Kenali Level Bahasa Jerman Ini Sebelum Mengikut Kursus

By 18/03/2020 Jerman
level bahasa jerman

Level Bahasa Jerman – Berencana untuk belajar bahasa Jerman? Jika kamu memiliki cita-cita untuk kuliah atau bekerja di Jerman maka bahasa adalah kemampuan pertama yang harus dikuasai. Jika tidak akan sulit untuk bisa ke Jerman dengan lebih mudah. Bahasa akan menjadi modal dasarmu untuk bisa diterima kerja atau kuliah di sana.

Nah, sebelum memulai belajar ada baiknya jika kamu mengetahui level-level yang digunakan dalam bahasa ini. Level bahasa Jerman dibuat oleh Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). Level ini sebenarnya tak hanya berlaku dalam bahasa Jerman saja tetapi semua bahasa resmi yang digunakan di Eropa seperti Perancis, Italia, Spanyol, dll.

Level ini nantinya juga akan digunakan jika kamu akan pindah ke Jerman dan melanjutkan pelajaran bahasa di sana. Setiap level ini akan dibuktikan dengan sertifikat tes seperti TestDaF (Test Deutsch als Fremdsprache) atau DSH (Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang).

Kenali Level-Level Bahasa Jerman

level dalam bahasa jerman

Sebelum langsung belajar bahasa Jerman dari level dasar sebaiknya kenali apa saja level tersebut dan kemampuan yang akan dimiliki jika berhasil dalam belajar. Level ini dimulai dari dasar yaitu pemula hingga tingkat mahir.

Untuk mencapai tingkat mahir kebanyakan akan mencapainya setelah sekian lama hidup di Jerman. Karena mempelajarinya dengan lingkungan yang menggunakan bahasa tersebut akan lebih mudah. Berikut ini beberapa level bahasa Jerman yang akan kamu tempuh nantinya :

Baca Juga:  Pentingnya Ikut Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

1. Level A1

Level ini masih masuk dalam kompetensi dasar dimana jika sudah mempelajarinya kamu akan memiliki kemampuan mengenali dan memahami serta menggunakan kalimat yang sederhana. Tidak sulit untuk menjelaskan sebuah hal konkrit yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu juga mampu memperkenalkan diri sendiri maupun orang lain. Pada saat berdialog kamu dapat bertanya informasi mengenai lawan bicara. Contohnya saja tempat mereka tinggal, siapa saja yang mereka kenal dan apa saja yang mereka miliki. Tak hanya bertanya tetapi juga mampu menjawab pertanyaan serupa.

Komunikasi yang dilakukan masih sebatas hal yang sederhana dan lawan bicara harus berbicara dengan lambat dan jelas supaya kamu bisa memahaminya. Apa yang bisa dimanfaatkan dari level ini adalah melamar menjadi au pair Jerman dan pembuatan visa.

2. Level A2

Level ini masih termasuk juga kompetensi dasar ada sebuah hal yang berbeda dan kemampuan tentunya semakin meningkat. Kamu akan dengan mudah mengenali kalimat yang digunakan sehari-hari dan berhubungan dengan pokok bahasan tertentu.

Misalnya saja informasi yang berhubungan dengan pekerjaan seseorang, kebiasaan berbelanja, hubungan dengan keluarga atau lingkungan sekitarnya. Jadi bukan hanya pokok bahasa umum saja yang dibahas.

Pada saat berkomunikasi sehari-hari tentang rutinitas kamu bisa dengan lebih mudah untuk bertukar informasi dengan lawan bicara. Apalagi mengatakan sesuatu yang sering dijumpai sehari-hari. Lebih mudah saat mengungkapkan kalimat yang sederhana yang berhubungan dengan pendidikan, lingkungan atau asal-usul.

Komunikasi yang dilakukan adalah seputar dengan kebutuhan primer. Namun kamu bisa dengan lebih percaya diri untuk berbicara dengan orang lain yang bukan native speaker. Selesai belajar di level ini kamu bisa mengikuti program sukarelawan seperti FSJ Jerman.

3. Level B1

Level ini sudah termasuk dalam kompetensi lanjutan dimana seseorang mampu mengenali topik utama bahasan. Misalnya saja dalam hal yang berhubungan dengan pekerjaan, pendidikan hingga hobi. Setidaknya jika bahasa Jerman yang digunakan masih standar. Usai level ini kamu bisa dengan lebih mudah ketika berkomunikasi langsung dengan native speaker.

Artinya selesai level ini kamu sudah siap untuk pergi ke Jerman dan berinteraksi langsung disana. Kemampuan yang dimiliki juga mampu menjabarkan pokok bahasa tertentu yang disukai. Serta bisa menceritakan semua pengalaman atau kejadian hingga impian masa depan.

Kemampuan pada level ini dibutuhkan bagi kamu yang ingin mendaftar ke Studienkolleg. Tak hanya melanjutkan Studienkolleg tetapi juga untuk bekerja.

Baca Juga:  5 Tips Memilih Kursus Bahasa Jerman di Surabaya Terbaik

4. Level B2

Level ini masih termasuk dalam kompetensi lanjutan dimana kamu dapat mengenali bahasan yang lebih rumit dengan tema yang abstrak. Kamu juga mampu ikut andil dalam sebuah diskusi karena dapat mengungkapkan argumentasi secara spontan. Tak ada hambatan saat berkomunikasi dengan native speaker pada level ini.

Pendapat yang diungkapkan pun lebih jelas dan sesuai dengan pokok bahasan secara terperinci. Bahkan penjabaran tentang baik dan buruk sebuah keputusan yang telah atau akan diambil.

Menyelesaikan dan mengikuti tes level B2 nantinya hasil bisa digunakan untuk melanjutkan ke perkuliahan di Jerman bahkan di jenjang S2. Para pekerja bidang kesehatan atau dokter juga membutuhkan level ini sebelum memulai kerja.

5. Level C1

level level bahasa jermanKebanyakan mereka yang lolos dalam level ini sudah memiliki pengalaman tinggal di Jerman. Karena kemampuan yang dimiliki lebih luas seperti memahami dengan baik sebuah teks yang panjang hingga rumit. Pada saat mengungkapkan pendapat kamu pun tidak kesulitan untuk mencari kata yang tepat.

Bahasa Jerman yang digunakan sangat tepat sesuai dengan bidang yang dibahas baik itu pendidikan atau pekerjaan. Bahasa pun lebih terstruktur layaknya native speaker.

6. Level C2

Level ini termasuk mahir dimana kamu sudah bisa membaca dan mendengar bahasa Jerman dengan langsung memahaminya. Kamu juga bisa merangkum dengan cepat semua informasi yang didengarkan atau dibaca. Semua pendapat dapat disampaikan dengan lebih spontan, lancar serta terstruktur. Bahkan pada sebuah bahasan yang rumit. Usai level ini kamu sudah seperti native speaker.

×