10 Tips Belajar Bahasa Inggris Di Rumah & Keuntungannya

By 26/10/2021 Inggris
tips belajar bahasa inggris

Sebagai bahasa internasional yang paling banyak dipakai di dunia, Bahasa Inggris menjadi alat yang digunakan sebagai jembatan komunikasi antar negara. 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Apalagi di era globalisasi seperti sekarang, pengguna Bahasa Inggris semakin meningkat dan tersebar dimana-mana bahkan hingga ke pelosok Indonesia.

Tanpa disadari kita menjumpai kata-kata dalam Bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari seperti dalam lingkungan pekerjaan, pergaulan, di internet, di media massa dan masih banyak lagi.

Karena itulah mahir berbahasa Inggris sudah menjadi kemampuan yang wajib dimiliki setiap orang sebagai bentuk adaptasi terhadap arus ombak globalisasi ini. 

Dengan menguasai Bahasa Inggris, kita akan dapat mengikuti perkembangan zaman dan juga membuka kesempatan dan peluang menjadi lebih luas sehingga mulai belajar dari sekarang adalah keputusan yang tepat. 

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris

tips belajar bahasa inggris di rumah

Proses belajar Bahasa Inggris berbeda tiap orangnya. Ada yang cepat, ada juga yang perlu usaha lebih, tergantung dari kemampuan, kualitas dan kuantitas belajar masing-masing.

Jika kamu ingin mempermudah proses belajar dan pemahamanmu maka mengikuti tips belajar Bahasa Inggris di bawah ini bisa menjadi langkah yang tepat. 

Tapi sebelum itu mari simak dahulu apa saja yang kamu dapatkan dengan menguasai Bahasa Inggris.

Berikut ini 5 keuntungan yang kamu peroleh setelah mahir berbahasa Inggris.

  • Menambah kualifikasi dan kesempatan bekerja 

Memiliki karir yang cemerlang pastinya menjadi dambaan setiap orang akan tetapi dibalik itu kita juga harus memiliki kualifikasi yang mumpuni untuk bisa diterima di posisi yang diinginkan.

Kemampuan Bahasa Inggris adalah salah satu kelebihan yang bisa kamu jual dalam mencari pekerjaan. 

Perusahaan-perusahaan di tingkat internasional pastinya akan mencari orang-orang dengan kualitas Bahasa Inggris yang tinggi karena aktivitas yang mereka jalani sebagian besar menggunakan Bahasa tersebut. 

Misalnya saat berinteraksi dengan cabang perusahaan dari luar negeri, pasti bahasa pengantarnya adalah Bahasa Inggris karena bahasa ini paling awam digunakan untuk berkomunikasi jika kita tidak menggunakan bahasa yang sama.

Selain itu ada banyak prospek kerja yang bisa kamu jalani dengan menguasai Bahasa Inggris seperti penerjemah, jurnalis, PR, tour guide dan masih banyak lagi. 

  • Meningkatkan kemampuan otak

Peneliti dari Universitas Northwestern, Illinois, dan Universitas Houston mengatakan kapasitas otak seseorang dapat meningkat dengan mempelajari linguistik atau bahasa. 

Menurut mereka, Orang yang menguasai lebih dari satu bahasa mampu memproses dan menyaring informasi lebih cepat dan baik.

Maka dari itu, jika kamu ingin mengasah kemampuan penalaran dan pemahaman, mempelajari Bahasa Inggris bisa menjadi salah satu caranya.

  • Sebagai salah satu modal untuk jalan-jalan ke luar negeri

Kita biasanya direpotkan saat berlibur ke luar negeri dengan keterbatasan bahasa. Jika kamu punya kemampuan Bahasa Inggris maka masalah tersebut dapat tuntas secara sebagian besar.

Pasalnya banyak dari objek wisata yang menggunakan kata dalam Bahasa Inggris sehingga turis-turis mancanegara bisa mengerti maksud dari tulisan pada objek tersebut. 

Bahkan di negara yang menggunakan bahasa ibu lain, kita bisa berkomunikasi dengan penduduk lokal di sana dengan Bahasa Inggris mengingat bahasa ini sudah sangat mendunia. 

Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika bepergian di luar negeri karena Bahasa Inggris adalah penyelamatmu.

  • Mendaftar ke universitas kelas dunia

Kamu pasti tahu bahwa Harvard, Oxford dan Yale adalah universitas terbaik di Inggris yang persyaratan masuknya pun banyak. Jika kamu menguasai Bahasa Inggris maka kamu sudah memenuhi salah satu dari syarat tersebut.

Maka dari itu, jika kamu mau masuk ke universitas impian, yang perlu disiapkan dari sekarang adalah mengasah kemampuan Bahasa Inggrismu hingga ke tahap setinggi-tingginya.

  • Membuka akses lebih luas di internet

Menurut data Statistic 2020, Bahasa Inggris menempati peringkat pertama sebagai bahasa paling umum yang digunakan di internet yaitu mencapai 25 persen dari seluruh pengguna internet di dunia.

Pada kenyataannya memang banyak konten internet yang menggunakan bahasa tersebut mulai dari situs berita, situs media sosial, video, e-commerce dan lain-lain.

Semua gudang informasi ini hanya bisa dipahami jika kamu mengerti Bahasa Inggris dan inilah mengapa mempelajarinya menjadi penting. 

Mengingat kehidupan kita yang tidak pernah lepas dari internet, menguasai Bahasa Inggris menjadi telah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi.

10 Tips Belajar Bahasa Inggris Di Rumah yang Paling Ampuh

tips belajar bahasa inggris otodidakDalam proses belajar pastinya perlu mencari metode yang cocok dan tidak membosankan supaya ilmu yang dipelajari dapat diserap dengan baik. 

Ada banyak sekali sumber ilmu yang bisa ditemukan asal kamu kreatif dan pandai dalam memanfaatkannya.

Nah jika kamu perlu ide dalam mencari metode belajar, kamu bisa mengikuti 10 tips belajar Bahasa Inggris di rumah termudah berikut ini.

  • Memulai dengan percakapan sederhana

Tips belajar Bahasa Inggris pertama adalah memulai dengan mempelajari percakapan. Dalam belajar bahasa Inggris, tahap pertama yang paling mudah untuk dipahami memang di aspek speaking. 

Speaking di sini bukan berarti harus berbicara dengan kosakata tinggi dan lancar, tapi dengan melatih percakapan tanya jawab sederhana yang biasa diucapkan sehari-hari.

Misalnya mempelajari kalimat “what’s your name?” untuk menanyakan nama atau “how old are you?” untuk menanyakan umur. 

Latihan ini direkomendasikan untuk pemula karena mudah dipraktekkan dan kosakata yang digunakan tidak terlalu sulit.

  • Menerjemahkan lagu-lagu barat kesukaanmu

Memutar musik pastinya menjadi hobi semua orang. Kamu bisa menjadikan hobi ini sebagai bahan belajar yang menyenangkan. 

Mulailah mengeksplorasi musik-musik barat di internet dan tentukan beberapa lagu yang kamu suka. Nantinya lagu ini akan kamu dengarkan berulang-ulang untuk melatih aspek hearing dan menambah vocab baru beserta pelafalannya.

Jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa mencari lirik lagu-lagu tersebut dan kamu bisa menggunakannya sebagai bahan latihan dengan menerjemahkannya ke Bahasa Indonesia. 

  • Banyak menonton film dengan  Bahasa Inggris 

Hobi lain yang bisa digunakan sebagai metode belajar adalah dengan menonton film. Biasanya kita menonton dengan menggunakan subtitle Bahasa Indonesia dan boleh-boleh saja memulai di tahap itu.

Jika kamu sudah memiliki perbendaharaan kata Bahasa Inggris yang lumayan banyak, mulailah mengganti subtitlenya menjadi Bahasa Inggris.

Dengan menggantinya, maka saat kamu menonton kamu juga melatih membaca dan memahami kalimat Bahasa Inggris secara cepat dan juga menyempurnakan hearing kita. 

Dan tahap yang terakhir adalah menonton tanpa menggunakan subtitle apapun sehingga kamu hanya mengandalkan suara untuk dapat memahami isi dari film tersebut.

Jika kamu sudah bisa mengerti di tahap tersebut maka kemampuan hearing kamu sudah berada pada tingkat yang tinggi. 

  • Membaca literatur berbahasa Inggris

Ada pepatah mengatakan membaca adalah jendela ilmu. Selain untuk refreshing, membaca cerita juga bisa menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan. 

Kamu bisa memulai membaca cerita berbahasa Inggris yang tidak terlalu panjang, misalnya 2 atau 3 halaman. Carilah cerita yang menggunakan bahasa ringan seperti cerpen atau komik.

Cobalah membaca sekali dan tentukan apakah kamu sudah memahami isi ceritanya. Jika belum catatlah kata atau frasa yang kamu belum pernah pelajari lalu carilah artinya. Setelah itu baca lagi cerita tersebut sampai kamu memahami isinya.

Setelah merasa sudah mulai memahami cerita setelah membaca sekali, kamu bisa melanjutkan ke literatur yang lebih berbobot seperti novel atau cerita serial. 

Dengan tips belajar bahasa Inggris ini, kamu telah melatih kemampuan reading dan juga menambah kosakata Bahasa Inggris menjadi semakin luas.

  • Mencatat kata atau frasa dalam Bahasa Inggris yang baru

Tips belajar Bahasa Inggris yang satu ini cukup unik yaitu dengan menggunakan telepon genggammu sebagai alat untuk mencatat. 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kata-kata Bahasa Inggris sudah mudah ditemukan di sekitar kita. Misalnya saat pergi ke mall, atau sedang menonton serial tv kadang kita menemukan kata-kata batu dalam bahasa Inggris.

Jika kamu memiliki kesempatan, catatlah kata-kata baru tersebut di aplikasi notes di handphone kamu. Lalu saat sesi belajar, buka catatan tersebut dan cari tahu terjemahannya. 

Jika sudah menemukannya, cobalah untuk membuat kalimat dengan menggunakan kata tersebut dalam Bahasa Inggris supaya lebih mudah diingat.

Dengan metode belajar ini, kamu dapat mengembangkan kemampuan writing dan juga kosakata Bahasa Inggris kamu menjadi lebih baik lagi.

  • Manfaatkan teknologi yang dimiliki

Tips belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah memanfaatkan teknologi yang ada yang bisa membantu proses belajar. Ada banyak alat-alat modern yang bisa kamu gunakan saat belajar Bahasa Inggris.

Contohnya, kini kamu tidak perlu lagi membuang waktu dengan membalik-balikkan buku kamus karena sekarang sudah ada aplikasi translate yang lebih praktis dan bisa menerjemahkan kata atau bahkan kalimat dalam sekejap.

Selain kamu juga dapat menemukan aplikasi digital di handphone yang berisi latihan-latihan untuk kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris secara gratis.

Belajar menggunakan aplikasi ini membuat kita tidak cepat bosan karena materi yang disediakan komprehensif dan juga interaktif.

Bahkan di beberapa aplikasi, terdapat fitur yang memberikan data kemajuan kamu selama belajar di aplikasi tersebut dan menunjukkan di mana tingkat Bahasa Inggris yang telah dicapai.

  • Berlatih berbicara dengan penutur asli

Mendapatkan kesempatan berdialog dengan orang asing yang merupakan penutur asli Bahasa Inggris adalah peluang sangat berharga. 

Karena dengan sering mengobrol menggunakan Bahasa Inggris, maka kamu dapat meningkatkan kemampuan pelafalan dan juga speaking kamu.

Dengan kemudahan internet sekarang kamu bisa jauh lebih mudah berinteraksi dengan orang asing lewat media sosial seperti Ome TV, Instagram, Facebook dan lain-lain.

  • Selalu konsisten dalam belajar

Kunci keberhasilan dari belajar Bahasa Inggris adalah konsistensi. Selalu menyisihkan waktu setiap hari untuk mengasah Bahasa Inggrismu adalah hal yang mutlak untuk dilakukan.

Jika kamu tidak mengulang pelajaran di kemudian hari, maka kemungkinan besar kamu akan lupa dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya. 

Luangkanlah waktu selama setidaknya satu jam setiap harus untuk belajar. Kamu bisa menggunakan setengah waktunya untuk mengulang kembali materi dan kemudian setengah lagi untuk mengejar materi pelajaran yang baru.

Dengan menerapkan kebiasaan ini, maka kamu akan lancar menggunakan Bahasa Inggris dalam kurun waktu yang singkat. Percayalah bahwa usaha akan memberikan hasil yang sepadan. 

  • Menentukan target pencapaian

Memiliki target yang jelas dan tertata adalah tips belajar Bahasa Inggris lainnya. Dengan memiliki target, maka kamu akan merasakan progress yang nyata dalam proses belajar sehingga kamu bisa lebih semangat menjalaninya.

Selain itu target ini juga menjadi acuan dalam menentukan aspek mana yang perlu ditingkatkan. Misalnya kamu masih belum lancar berbicara Bahasa Inggris, maka kamu akan menambahkan poin-poin untuk melatih speaking dalam daftar target.

Atau kamu bisa juga menentukan target writing dengan kosakata yang lebih beragam dan dengan grammar yang benar jika kamu bekerja di bidang linguistik atau jurnalisme. 

  • Mengikuti kursus Bahasa Inggris

Tips belajar Bahasa Inggris yang terakhir adalah mendaftar di tempat kursus bahasa Inggris. Belajar dari kursus memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan secara otodidak.

Salah satunya adalah kita tidak perlu mencari materi sendiri karena tempat kursus sudah menyediakan kurikulum yang disusun oleh para profesional yang sesuai dengan tingkat kelas masing-masing.

Lalu kita juga mendapatkan fasilitas tambahan yang dapat menunjang  kegiatan belajar seperti ruang kelas yang kondusif,  pengajar yang berpengalaman dan juga latihan-latihan yang dapat mengukur tingkat kemampuan Bahasa Inggris kita.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, maka kemajuan belajar pun akan menjadi lebih cepat.

Jika kamu memilih untuk mendaftar kursus, carilah tempat kursus yang telah terjamin kualitasnya dan juga menyediakan sertifikat sebagai tanda bukti bahwa kamu sudah mencapai tingkat Bahasa Inggris di level tertentu.

Tempat kursus yang sudah teruji kualitasnya ada di lembaga pendidikan Virtu Education. 

Di Virtu Education, kamu akan mendapatkan pelayanan terbaik dalam pendidikan bahasa dengan standar kualitas yang tidak diragukan lagi.

Bila kamu sedang mencari tempat kursus yang khusus untuk mempersiapkan diri kuliah atau bekerja di luar negeri, maka Virtu Education adalah pilihan yang tepat.

Karena Virtu Education sudah terbukti mengirimkan muridnya dan berhasil mendapatkan pendidikan dan pekerjaan di negara impian mereka.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×