Profil Negara Turki dan Tempat Wisata yang Historical

By 31/08/2020 Jerman
Profil Negara Turki

Profil Negara Turki – Negara Turki pastinya bukan negara yang asing ditelinga Anda, dan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang profil negara Turki, dimana profil negara Turki ini kita akan membahas letak geografis, agama, dan juga tempat wisata yang memiliki nilai historical dan merupakan salah satu profil negara Turki sendiri.

Turki adalah salah satu negara yang berada di daerah Eurasia dimana negara Turki terletak di semenajung Asia Barat Daya dan Eropa Tenggara. Bicara tentang Turki kebanyakan orang mengingat kota Istanbul, bukan karena Istanbul merupakan ibu kota Turki, tetapi karena Istanbul adalah kota terbesar di Turki. Ibu kota Turki sendiri adalah Ankara.

Namun sesuai data, ada sekitar 82% populasi Turki yang menganut agama Islam dan Kristen 2%, dan selebihnya yaitu 18% lagi tidak mengikuti agama manapun.

Profil Negara Turki Dan Tempat Wisatanya

Profil Turki

Image: David’s Been Here

Turki juga cukup kaya dan berikut ini adalah tempat wisata di Turki yang paling terkenal yang sebagian besar memilih nilai historical yang tinggi.

1. Aspendos Romantic Theater

Aspendos Romantic Theater adalah salah satu tempat wisata di Turki yang sangat populer, di Aspendos ini para wisatawan bisa melihat peninggalan-peninggalan romawi kuno. Konstruksi kuni ini sangat luas dimana bisa menampung hingga 15.000 orang, sehingga tidak heran jika Aspendos juga merupakan tempat pestival tahunan di Turki.

2. Kota Bawah Tanah Cappadocia

Cappadocia adalah kota dibawah tanah, dan tentunya mempunyai nilai sejarah yang sangat berharga bagi Turki. Menurut sejarah Cappadocia ini dibangun selama ratusan Tahun, dan sejak tahun 1985 Cappadocia menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Baca Juga:  10 Ragam Tradisi dan Budaya Turki yang Unik dan Menakjubkan

3. Masjid Biru

Masjid Biru ini adalah masjid yang dibangun pada saat kepemimpinan Sultan Ahmed I, dengan tujuan menyaingi gedung masjid Hagia Sophia. Di desain denga kubah yang lebih besar. Interior dari masjid Biru ini sangat megah, dan hingga saat ini masih tetap digunakan sebagai masjid, namun terbuka untuk umum atau untuk wisatawan.

4. Kastil Bodrum

Kastil Bodrum merupakan kastil yang termegah di Turki, dan bahkan tersedia museum arkeologi bawah tanah. Kastil Bodrum ini memiliki nilai historical yang tinggi, sehingga pengunjungnya selalu banyak dan dari seluruh dunia.

5. Troy

Troy ini adalah salah satu tempat wisata yang legendaris, dan memiliki cerita legenda tentang Troy. Tembok-tembok dari gedung Troy memiliki desain yang sangat unik, dan ditinggi gedungnya sealin untk wisata juga digunakan untuk gedung teater.

6. Basilika Cistern

Basilika Cistern ini adalah ruangan bawah tanah yang dulunya merupakan tempat penyimpanan air, didesain dengan tiang-tiang besar yang menjulang tinggi dan juga pada bagian atasnya berbentuk kubah, dan pada dindingnya dihiasi dengan ukiran-ukiran dewa kuno.

7. Anzac Cove

Anzac Cove sebenarnya adalah sebuah pemakaman untuk para pejuang Turki yang meninggal pada peperangan pasukan Sekutu – terutama dari Australia dan Selandia Baru – dan pasukan Kekaisaran Ottoman.

Pada tempat wisata Anzac Cove ini juga ada museum, dan akan sangat ramai pada saat perayaan Anzac Day, dimana Anzac Day ini adalah peringatan untuk peperangan tersebut, sehingga banyak yang berkunjung untuk memberi penghormatan.

8. Istana Topkapi

Istana Topkapi ini adalah bekas kediaman sultan Ottoman yang berada di kota Istanbul. Istana Topkapi ini didesain sendiri oleh Sultan Ottoman dan arsitekurnya sangat mengagumkan, selain itu juga banyak peninggalan Islam dan Kristen pada istana tersebut.

Istana Topkapi ini juga merupakan salah satu tempat yang menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Baca Juga:  Mengintip Asyiknya Kehidupan di Turki Mahasiswa Indonesia

9. Efesus

Efesus adalah salah satu kota tua di Turki yang menyimpan banyak sejarah. Kota yang merupakan reruntuhan Yunani dan Romawi.

Sehingga dikota ini juga sudah pasti menyimpan banyak bangunan-bangunan kuno yang terkenal, yang paling populer diantaranya adalah Kuil Hadrian, Perpustakaan Celsus, dan berbagai teater kuno yang masih tetap dikunjungi oleh para wisatawan.

Hagia Sophia

Image: wikipedia.org

10. Hagia Sophia

Hagia Sophia adalah salah satu bangunan paling tua di Turki, yang dibangun oleh Kaisar Bizantium Justinian pada abad ke 6M. Hagia Sophia ini pernah dipakai sebagai masjid namun untuk saat ini sudah digunakan sebagai museum saja.

Arsitektur Hagia Sophia cukup unik dimana mozaiknya semuanya bernuansa tentang Islam. Sebelum dibangunnaya Masjid Biru, Hagia Sophia adalah masjid paling besar di negara Turki. Namun kemegahan dari dua bangunan kuno ini memiliki nilai plus yang berbeda-beda.

11. Ani

Ani ini adalah salah satu tempat wisata di Kota Armania yang pada masa kejayaannya merupakan kota megah. Walau hanya tinggal reruntuhan saja, Ani tetap dikunjungi oleh banyak wisatawan karena masih meninggalkan keindahan dan juga nilai sejarah yang sangat berharga terutama bagi kota Armania.

12. Safranbolu

Safranbolu adalah sebuah kota kuno di Turki Utara, yang dahulunya merupakan perhentian perdagangan Eropa. Arsitektur di kota ini adalah Ottoman, dan saat ini masih terawat dengan sangat baik rumah-rumah beratap merah disepanjang jalan dan dikunjungi oleh banyak wisatawan.

13. Alanya Kalesi

Alanya Kalesi adalah sebuah kastil yang sangat tua di kota Turki, dimana Kastil ini dibangun pada tahun 1226 pada masa pemerintahan Sultan Seljuk Rum, untuk mencapai Kastil Kalesi ini biasanya menggunakan kereta gantung, dan didalam kastil asrsitekturnya sangat mewah.

Sekian untuk artikel profil negara Turki dan juga 13 temoat wisata di Turki yang memiliki nilai historical yang dalam, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang Turki.

×