Mengetahui Kondisi Geografis dan Letak Astronomis Jerman

By 02/08/2019 Jerman
letak astronomis jerman

Letak Astronomis Jerman – Ada yang tau perbedaan dari letak geografis dan astronomis dari negara Jerman? Jangan-jangan masih banyak yang belum tahu apa sih perbedaan antara geografi dan astronomi? Sebelum mengenal kondisi alam dari negara Jerman yuk cermati dulu apa perbedaan keduanya.

Kondisi geografis lebih mengarah pada posisi sebuah wilayah seperti negara hingga bentuknya di muka bumi. Biasanya dilihat dari fitur geografis yaitu bersebelahan dengan suatu daerah secara langsung. Misalnya saja berbatasan dengan benua, laut, gunung, gurun, dll.

Mengetahui Kondisi Geografis dan Letak Astronomis Jerman

letak astronomis jerman
Letak astronomis sendiri adalah posisi dari garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis imajiner yang membagi bumi menjadi dua yaitu bagian utara dan selatan. Sedangkan garis bujur menghubungkan kutub utara dan selatan, sehingga membagi bumi menjadi bagian timur dan barat.

Menurut penjelasan di atas, sangat mudah membedakan antara kondisi geografis dan letak astronomis sebuah negara. Nah bagaimana jika hal ini diterapkan pada negara Jerman? Apa saja yang akan kita temukan?

Kondisi Geografis Negara Jerman

Sebelum dilihat letak astronomis Jerman mari kita cermati kondisi geografisnya terlebih dahulu. Ada beberapa pembahasan yang bisa ditemukan yaitu perbatasan negara, bentang alam, lokasi dan keadaan penduduknya.

Baca Juga:  Bentuk, Sejarah, Lambang, dan Sistem Pemerintahan Jerman

Negara Jerman terletak di bagian Eropa Barat yang memiliki perbatasan dengan negara lain. Berikut ini masing-masing perbatasan sesuai dengan wilayahnya.

– Bagian utara, bersebelahan dengan Laut Baltik dan Denmark

– Bagian selatan, berbatasan dengan Swiss dan Austria

– Bagian barat bersebelahan dengan Perancis, Belgia, Belanda dan laut Utara

– Bagian timur berbatasan dengan Polandia dan republik Ceko.

Jerman merupakan negara dengan luas sekitar 357.050 km2 dan dibagi menjadi tiga. Bagian dataran rendah utara terbentuk dari endapan lumpur sungai Ems, Sungai Weser dan Sungai Elbe. Bagian dataran tinggi yaitu plato-plato dan dialiri sungai Rhein. Dataran bagian selatan adalah pegunungan Alpen.

Iklim negara Jerman adalah laut sedang, dimana di wilayah timur dan selatan akan memiliki musim dingin yang sedang dengan musim panas tinggi. Saat musim panas, suhu bisa mencapai 40 derajat dan musim dingin selalu turun salju. Inilah keadaan geografis yang bisa kamu temukan dari negara Jerman.

Berdasarkan kondisi geografis Jerman ada banyak keuntungan yang didapatkan. Mulai dari hasil hutan yang melimpah, majunya pendidikan dan budaya masyarakat hingga pertambangan dalam negeri yang sangat maju. Tidak heran jika semua keadaan alam sangat membantu perekonomian Jerman hingga saat ini.

letak astronomis negara jerman
Belajar Letak Astronomis Jerman

Kini saatnya mengetahui seperti apakah letak astronomi dari negara Jerman. Negara ini memiliki kondisi dataran rendah dan juga pegunungan yang bervariasi. Akibat topografi ini lah kebudayaan negara Jerman sangat beragam. Kota masih menjadi pusat penduduk tertinggi namun tidak sedikit penduduk lokal yang akhirnya memanfaatkan lahan kosong untuk bertani.

Baca Juga:  Ciri Khas Negara Jerman Mulai dari Bisnis hingga Kebudayaan

Lokasi astronomisnya yang strategis membuat banyak ladang dapat ditanami tanaman dengan subur. Jerman terletak pada 51 LU dan 9 BT yang artinya adalah sebagai berikut.

  • Apabila ditarik garis bujur yang melintasi Jerman dari barat ke timur maka akan terletak pada 6 BT – 51 BT
  • Apabila ditarik dari garis lintang yang membentang dari kutub utara ke kutub selatan maka lokasinya berada 47 LU – 55 LU.

Memastikan kebenaran dari letak astronomis Jerman bisa dilihat dari peta. Melalui peta garis lintang dan garis bujur bisa ditemukan. Dari situ telusuri sesuai dengan letak astronomis Jerman dan Anda bisa menemukan dimanakah negara Jerman berada.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply