Lezat, Ini 9 Makanan Khas Norwegia yang Siap Menggoyang Lidah

By 26/10/2019 Norwegia
makanan khas norwegia

Makanan Khas Norwegia – Rencana liburan ke Norwegia? Pastinya tidak boleh dilupakan adalah wisata kuliner. Negara yang dekat dengan Kutub Utara memiliki udara yang sangat dingin sepanjang tahun. Bahkan di musim panas pun udara tetap dingin, namun pemandangannya tetap indah.

Hidangan khas Norwegia telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun bahkan karena pengaruh globalisasi juga. Namun makanan khas tradisional khas Norwegia hingga kini masih dilestarikan. Viking memiliki peranan yang sangat penting dalam kebiasaan dan budaya makan. Para Viking yang mencari semua bahan makanan dari gunung, laut, hingga sungai untuk dimasak.

Makanan tradisional Norwegia bagi sebagian orang akan terasa menakjubkan, beberapa orang lainnya juga akan merasa aneh. Apapun rasa yang muncul dari hidangan khas tersebut, tentu saja siap untuk menggoyang lidah para turis yang penasaran untuk merasakan perbedaannya.

makanan khas norwegia yang lezat

Macam-Macam Makanan Khas Norwegia yang Wajib Dicicipi Para Turis

Norwegia akhir-akhir ini memberikan peran yang sangat tinggi dalam dunia kuliner dunia karena makanan tradisionalnya. Jika Anda yang berwisata ke Norway maka cobalah untuk menikmati berbagai macam hidangan buatan chef atau restoran murah di pinggir jalan yang rasanya lezat.

Hidangan Norway terkenal dengan bahan yang fresh baik ikan atau daging. Temukan beberapa hidangan berikut ini yang memiliki rasa berbeda daripada biasanya dan berikut di bawah ini adalah alasannya:

1. Lefse

Makanan ini adalah roti yang berbentuk bulat dan datar mirip tortila dan hanya dibuat pada saat liburan Natal dan tahun baru atau perayaan besar.

Misalnya seperti hidangan untuk pernikahan. Proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan sedikit berbeda dengan roti modern. Biasanya adonan dibuat kemudian dipanggang dan dibentuk roll. Adonan roti dibuat dari tepung, kentang, butter dan juga susu atau krim.

2. Kumla

Memiliki nama lain yaitu Krub, Klubb atau Klub. Makanan ini terbuat dari kentang yang dihaluskan dan dikombinasikan dengan bahan lainnya. Bagi pecinta hidangan daging, maka ham akan dipotong dadu sedangkan untuk untuk vegetarian akan diganti dengan daging buatan. Rasa makanan ini sangat enak dan tidak pedas bahkan berminyak. Sehingga sangat mudah dicerna oleh tubuh.

Baca Juga:  10 Keindahan Wisata Norwegia dengan Pemandangan Laut dan Gunung

3. Lutefisk

Dalam bahasa Swedia panganan ini disebut lufisk dan sangat terkenal dengan teksturnya yang lengket. Makanan khas Norwegia ini dibuat dari kaldu ikan yang telah disimpan hingga mengeras. Bisa juga dibuat dari ikan putih yang dikeringkan atau diasinkan. Proses memasaknya sangat tradisional sehingga rasanya juga berbeda. Ikan akan sangat terasa walaupun teksturnya sangat lembut dan lengket.

4. Whale Steak

Tidak berbeda dengan jenis steak lainnya hanya saja terbuat dari daging ikan paus. Ikan paus adalh jenis ikan yang paling banyak ditemukan di area laut Norwegia jadi tidak heran jika ikan ini digunakan sebagai santapan sejak zaman dahulu.

Kebanyakan orang Norwegia sangat menyukai hidangan ini. Pada abad ke 19 hidangan ini menjadi makanan diet warga kala itu. Rasa dagingnya sedikit crunchy dan empuk. Menimbulkan kombinasi aroma dari banyak rempah-rempah.

makanan khas norwegia

5. Pickled Herring

Satu lagi makanan khas Norwegia yang banyak dibuat di rumah-rumah dan juga restoran. Resepnya yang sangat sederhana membuat mudah untuk dibuat.

Ikan haring asin akan dimasak dengan banyak cuka dan juga garam sebagai pengawet. Sehingga ikan bisa dimasak kapanpun atau langsung dihidangkan tanpa membusuk. Biasanya ditambahkan bawang dan gula atau rempah-rempah untuk menajamkan rasa sebelum dihidangkan.

6. Krumkake

Salah satu hidangan penutup yang manis. Arti dari makanan ini adalah kue bengkok dan menjadi hidangan penutup yang umum di Norway. Bahan pembuatnya adalah mentega, telur, gula, tepung dan juga krim. Kemudian dibuat seperti crepe dan diisi dengan coklat, krim, selai atau lainnya yang manis. Beberapa restoran vegan juga menggantikan telur mentega dengan berbagai macam bahan dari sayuran. Rasanya sangat gurih dan juga manis berpadu antara kulit dan isiannya.

7. Farikal

Hidangan ini biasanya disajikan atau dibuat pada musim gugur saja. Bahan utamanya adalah daging kambing atau domba. Kemudian untuk bahan tambahan dan bumbu adalah lada hitam, kol, dan tepung gandum untuk saus kentalnya. Semua bahan dimasak secara tradisional dan ditambahkan kentang. Daging akan dimasak sangat lama agar empuk selama beberapa jam.

Baca Juga:  5 Universitas di Norwegia Terbaik dan Cara Mendaftarnya

8. Finn Biff

Jika pergi ke Norwegia Utara makan hidangan ini akan sangat banyak ditemukan. Makanan tradisional ini terbuat dari daging rusa yang ditumis dan disajikan dalam bentuk semur. Hidangan ini juga populer di wilayah lain seperti Lapland Swedia dan Finlandia serta Rusia.

9. Kjøttkaker

Arti dari makanan ini adalah kue daging yang biasanya disajikan sangat unik. Saus terbuat dari bahan coklat dan ditambahkan dengan sayuran seperti kentang dan wortel. Masakan sederhana ini sangatlah lezat. Kebanyakan dibuat secara rumahan dan jika dijual direstoran biasanya sudah dimodifikasi lebih mewah dan modern.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×