Letak Astronomis Perancis, Geografis dan Profil Negaranya

By 06/02/2020 Perancis
letak astronomis perancis

Letak Astronomis Perancis – Siapa yang tidak mengenal menara Eiffel? Menara yang berdiri di negara Perancis ini merupakan salah satu keajaiban yang ada di dunia.

Selain menara Eiffel, Perancis juga terkenal sebagai negara mode hingga negara romantis. Benar saja, kebanyakan mode selalu mengarah ke Perancis. Di sana juga banyak sekolah desain atau fashion yang terkenal di seluruh dunia.

Suasana negara Perancis dengan musik dan bangunan klasik membuatnya sebagai negara yang paling romantis. Apa yang membuat negara ini begitu terkenal? Yuk mari simak letak astronomis Perancis hingga bagaimana profil negaranya.

Letak Astronomi Perancis dan Geografisnya

letak geografis perancis

Perancis merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa dengan luas 547.089 km2. Angka tersebut membuat Perancis menjadi negara terluas di Eropa.

Baca Juga:  Mengetahui Kondisi Geografis dan Letak Astronomis Jerman

Jika dilihat dari letak astronomisnya, Perancis berada di 42oLU – 51oLU dan 5oBB – 8oBT. Letak negara ini membuatnya berbatasan dengan negara Eropa lainnya. Berikut ini batas-batas yang dimiliki negara Perancis:

Utara : Serat Inggris
Timur : Swiss dan Italia
Selatan : Laut Tengah dan Spanyol
Barat : Teluk Biscay

Letak negara Perancis ini membuatnya memiliki beberapa keadaan alam, diantaranya dataran rendah, tinggi dan pegunungan. Berada di Eropa bagian barat negara ini memiliki beberapa teritori diantaranya adalah French Guiana di South Americ, the islands of Guadeloupe dan Martinique di Caribbean Sea, terakhir Reunion di Southern Africa.

Bagian pusat kota Perancis memiliki topografi yang didominasi oleh dataran rendah dari utara ke barat. Sisanya adalah pegunungan Pyrennes dan di bagian timur adalah pegunungan Alpen. Bagian tertinggi di Perancis adalah Mont Blanc yaitu dengan ketinggian 15.771 kaki.

Iklim di Perancis terbagi menjadi beberapa lokasi, namun sebagian besar iklimnya sangat dingin di musim salju. Pada saat musim panas suhu udara cukup lembab, sedangkan di area Mediterania lainnya memiliki cuaca hangat saat musim dingin dan terlalu panas di musim panas.

Kota Paris di Perancis memiliki temperatur yang cukup rendah pada pertengahan bulan Januari. Suhu yang dimiliki mencapai 2.5 derajat Celcius. Sedangkan pada pertengahan bulan Juli suhu akan meningkat mencapai 25 derajat Celcius. Pada musim panas inilah akan banyak turis asing berlibur ke Perancis.

Profil Negara Perancis

Identitas nasional Perancis berasal dari asal usul bangsa berkebudayaan Clet, Gallo Roman dan Frank. Nama Perancis awalnya digunakan untuk menunjukkan beberapa orang di Rhineland bagian bawah.

Baca Juga:  Pilihan Tempat dan Biaya Kursus Bahasa Perancis di Jakarta

Secara umum istilah Perancis digunakan untuk menunjukkan wilayah tersebut sebelum dikenal sebagai Gaul. Setelah Frank menginvasi dan Romawi mengalami kemunduran, maka nama Francia digunakan untuk semua teritorial hingga abad pertengahan. Setelah itu barulah nama Perancis digunakan untuk menandakan kerajaan yang berdaulat.

Populasi Negara Perancis dari Tahun ke Tahun

populasi negara perancis

Pada tahun 1999 jumlah penduduk Perancis adalah 58.518.748. Pada waktu itu, Perancis memiliki kepadatan penduduk yang sangat rendah dibandingkan negara lain di Eropa Barat. Pemerintah pun bekerja keras untuk tetap mempertahankan populasi ini dengan memberikan beberapa fasilitas. Seperti diadakannya tunjangan keluarga per anak tanpa batasan pendapatan.

Diadakan juga mobilitas penduduk dari daerah ke wilayah perkotaan. Usaha ini pun memperlihatkan hasilnya pada pertengahan abad ke 19. Populasi Perancis meningkat dua kali lipat mencapai 28,3 juta jiwa. Pasca PD II, muncul fenomena baby boom, namun angka kelahiran kembali menurun di tahun 1970-an. Saat ini jumlah penduduk diperkirakan mencapai 67 juta jiwa.

Sistem Pemerintahan Negara Perancis

Perancis beroperasi di bawah konstitusi Republik kelima yang didirikan pada tahun 1958. Pemerintahannya terpusat walaupun pada tahun 1982 sempat terjadi desentralisasi sehingga kekuasaan banyak dialihkan ke daerah dan komune. Sejak awal ibukota Perancis adalah Paris.

Administrasi sistem pemerintahan diatur melalui tingkatan bangsa, wilaah, departemen, arindisemen, kantin dan komune. Komune merupakan tingkat administrasi terkecil. Sistem ini mengadaptasi dari revolusi Perancis. Saat ini negara memiliki kontrol terhadap perusahaan di bidang transportasi, energi dan komunikasi.

Birokrasi negara sangat kompleks karena dijalankan oleh administrasi elit yang dilatih di National School of Administration (ENA). Sistem pemerintahan dimulai dari cabang eksekutif yaitu didukuni oleh presiden dan perdana menteri. Presiden akan dipilih oleh rakyat dan memiliki masa jabatan tujuh tahun. Sedangkan perdana menteri ditunjuk oleh presiden.

Penunjukan perdana menteri bisa berasal dari berbagai partai politik. Tugas perdana menteri adalah memilih menteri dan sekretaris negara tentu dengan persetujuan presiden. Pada cabang legislatif, terdapat parlemen bikameral yang terdiri dari Assemblée Nationale (Majelis Nasional) dan Senat (Senat).

Baca Juga:  4 Pilihan Tempat Les Bahasa Perancis di Jakarta Sesuai Budget

Orang yang berhasil masuk ke Assemblée Nationale adalah mereka yang memiliki vote paling banyak dan menjabat selama lima tahun. Sedangkan senator dipilih dari sistem pemilihan perguruan tinggi dengan masa jabatan sembilan tahun.

Tidak berhenti disitu saja, 22 wilayah metropolitan di Perancis juga mendapatkan peran formal. Masing-masing memiliki departemen dan dipimpin oleh prefek regional yang dilayani anggota dewan daerah. Dewan daerah boleh memilih pemimpin dewan dan setiap departemen dipimpin oleh prefek. Pemilihan walikota dan dewan kota dilakukan oleh komune yang tersebar sekitar 36.000.

Perekonomian Negara Perancis

Mata pencaharian Perancis bisa dilihat dari perekonomiannya. Perancis pernah mengalami ekspansi industri yang gemilang selama tiga puluh tahun setelah PD II berakhir. Namun setelah itu krisis minyak tahun 1970 membuat Perancis harus membangun kembali ekonomi mereka. Hingga akhirnya kini telah menjadi satu dari empat negara yang memiliki ekonomi terbaik di Eropa Barat.

Perancis memiliki layanan industri yang besarnya seperempat dari total pendapatan GNP. Selain bidang industri, Perancis juga terkenal dengan pertaniannya. Perancis sangat mandiri dalam sektor ini dan menyumbang 3% dari GNP. Jenis pertanian yang diunggulkan adalah gandum. Pada tahun 2002 mata uang franc diubah menjadi euro sehingga perekonomiannya pun mulai menanjak sejak itu.

Kebudayaan dan Tradisi Perancis

tradisi perancis

Banyak yang dapat diulas dalam budaya dan tradisi khususnya negara Perancis. Kebanyakan orang akan menyesuaikan diri dengan kebudayaan asli ketika melakukan migrasi. Nah seperti apakah sosial budaya Perancis yang harus diperhatikan? Berikut ini macam-macamnya.

1. Bahasa

Bahasa Perancis adalah bahasa resmi yang digunakan. Selain itu bahasa Perancis sendiri menjadi bahasa asing kedua yang banyak dipelajari di dunia. Hampir 120 juta siswa mempelajarinya. 3% dari penduduk Perancis berbicara menggunakan dialek Jerman dan ada juga bahasa Flemish serta Arab.

2. Agama

Katolik adalah agama yang mendominasi di Perancis. Pada sebuah survei Lembaga Opini Publik (IFOP) 64% penduduk mengidentifikasi diri mereka memeluk agama katolik Roma. Agama lain yang dianut adalah Islam, Yahudi dan Budha. Menurut survei juga 23% penduduk tidak menganut agama apapun.

3. Hari Raya

Perayaan yang dijadikan hari libur adalah Natal dan Paskah. Ada juga May Day yaitu hari buruh yang jatuh tanggal 1 Mei. Pada tanggal 8 Mei Perancis memperingati berakhirnya PD II di Eropa. Ada juga hari Bastille yang jatuh pada tanggal 14 Juli, perayaan ini dilakukan untuk memperingati benteng Bastille di Prancis yang diserbu kaum revolusioner.

×