonesia. Universitas di sana memiliki mutu dan fasilitas yang hampir sama sehingga sebenarnya tidak akan masalah Anda akan kuliah di mana.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih universitas justru terletak pada tempat universitas itu berada. Pertimbangan antara kesesuaian tempat dan jurusan yang diambil cukup penting diperhatikan. Semisal apabila Anda mengambil jurusan seni, maka pilihlah tempat dengan museum atau masyarakat seniman terbanyak.

Daftar Universitas Pilihan di Jerman

Salah satu pertimbangan yang lain adalah universitas yang memiliki konsistensi dalam perjalanannya sebagai lembaga pendidik. Nah, berikut ini adalah universitas tertua di Jerman yang tidak pernah berhenti berdedikasi sebagai lembaga pendidikan dari awal berdiri hingga saat ini.

1. Universitas Heidelberg

Berdiri sejak tahun 1386 dan terletak di Heidelberg.

2. Universitas Leipzig

Universitas yang ada di Leipzig ini berdiri sejak tahun 1409.

3. Universitas Rostock

Nama universitas ini juga mengambil nama tempat berdirinya pada 1419

4. Universitas Greifswald

Sudah berdiri sejak tahun 1456

5. Universitas Freiburg

Berdiri sejak tahun 1457 di Freiburg

6. Universitas Munich

Universitas yang ada di Negara Bagian Bavaria ini sudah ada sejak tahun 1472

7. Universitas Tübingen

Universitas Tubingen sudah ada sejak 1477

Baca Juga:  5 Tips Memilih Kursus Bahasa Jerman di Surabaya Terbaik

8. Universitas Halle-Wittenberg

Terletak di Halle, universitas ini berdisi sejak tahun 1502

9. Universitas Marburg

Sudah ada sejak tahun 1527

10. Universitas Jena

Universitas tertua yang terakhir ini sudah ada sejak 1558 di Kota Jena

Virtu Education

Author Virtu Education

More posts by Virtu Education

Leave a Reply

×