Warning: Creating default object from empty value in /home/customer/www/virtueducation.org/public_html/wp-content/themes/salient/nectar/redux-framework/ReduxCore/inc/class.redux_filesystem.php on line 29
Catat, Ini 5 Persyaratan Pendaftaran Kuliah ke Luar Negeri 

Catat, Ini 5 Persyaratan Pendaftaran Kuliah ke Luar Negeri 

By 04/06/2021 Jerman
persyaratan pendaftaran kuliah

Persyaratan Pendaftaran Kuliah – Tidak dapat dipungkiri bahwa bisa kuliah keluar negeri adalah impian banyak anak muda milenial. Masa depan cerah dengan meraih gelar di universitas luar negeri pun akan lebih mudah diraih.

Biaya kuliah di perguruan tinggi asing pun tidak terlalu mahal ditambah lagi dengan berbagai macam informasi yang mudah didapatkan seperti sekarang. 

Kamu bisa mendaftar kuliah di luar negeri dari Indonesia dan menunggu hasil penerimaan tanpa harus pergi ke negara tempat universitas berdiri. Tapi bukan berarti tidak ada usaha yang harus dilakukan. Kamu harus tetap mengumpulkan semua persyaratannya terlebih dahulu. 

Persyaratan Pendaftaran Kuliah di Luar Negeri

Persyaratan Pendaftaran Kuliah di Luar Negeri yang Harus Dipersiapkan

Berbicara sial kuliah di luar negeri, sejak kapan sebaiknya mulai mempersiapkannya? Bagi kamu yang saat ini masih duduk di bangku SMA bisa mulai mempersiapkannya. Lebih cepat akan lebih baik, apalagi kamu harus memilih universitas dan jurusan mana terbaik. Belum lagi mempersiapkan sumber dana. 

Beasiswa memang banyak tersedia, tapi kamu juga harus mempersiapkan untuk bisa mendapatkannya bukan? Nah mempermudah langkahmu untuk bisa kuliah di luar negeri, berikut ini syarat-syarat yang sebaiknya dipersiapkan dari sekarang. 

Kemampuan Bahasa

Persyaratan pendaftaran kuliah ke luar negeri yang pertama tentunya kemampuan bahasa akan menjadi bahasa pengantar saat menjalani kuliah.

Kamu tidak akan bisa diterima di universitas yang diidamkan apabila bahasa pengantar saja tidak dapat dikuasai. Jika kamu masih bingung memilih universitas maka sambil mempertimbangkannya pelajarilah bahasa Inggris. Bahasa internasional ini menjadi bahasa pengantar hampir di seluruh universitas di dunia. 

Namun berbeda ceritanya jika kamu sudah menentukan universitas bahkan jurusannya. Misalnya saja jika ingin kuliah di Jerman, maka kamu harus mempelajari bahasa Jerman bukan bahasa Inggris. Universitas di Jerman mayoritas menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantarnya, jadi kamu harus bisa mengikuti standar mereka dan Kamu bisa mempelajarinya di Virtu Education.

Sertifikat TOEFL atau IELTS

Kamu mungkin sudah belajar bahasa Inggris, tapi jika tak ada sertifikat yang membuktikan kemampuanmu bagaimana pihak university bisa tahu sejauh mana kemampuan yang kamu miliki?

Oleh karena itu tes TOEFL atau IELTS selalu menjadi syarat utama yang harus dimiliki. Kebanyakan universitas di Amerika mewajibkan calon mahasiswa untuk mendaftar dengan tes TOEFL. Sedangkan negara-negara di Eropa kebanyakan menggunakan standar tes IELTS. 

Jangan lupa, hasil tes ini juga harus sesuai dengan skor standar yang biasanya diterima. Kamu bisa mencari informasi mengenai nilai tes TOEFL atau IELTS kepada pihak universitas langsung.

Semakin tinggi skor yang didapatkan tentu akan membuka lebar kesempatan untuk diterima. Jadi kamu harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes sebelumnya. 

Syarat Nilai Akademis

Jangan lupa juga aspek penting yang dibutuhkan bukan sekedar bahasa saja tetapi juga nilai akademis. Nilai yang tertera pada transkrip nilai setelah lulus akan menjadi penentu yang sangat besar.

Nilai ini nantinya akan disesuaikan dengan jurusan apa yang kamu pilih. Misalnya saja kamu masuk ke jurusan science maka kamu harus memiliki nilai tinggi pada mata pelajaran seperti matematika, kimia atau fisika. 

Hal yang sama juga berlaku jika kamu ingin masuk ke jurusan sastra, maka mata pelajaran yang membutuhkan nilai tinggi seperti bahasa.

Persyaratan ini bukan hanya berlaku bagi kamu yang mendaftar setelah lulus SMA tetapi juga baru saja lulus S1. Kecuali ternyata kamu ingin melompat jurusan, maka kamu harus membuktikan keseriusan dengan dokumen lainnya. 

Baca Juga:  4 Langkah Mudah Membuat Visa Studi Jerman Secara Mandiri

Paspor dan Visa

Persyaratan pendaftaran kuliah ke luar negeri yang  selanjutnya adalah memiliki paspor dan visa, karena sebelum hasil seleksi setelah mendaftar akan lebih baik jika kamu membuat paspor.

Biaya pembuatannya gratis sehingga kamu tidak akan rugi nantinya. Selain itu paspor adalah syarat untuk pembuatan visa. Apabila nantinya surat penerimaan sudah didapatkan maka akan lebih cepat untuk membuat visa. 

Paspor dan visa adalah dokumen penting sebagai identitas sekaligus izin tinggal dari pihak kedutaan. Jadi kamu bisa memiliki masa tinggal di negara tersebut untuk menempuh pendidikan. 

Asuransi

Pada saat hendak membuat asuransi adalah syarat yang sangat penting. Ada dua jenis asuransi yang dibutuhkan yaitu asuransi perjalan dan asuransi kesehatan. Keduanya bisa kamu urus sendiri sebelum berangkat. Tapi bagi penerima beasiswa biasanya asuransi sudah dipersiapkan jadi kamu tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membuatnya. 

Asuransi sangat penting untuk mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Berlaku sebagai jaminan yang akan melindungi apabila terjadi sebuah kecelakaan yang tak diinginkan. 

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×