Berkenalan dengan Program Studi Sastra Jerman Yuk

By 22/06/2020 Jerman
sastra jerman

Sastra Jerman – Punya rencana untuk belajar bahasa dan sastra setelah lulus SMA? Kamu bisa memilih jurusan bahasa dan sastra asing yang akan membuka cakrawala lebih luas.

Selain itu menguasai bahasa asing serta kebudayaannya akan memperluas prospek kerja di masa depan. Jika memilih sastra Inggris tentunya sudah sangat biasa. Jika kamu sudah menguasai bahasa Inggris, artinya perlu ilmu bahasa lainnya yang harus dipelajari.

Apa pilihan bahasa asing yang tepat untuk dipilih? Setelah bahasa Inggris, bahasa Jerman adalah bahasa internasional yang banyak dipelajari.

Di Indonesia bahasa Jerman masih kurang diminati dan sebagian besar orang masih fokus untuk mempelajari bahasa Inggris. Jadi bisa dibilang kesempatan untuk mengembangkan ilmu masih sangat luas, karena di dunia internasional bahasa Jerman sangat bermanfaat.

Jika kamu ingin melanjutkan ke astra Jerman saat di perguruan tinggi nanti, bukan hanya bahasanya saja yang akan dipelajari. Ada beberapa bidang ilmu lainnya yang akan dipelajari dan menjadi komponen penting dalam sastra. Apa saja yang akan dipelajari dan bagaimana lapangan pekerjaan bagi lulusan jurusan sastra Jerman? Yuk simak selengkapnya disini.

Mengenal Sastra Jerman sebagai Jurusan di Perguruan Tinggi

Mengenal Sastra JermanSangat tepat jika kamu memilih sastra asing Jerman, karena program studi ini bisa loh mengantarkanmu ke negeri Hitler ini. Sebelum senang bisa ke Jerman, kamu harus tahu apa itu jurusan sastra Jerman, apa saja yang dipelajari dan mana saja universitas yang menyediakan jurusan ini.

Jika dilihat dari pengertiannya, sastra Jerman adalah sebuah subjek ilmu yang cukup luas dari, linguistik, sastra hingga penerjemahan. Sudah pasti bukan hanya soal bahasa yang mencakup kemampuan menulis, membaca, berbicara dan mendengarkan saja. Tetapi juga soal sastra seperti sejarah, budaya, puisi, dongeng, novel, dll.

Baca Juga:  Unik, 5 Budaya Orang Jerman Saat Melewatkan Musim Panas

Sudah pasti ketika kamu belajar di jurusan ini, membandingkan karya sastrawan Jerman akan menjadi tugas sehari-hari. Kamu juga harus menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, membuat tulisan bahasa Indonesia dan diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman. Bahasa adalah bagian dari kebudayaan, jadi hal-hal yang berkaitan dengan budaya dan sejarah juga akan dipelajari.

Nantinya setelah lulus dari jurusan sastra Jerman kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Humaniora (S.Hum). Mengapa memilih jurusan bahasa dan sastra Jerman? Ada begitu banyak alasan bukan hanya soal lapangan pekerjaan yang luas saja dan memudahkan kamu untuk bisa ke Jerman.

Pertama, kamu tidak akan pernah dibuat bosan dengan informasi seputar negara Jerman. Mulai dari sejarah berdirinya, politik hingga ekonomi yang menjadi budaya Jerman. Jerman yang telah menjadi negara maju dengan tingkat ekonomi tinggi di Eropa. Jika menguasai bahasa hingga budayanya, bukankah kamu tak hanya bisa tinggal di Jerman tetapi juga negara Eropa lainnya.

Kedua adalah kamu tidak perlu bekal menguasai bahasa Jerman di level tinggi. Untuk bisa masuk ke sastra Jerman semua bermula dari nol, karena pelajaran bahasa juga akan dipelajari di jurusan ini. Ketiga, mengenal budaya Jerman yang memiliki etos kerja tinggi. Kamu tentunya akan lulus dan siap bekerja sebagai tenaga profesional yang bukan sekedar menguasai bahasa Jerman saja.

Mata Kuliah Sastra Jerman yang akan Dipelajari

Mata Kuliah Sastra JermanApa saja yang akan dipelajari di jurusan sastra Jerman sangatlah luas. Ada tiga fokus utama yaitu bahasa atau linguistik, sastra serta ketiga adalah penerjemahan. Bahasa atau linguistik biasanya akan masuk pada semester awal dan menjadi dasar yang harus dikuasai. Jika kamu tidak lulus dari mata kuliah bahasa pada semester awal maka akan sulit untuk lanjut ke mata kuliah selanjutnya.

Di beberapa universitas biasanya memiliki istilah mata kuliah yang berbeda, walaupun sebenarnya fokus ilmu yang dipelajari samak. Pada ilmu linguistik Jerman dibagi menjadi empat bagian yaitu morfologi, semantik, fonologi dan juga sintaksis. Morfologi berisi materi tentang struktur bahasa dan cara membentuk kata.

Fonologi berisi tentang bunyi dalam bahasa Jerman yang bisa dilihat dari fungsinya. Semantik merupakan ilmu yang berkaitan dengan makna bahasa dan sintaksis berisi tentang ilmu hubungan antar kata dalam kalimat atau penuturan.

Baca Juga:  Mengintip Sejarah Bahasa Jerman Singkat dari Masa ke Masa

Pada fokus ilmu yang kedua yaitu sastra, akan mempelajari tentang karya sastrawan jerman seperti puisi, prosa, novel, dongeng dan lainnya. Bukan hanya mempelajari karyanya saja tetapi juga sejarah perkembangan kesusastraan Jerman, filsafat Jerman, sastra urban, budaya Jerman kontemporer, dll.

Sedangkan pada fokus ilmu yang ketiga yaitu penerjemahan, dimana kamu akan belajar menerjemahkan dalam bentuk tulisan serta lisan. Mata kuliah yang berhubungan dengan ilmu penerjemahan seperti telaah teks bahasa Jerman, menulis dan berbicara dalam bahasa Jerman, atau terjemahan Jerman ke Indonesia.

Cukup banyak bukan jika dilihat dari segi mata kuliah dan fokus ilmu yang akan kamu belajar dalam jurusan sastra Jerman? Jika melihat semua mata kuliah yang diajarkan ini, mampukah kamu untuk mempelajarinya? Tentunya dengan motivasi kuat dan memang suka sejak awal akan lebih mudah untuk lulus.

1. Lapangan Kerja Bagi Lulusan Sastra Jerman

Masih banyak yang bertanya-tanya apakah pekerjaan yang bisa dipilih oleh Sarjana Humaniora sastra Jerman? Kebanyakan orang hanya mengenal jenis pekerjaan adalah penerjemah saja.

Pekerjaannya pun sangat nyaman karena kamu bisa bepergian ke luar negeri. Jangan salah, bukan hanya itu saja lapangan pekerjaan yang tersedia bagi lulusan jurusan ini loh. Ada beberapa lapangan pekerjaan yang bisa dipilih, semuanya adalah pilihan yang cukup luas.

Baca Juga:  Seputar Ausbildung Jerman Lengkap, Pengertian hingga FAQ

2. Pekerjaan di Bidang Pariwisata

Salah satu bidang yang paling banyak dipilih sebagai prospek kerja adalah bidang pariwisata. Pekerjaan ini cukup menyenangkan karena kamu bisa bertemu dengan banyak orang dan juga berwisata gratis. Yup beberapa jenis pekerjaan di bidang ini adalah penerjemah sebagai pemandu tur atau pemandu wisata.

Kamu bisa bekerja dengan membuka usaha wisata sendiri atau bekerja sama dengan agensi. Sambil bekerja kamu juga bisa menuangkan hobi menulis karena akan selalu ada pengalaman baru yang dijalani.

3. Pekerjaan di Bidang Industri Kreatif

Selanjutnya adalah pekerjaan di bidang industri kreatif yang saat ini semakin naik daun. Jika kamu mahir sastra Jerman, maka ada beberapa lowongan yang bisa dipilih. Seperti content writer, content creator, editor, novelis dan masih banyak lagi. Apalagi menjadi penulis yang berhubungan dengan teknologi, secara banyak istilah teknologi yang menggunakan bahasa Jerman.

Bekerja di industri kreatif tak kalah menyenangkannya seperti di bidang pariwisata. Kamu memiliki jam kerja yang lebih leluasa dan bisa menyalurkan kreatifitas terpendam yang selama ini dimiliki.

4. Pekerjaan di Kedutaan dan Bidang Pendidikan

Ada dua pekerjaan yang juga menarik untuk dipilih yaitu bekerja di kedutaan Jerman baik di Indonesia atau kedutaan di negara asalnya. Tidak jarang pemerintah membuka lowongan untuk bisa bekerja di kedutaan luar negeri ini.

Bidang lainnya bagi lulusan sastra Jerman adalah pendidikan. Kamu bisa bekerja menjadi guru kursus bahasa Jerman atau dosen di jurusan yang sama. Jika ingin menekuni profesi guru, kamu harus memilih universitas yang membuka program studi pendidikan seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas negeri Makassar, Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Indonesia, dll.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×