Bentuk, Sejarah, Lambang, dan Sistem Pemerintahan Jerman

By 12/02/2019 Jerman
sistem pemerintahan jerman

Sistem Pemerintahan Jerman – Salah satu negara yang paling terkenal di Benua Eropa juga di Dunia, adalah Jerman. dalam dunia militer, negara ini dikenal dengan negara yang menciptakan dan memproduksi banser.

Aementara itu, Jerman juga dikenal dalam berbagai bidang lainnya seperti teknologi, olahraga, seni, hingga pertanian dan perkebunan. Namun, tahukah Anda bahwa Jerman memiliki negara-negara lain di dalamnya?

Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman

sistem pemerintahan negara jerman
Tahukah Anda bahwa ternyata Negara Jerman merupakan sebuah negara yang menanut sistem pemerintahan Jerman demokrasi parlementer dengan beberal hal yang khas lain dari negara lain.

Dalam menjalankan pemerintahan, hak kuasa dipegang oleh konselir yang memiliki peran seperti perdana menteri pada negara-negara parlementer.

Jabatan konselir tersebut adalah jabatan yang ditinggalkan oleh kekaisaran Romawi. Jerman juga memiliki presiden, walaupun perannya hanya sebatas pelengkap.

Baca Juga:  Berapa Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah

Sementara itu, secara administratif, Jerman menganut sitem federasi yang menyepakati berdirinya negara bagian di dalam Jerman. Dan Negara Jerman merupakan sebuah negara yang menganut berbentuk federal, yang di dalamnya terdapat 13 negara bagian dan 3 lagi kota setara negara bagian.

sistem pemerintahan jerman
16 Negara Bagian Jerman

Keenambelas wilayah yang memiliki otoritas penuh sebagai negara bagian tersebut adalah Berlin, Bremen, Sachsen, Nordrhein-Westfalen, Saxony-Anhalt, Rhineland-Palatinate, Thuringia, Hamburg, Niedersachsen, Schleswig-Holstein, Bavaria, Brandenburg, Baden-Württemberg, Saarland, Mecklenburg-Vorpommern, dan Hesse.

Dari total 16 wilayahnya tersebut, luas Jerman tidak lebih dari tiga kali Pulau Jawa. Penduduknya pun hanya sekitar 82 juta dan menjadi penduduk negara imigran paling banyak ketiga di Uni Eropa.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

Wilayah Jerman tersebut ada setelah terjadinya perang antara Prancis dan kerajaan Prusia. Setelah Prusia hilang, kemudian terbentuklah persatuan atas kesamaan bahasa yang membuat Autria dan Hungaria termasuk di dalamnya. Namun, kedua wilayah tersebut memutuskan untuk tidak bergabung menjadi Jerman modern.

Jerman modern sendiri juga pernah kembali pecah menjadi dua bagian, yaitu timur dan barat. Itu terjadi ketika tahun 1949 sebelum kemudian kembali bersatu pada tahun 1990.

Lambang Negara Republik Federal Jerman

Selain bendera berwarna hitam, merah, dan kuning yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia melalui tim nasional sepak bolanya, Jerman memiliki lambang negara. Lambang negara Jermana dalah burung elang berwarna hitam, berkaki merah, dan menoleh ke kanan. Di belakang burung tersebut terdapat perisai kuning dengan garis luar hitam.

Lambang burung elang Jerman merupakan salah satu lambang tertua di Eropa karena dikalim sudah ada sejak abad pertengahan. Tercatat bahwa lambang tersebut dibawa kekaisaran Romawi dan Byzatiuum dan pada masa itu, elang dianggap sebagai mahkluk yang todak terkalahkan.

Baca Juga:  Pilihan Terbaik Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

Pada masa kekuasaan NAZI, lambang yang digunakan pun tetap elang, walaupun ada perbedaan sedikit mengenai tambahan unsur swastika dan daun-daun ek. Elang dibuat menoleh ke kiri dan tidak ada perisai di belakangnya.

Sekianlah artikel singkat mengenai sistem pemerintahan Jerman sampai lambang Negara Jerman dan semoga saja artikel singkat ini dapat menambah wawasan Kita semua.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply