Ini Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman yang Perlu Diketahui

By 22/03/2019 Jerman
perbedaan waktu indonesia dan jerman

Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman – Indonesia dan Jerman negara yang terletak di benua berbeda. Jerman yang terletak di benua Eropa sedangkan Indonesia terletak di benua Asia tepatnya Asia Tenggara.

Jerman adalah negara yang sangat terkenal, sejarah dan politik serta kemajuan teknologi yang ada membuat negara ini terus menerus lebih unggul. Letak negara Jerman sangat strategis di Indonesia, dan berbatasan langsung dengan 9 negara yang sama-sama negara maju.

Musim yang terjadi di Jerman juga berbeda, jika di Indonesia kita merasakan dua musim di sana kita akan merasakan empat musim. Banyak sekali bangunan bersejarah bekas perang dan kekuasaan Nazi yang masih bisa kita saksikan.

Baca Juga:  Bentuk, Sejarah, Lambang, dan Sistem Pemerintahan Jerman

Kekejaman dari tentara Nazi yang mencekam pun masih dirasakan oleh warga Jerman hingga saat ini. Berbeda sekali jika dibandingkan dengan kondisi ekonomi dan kemajuan negara Indonesia.

Indonesia yang terletak di Asia tenggara ini merupakan negara berkembang. Teknologi yang diciptakan masih relatif sedikit dan masih banyak teknologi dan kebudayaan asing berkembang sangat pesat.

Kondisi dua musim yang terjadi di Indonesia membuat negara kita sangat subur. Banyak sekali hutan hujan tropis yang bisa kita nikmati manfaat dan keindahannya. Indonesia terdiri dari banyak pulau sedangkan Jerman adalah negara yang tidak memiliki banyak pulau.

perbedaan waktu indonesia dan jerman
Ini Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman yang Perlu Diketahui

Perbatasan dengan 9 negara membuatnya berada di tengah benua. Masing-masing negara memiliki kebudayaan yang berbeda. Indonesia khas dengan demokrasi sedangkan Jerman memiliki politik demokrasi federal.

Ketika presiden di Indonesia yang memiliki peranan sangat penting, di Jerman presiden berfungsi untuk menjaga nilai-nilai budaya. Kanselir adalah pemegang kekuasaan tertinggi di Jerman yang dipilih oleh Bundestag.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

Kedua negara ini memiliki jarak yang sangat jauh. Jarak antara Jakarta dan Berlin yang merupakan ibukota Jerman mencapai 6.709.57 miles atau 10.798.01 kilometer. Jarak tersebut dapat ditempuh dengan pesawat lama waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 17 jam lebih.

jarak yang jauh tersebut membuat perbedaan waktu Indonesia dan Jerman sangat jauh. Tahukah Anda berapa perbedaan waktu di antara kedua negara ini? Paling mudah adalah menghitung selisih waktu Jakarta dan Berlin yang sama-sama merupakan ibukota negara.

Ada dua jenis waktu yang digunakan di Jerman

perbedaan waktu indonesia dan jerman
Ada dua jenis waktu yang digunakan di Jerman yaitu pada musim dingin dan musim panas. Pada saat musim dingin periode waktu akan mengacu pada CEST (Central European Summer Time) waktu waktu yang mundur dari waktu aslinya.

Baca Juga:  Mengenal Budaya Jerman dari Arsitektur, Seni dan Sosial

Perbedaan waktu dengan Jakarta adalah 6 jam. Jadi ketika di Jakarta pukul 13.00 maka di Jerman waktu akan mundur yaitu 07.00. Berhubung yang terjadi adalah musim panas maka waktu yang tepat adalah 06.00.

Pada saat musim dingin berlangsung di Jerman waktu yang digunakan mengacu pada CET (Central European Time) yakni GMT +1 yang artinya waktu menjadi normal dan bertambah satu jam dari musim panas. Jika di Jakarta masih pukul 13.00 maka di Jerman menjadi pukul 07.00.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply