Mengenang Sejarah Jerman Singkat Pada Abad ke 18

By 21/03/2019 May 6th, 2019 Jerman
sejarah jerman

Sejarah Jerman – Negara Jerman yang saat ini kita kenal dulunya adalah kerajaan Prusia yang dipimpin oleh Elector Frederick III pada awal abad ke 18. Selama masa pemerintahan Frederick III dan keturunannya kerajaan Prusia kalah menang dalam perang melawan Austria dan Rusia.

Pada akhir abad ke 18 Prussia melakukan perjanjian damai dengan Rusia dan Austria. Rusia dan Prusia membagi dua wilayah Polandia sebagai negara jajahan. Pada awal abad ke 19, Austria yang merupakan negara sekutu Rusia melakukan perang melawan Perancis.

Hasil perang, Austria dikalahkan oleh negara Perancis yang membuat Prusia menjadi negara sekutu Perancis. Namun beberapa negara Jerman bersekutu dengan Napoleon dan menciptakan federasi Rhine dari 16 negara bagian Jerman.

Baca Juga:  3 Nama Kepala Jerman yang Melegenda, Salah Satunya Hitler

Kerajaan Prusia dikalahkan oleh Napoleon pada tahun 1806. Kemenangan Napoleon berakhir kalah selanjutnya karena kekalahan Perancis dengan Rusia. Prusia yang menjadi bagian negara Jerman bergabung bersama dengan Rusia dan Austria untuk mengalahkan Perancis. Perang gabungan ini disebut dengan pertempuran Leipzig.

Kekalahan dari Napoleon membuat Kongres Wina berkumpul untuk memutuskan nasib Eropa. Konfederasi Jerman dibentuk untuk menggantikan Romawi Suci yang telah hancur. Konfederasi yang terbentuk terdiri dari 38 negara dengan suatu majelis yang disebut Bundestag.

sejarah negara jerman
Mengenang Sejarah Jerman Singkat Pada Abad ke 18

Mulai dari sini negara Jerman memainkan peran politik penting di Eropa. Prusia yang masuk dalam politik Jerman mulai menguasai dan memiliki peran penting. Populasi Prusia yang meningkat membuat industrialisasi di tahun 1830 an. Peradaban manusia berkembang dengan adanya pembukaan kereta api pertama di Jerman.

Jerman menjadi negara terkuat karena adanya Prusia, sedangkan negara Austria mengalami perkembangan yang lemah karena pertumbuhan agraria yang dijalankan. Sejarah Jerman berlanjut pada menteri Austria Metternich mencoba untuk mencegah ide Revolusi perancis yang menyebar di Jerman.

Ide tersebut menyebar di tahun 1819 melalui badan mahasiswa di Jerman yang disebut Burschenschaften. Pada 23 Maret 1819 seorang anggota membunuh seorang penulis bernama August von Kotzebue. Metternich menggunakan ini sebagai alasan untuk memperkenalkan sensor pers dan pengawasan ketat terhadap universitas. Langkah-langkahnya disebut dekrit Karlsbad.

Baca Juga:  Nama Kota Kota di Jerman yang Terkenal Dengan Sejarahnya

Pada 1818, Baden dan Bavaria memperkenalkan konstitusi liberal. Begitu pula Wurttemberg pada tahun 1819 dan Hessen-Darmstadt pada tahun 1820. Selanjutnya pada tahun 1830 sebuah revolusi di Perancis memicu kerusuhan di beberapa bagian Jerman dan beberapa penguasa Jerman dipaksa membuat konsesi.

Pada 1831 Brunswick, Hesse dan Saxony semua memperkenalkan konstitusi baru. Namun di Prusia dan Austria semua gerakan liberal ditekan. Setelah 1845 ada serangkaian panen yang buruk. Ada juga resesi dan pengangguran yang tinggi.

sejarah jerman abad 18
Revolusi di Perancis memicu demonstrasi dan kerusuhan di seluruh Eropa Termasuk di Jerman

Pada bulan Februari 1848 revolusi lain di Perancis memicu demonstrasi dan kerusuhan di seluruh Eropa, termasuk Jerman. Pada awalnya para penguasa begitu khawatir sehingga mereka mundur dan memberikan konsesi. Namun mereka segera kembali tenang.

Di Prusia pada tanggal 18 Maret 1848 raja mengumumkan bahwa dia bersedia melakukan beberapa reformasi. Namun pasukan Prusia menembaki beberapa demonstran di Berlin dan dalam pertempuran berikutnya banyak orang terbunuh.

Baca Juga:  4 Keuntungan dan Cara Mendapatkan Lowongan Kerja Perawat di Jerman

Takut akan kerusuhan lebih lanjut, raja memutuskan untuk menenangkan para demonstran. Pada 19 Maret 1848 ia memerintahkan pasukan untuk meninggalkan Berlin. Pada 21 Maret 1848 ia berkuda melintasi Berlin dengan mengenakan warna-warna revolusioner, merah, emas, dan hitam.

Kemudian pada Mei 1848 majelis terpilih yang mewakili seluruh Jerman bertemu di Frankfurt. Parlemen Frankfurt membahas persatuan Jerman. Namun para penguasa segera mendapatkan kembali kepercayaan mereka dan mereka mulai menindak kaum revolusioner. Pada tanggal 2 April 1849 parlemen Frankfurt menawarkan Raja Prusia mahkota Jerman. Namun dia menolak tawaran itu.

Sejarah Jerman dan ke 19 berakhir pada parlemen Frankfurt yang berangsur-angsur bubar dan anggotanya pulang. Sementara itu, pada tahun 1849 penguasa Eropa mulai menggunakan pasukan mereka untuk menjatuhkan pemberontakan.

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply