7 Syarat Ausbildung Jerman yang Perlu Kamu Siapkan

By 07/07/2021 Jerman
syarat ausbildung jerman

Syarat Ausbildung Jerman – Ausbildung adalah program pendidikan yang didirikan oleh pemerintah Jerman yang metode belajarnya  hampir sama dengan sekolah vokasi. 

Bedanya peserta Ausbildung tidak hanya belajar teori di sekolah tapi juga magang di perusahaan dan menerapkan praktik kerja secara langsung. 

Ausbildung memiliki lebih dari 350 sektor pekerjaan yang tersebar di seluruh penjuru Jerman. Kamu bisa memilih berbagai macam jurusan disini seperti juru masak, gastronomi, ahli perhotelan, teknisi, perawat dan masih banyak lagi.

Peserta Ausbildung tidak hanya berlaku untuk warga Jerman tapi juga penduduk internasional di seluruh penjuru dunia. 

Keuntungan mengikuti Ausbildung adalah mendapatkan gelar dan juga sertifikat kerja setelah lulus dari pelatihan. Jenjang pendidikan ini sudah lebih dari cukup sebagai modal kamu mencari pekerjaan dengan gaji menengah ke atas di Jerman.

Kamu juga akan mendapatkan pengalaman hidup di negeri orang, mempelajari etos kerja mereka, dan merasakan kulturnya. 

Selain itu Ausbildung juga dapat menjadi batu loncatan pertama untuk melanjutkan pendidikan di Jerman seperti kuliah S1, S2 bahkan S3. 

7 Syarat Ausbildung Jerman

Syarat Ausbildung JermanDengan mengikuti ausbildung kamu pasti akan mendapat kemudahan dalam meniti karir di masa depan. Menarik sekali, bukan?

Untuk bisa diterima ke dalam program Ausbildung, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar internasional termasuk pelamar dari Indonesia. Jika kamu berminat mendaftar, simaklah 7 syarat Ausbildung Jerman berikut ini.

1. Mahir Bahasa Jerman

Syarat pertama adalah kemampuan Bahasa Jerman. Kemampuan ini sangat penting karena sebagian besar bahasa yang kamu gunakan saat di Jerman tentu saja Bahasa Jerman. 

Karena itulah kamu perlu belajar dari sekarang dan kemudian mengikuti tes sertifikat Bahasa Jerman resmi sebagai bukti penguasaan kamu dalam Bahasa Jerman. 

Kamu bisa mulai dengan belajar sendiri di waktu luang atau bisa juga mengikuti kursus Bahasa Jerman di Virtu Education  jika kamu ingin lebih cepat mahir.

2. Telah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA

 Untuk bisa menjadi peserta Ausbildung, kamu harus sudah menyelesaikan jenjang pendidikan minimal di tingkat SMA. 

Jika kamu masih sekolah, kamu bisa mengisi waktu dengan  belajar Bahasa Jerman agar kamu sudah mahir menggunakan Bahasa Jerman ketika lulus nanti.

3. Nilai dan jurusan

Bagi calon peserta yang mendaftar setelah lulus SMA, nilai dan jurusan yang diperoleh menjadi faktor diterimanya mereka ke dalam Ausbildung atau tidak. 

Contohnya Ausbildung teknisi akan lebih memprioritaskan calon peserta dari jurusan IPA dan nilai matematika dan fisika yang tertinggi. Atau jurusan akuntansi dan manajemen perkantoran mengutamakan lulusan dengan nilai ekonomi tertinggi dan berasal dari jurusan IPS.

Syarat ini tidak berlaku jika kamu telah menyelesaikan pendidikan ke jenjang sarjana. Kamu bisa memilih jurusan Ausbildung yang sama sekali tidak berhubungan dengan gelar sarjana kamu dan tidak memerlukan transkrip nilai untuk mendaftar.

4. Usia 

Syarat usia minimal untuk mendaftar Ausbildung adalah 18 tahun dan tidak ada batas maksimal usia. Akan tetapi prioritas usia yang diterima tidak lebih dari umur 35 tahun.

Jika kamu sudah berusia 26 tahun keatas, kamu perlu memberikan bukti riwayat bekerja sebelumnya sebagai syarat tambahan. 

5. Memiliki paspor dan visa Jerman

Paspor dan visa sangat penting dimiliki sebagai tanda pengenal untuk penduduk asing seperti pelajar internasional. 

Jika belum memilikinya, kamu harus segera mengurus pembuatan untuk bisa mengikuti Ausbildung. Kamu bisa membuat paspor di kantor imigrasi dan visa Jerman di kedutaan Jerman. 

Perlu diingat kamu harus mengurus pembuatan paspor dan visa jauh-jauh hari sebelum pendaftaran Ausbildung ditutup untuk berjaga-jaga supaya tidak terlewat batas pengumpulan.

6. Menyiapkan dokumen-dokumen penting

Dalam mendaftar Ausbildung kamu perlu menyiapkan berkas untuk menunjukkan kualifikasi kamu. Berkas-berkas ini harus diterjemahkan ke Bahasa Jerman terlebih dahulu sebelum diajukan.

Yang harus kamu persiapkan adalah transkrip nilai, ijazah pendidikan terakhir, sertifikat Bahasa Jerman, dan sebagainya.

7. Siap fisik dan mental 

Poin ini tidak kalah penting untuk kamu siapkan. Dalam menjalani pelatihan Ausbildung kamu akan menghadapi banyak rintangan tidak hanya dari sisi pelajaran, tapi juga dari perbedaan bahasa, kultur, lingkungan sosial, dan cuaca.

Kamu harus belajar hidup mandiri dan disiplin untuk mengurus semua kebutuhan kamu dengan mandiri. Mulailah kebiasaan ini dari sekarang  dengan melakukan hal-hal kecil seperti mengurus birokrasi sendiri, pergi ke dokter sendiri, dan sebagainya.

Nah itu dia 7 syarat Ausbildung Jerman yang harus kamu siapkan. Bagaimana, sudah siap untuk mendaftar? jika ingin mendaftar Ausbildung Jerman maka bisa menghubungi Kami.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×