Strategi Mendapatkan Pekerjaan di Jerman Bagi Lulusan SMA

By 29/06/2020 Jerman
bekerja di jerman

Pekerjaan di Jerman – Merasa sulit mendapat pekerjaan di negara sendiri? Atau kamu bercita-cita untuk bisa kuliah dan bekerja di luar negeri? Walaupun kamu saat ini baru lulus SMA masih ada loh kesempatan untuk bisa bekerja di luar negeri. Syaratnya adalah kemauan dan tekad yang bulat.

Tekad yang besar bisa menjadi motivasi yang kuat untuk mewujudkan cita-citamu. Untuk bisa bekerja di luar negeri, kamu harus bisa memilih negara yang kira-kira membuka peluang besar bagi lulusan SMA. Nah, sebagai bocoran negara Jerman di Eropa selama ini terbuka lebar bagi warga negara lain untuk bisa bekerja di sana.

Peluang kerja pun tidak terbatas bagi mereka yang lulus dari perguruan tinggi tetapi juga untuk lulusan SMA. Jadi kamu tak perlu berkecil hati karena kesempatannya masih terbuka lebar dan perlu diraih. Yuk simak bagaimana lulusan SMA bisa mendapat pekerjaan di Jerman.

Mengapa Memilih Jerman sebagai Negara Tujuan Bekerja?

pekerjaan di jerman

Bukan tanpa alasan untuk memilih Jerman sebagai negara untuk bekerja. Dibandingkan dengan Indonesia, Jerman memiliki angka pengangguran yang sangat rendah. Hal ini menyebabkan perekonomian di Jerman pun meningkat drastis dan menjadi terbaik di Uni Eropa.

Menurut data yang didapatkan dari Google, tingkat pengangguran di Jerman hanya berada di angka 3,6%. Sedangkan rata-rata pengangguran di Uni eropa adalah 7,6% dan Amerika berjumlah 4,1%. Artinya jumlah pekerjaan di Jerman masih mencukupi bahkan cenderung membutuhkan tenaga asing.

Dilihat dari fakta tersebut bukankah peluang bekerja di Jerman bagi lulusan SMA di Indonesia masih cukup besar? Bukan hanya itu saja, ada beberapa keuntungan lain bagi pekerja di Jerman sebagai berikut:

1. Hak Pekerja Didapatkan Secara Penuh

Perusahaan-perusahaan di Jerman harus memperlakukan karyawan mereka secara adil sehingga tak ada diskriminasi umur, ras, gender, dll.

Setiap pekerja mendapatkan dua kali liburan setiap bulan. Contohnya bagi wanita hamil, cuti bisa didapatkan enam bulan dan bisa tidak bekerja selama delapan minggu setelah melahirkan. Bagi pekerja pria juga mendapatkan cuti jika istrinya melahirkan.

2. Gaji yang Sepadan

Di Indonesia kerap kali pekerja merasakan beban pekerjaan yang berat tidak sepadan dengan gaji yang didapatkan. Namun tidak jika kamu bekerja di Jerman.

Didukung oleh perekonomian Jerman yang baik, maka gaji tinggi adalah alasan yang tepat untuk kamu bekerja di sana. Rata-rata gaji karyawan adalah 2.155 euro per bulannya atau setara 35 juta rupiah.

3. Etos Kerja yang Baik

Terbiasa bekerja dengan orang Jerman, kamu akan mengenal bagaimana kebudayaan mereka bekerja. Orang Jerman selalu bekerja dengan disiplin dan mereka memiliki etos kerja yang sangat baik. Mereka tidak pernah terlambat dalam urusan membuat janji.

Oleh karena itu orang yang bekerja di Jerman selalu disambut dengan baik jika ingin pindah bekerja di negara lain. Jadi kamu memiliki peluang besar untuk bisa bekerja di kancah internasional.

Strategi untuk Mecari Pekerjaan di Jerman bagi Lulusan SMA

peluang kerja di jerman

Ada begitu banyak keuntungan yang didapatkan jika mendapat pekerjaan di Jerman. Namun bagi lulusan SMA bagaimana cara untuk meraihnya? Bekal apa saja yang dibutuhkan untuk bisa diterima kerja? Simak beberapa strateginya berikut ini.

1. Belajar Bahasa Jerman

Keahlian yang wajib dimiliki bagi lulusan SMA untuk melamar bekerja di Jerman adalah bahasa Jerman. Ini adalah syarat utama yang akan dibutuhkan untuk membuat cv kamu menarik. Kamu bisa belajar bahasa Jerman setidaknya selama setahun kurang untuk mencapai level B1 atau B2. Nantinya sambil bekerja masih ada kesempatan untuk terus belajar bahasa Jerman hingga level C2.

Ikuti kursus bahasa Jerman untuk mendapatkan keahlian berbahasa Jerman sesuai dengan level yang dibutuhkan. Kamu juga perlu mengikuti ujian Goethe untuk mendapatkan sertifikat yang menyatakan level bahasa Jerman. Banyak untungnya jika kamu mengikuti kursus, selain meningkatkan kemampuan bahasa ada banyak tips dan trik melamar pekerjaan yang memudahkan.

2. Mencari Peluang Kerja di Jerman Tamatan SMA

Kamu harus pandai mencari peluang kerja yang tentunya tidak sebanyak bagi lulusan S1 atau S2. Tapi bukan berarti tak ada peluang yang bisa dipilih. Sambil mengikuti kursus, kamu perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya. Apalagi kini sudah jamannya internet yang memudahkanmu mendapatkan segala informasi mengenai lowongan pekerjaan di luar negeri.

Kunjungi beberapa situs pekerjaan di Jerman seperti halvotec.de, adzuna.de,jobkralle.de, dll. Ada banyak portal job di Jerman langsung yang akan menghubungkan dengan perusahaan yang sedang merekrut. Kamu bisa melihat persyaratan apa saja yang dibutuhkan bagi lulusan SMA asing yang ingin bekerja di Jerman. Sambil dilihat infonya kamu juga perlu mengumpulkan semua syarat-syaratnya.

3. Mengikuti Program Pertukaran Budaya Aupair

Peluang kerja di Jerman tidak selalu langsung diterima di perusahaan yang membutuhkan karyawan. Kamu bisa mengikuti program Aupair terlebih dahulu.

Aupair sendiri merupakan program pertukaran kebudayaan antara warga Asia atau Eropa lainnya untuk bisa tinggal dan mengenal budaya Jerman. Status Aupair resmi di Jerman, nantinya kamu akan tinggal bersama salah satu keluarga yang membutuhkan Aupair.

Selama tinggal kamu memiliki tanggung jawab untuk mengasuh anak dari keluarga tersebut. Kamu akan bekerja menjadi pengasuh, mendapatkan gaji, liburan dan bisa mengikuti kursus bahasa Jerman. Nah untuk menjadi aupair level bahasa Jerman yang dibutuhkan hanya sampai A2 saja, jadi kamu bisa belajar lebih cepat. Selesai menjadi aupair kamu juga bisa melanjutkan kuliah di Jerman dan akhirnya bekerja menjadi karyawan tetap disana.

4. Memilih Menjadi Sukarelawan FSJ Jerman

Strategi lain untuk meraih kesempatan kerja di Jerman adalah menjadi sukarelawan dengan mengikuti program Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ). Bedanya dengan aupair kamu bekerja sebagai sukarelawan di panti jompo atau panti asuhan. Jadi yang merekrut adalah lembaga sosial.

Selama mengikuti FSJ kamu juga akan mendapatkan perlakuan yang sama seperti karyawan. Kamu akan mendapatkan gaji bulanan, liburan dan tempat tinggal gratis. Program ini berjalan selama satu tahun, waktu tersebut cukup untuk mempersiapkan diri jika kamu ingin melanjutkan kuliah atau bekerja di Jerman.

Baca Juga:  Seputar Ausbildung Jerman Lengkap, Pengertian hingga FAQ

5. Mempersiapkan Diri Mengikuti Program Ausbildung

Apabila tujuan kamu untuk bisa bekerja di Jerman sambil belajar, maka mengikuti program Ausbildung bisa menjadi strategi yang tepat. Ausbildung merupakan sekolah vokasi tetapi sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia. Sambil menambah pengetahuan tentang bidang tertentu, siswa akan bekerja langsung di perusahaan dan mendapat gaji bulanan.

Layaknya seperti karyawan training, kamu akan mendapatkan teori di kelas dan bekerja di lapangan. Ada beberapa bidang yang mudah diikuti oleh tamatan SMA di Indonesia seperti perhotelan, chef, perawat, dll. Setelah lulus kamu akan mendapat sertifikat keahlian yang bisa digunakan untuk melamar di perusahaan-perusahaan Jerman.

Peluang lulusan ausbildung untuk bisa diterima di perusahaan Jerman lebih tinggi karena telah memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan.

Kini kamu tak perlu ragu lagi untuk mencari pekerjaan di Jerman walaupun saat ini masih mengantongi ijazah SMA.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×