Kursus Bahasa Jerman Jakarta untuk Persiapan Kuliah, Kerja Tanpa Agen

Jangan biarkan Agen berdiri di antara Anda dan Universitas impian Anda.

Kemampuan berbahasa Jerman adalah faktor utama bagi kamu yang berkeinginan untuk melanjutkan kuliah atau bekerja di Jerman. Di universitas, kamu akan menghadiri kelas yang memiliki kegiatan diskusi. Disinilah kemampuan memahami dan berbicara dalam bahasa Jerman sangat dibutuhkan. Demi berhasil, maka kamu perlu mengenal lebih jauh tentang bahasa Jerman.

Hal yang sama juga dibutuhkan ketika kamu hendak bekerja di Jerman

Perlu pengenalan yang lebih dalam tentang bahasa Jerman. Khususnya sesuai dengan pekerjaan yang ditekuni. Semua itu akan bisa dicapai jika kamu mengikuti kursus bahasa Jerman Jakarta.

Saat ini begitu banyak sumber yang memudahkan masyarakat untuk belajar bahasa Jerman. Namun tidak semuanya memiliki materi yang lengkap seperti pengenalan bahasa Jerman sesuai bidang seperti untuk perkuliahan atau bekerja. Selain itu tidak semua tempat kursus bahasa Jerman Jakarta mampu mempersiapkan siswanya secara detail untuk sampai ke Jerman.

Maksudnya, tempat kursus sebagian besar hanya memberikan pelajaran tentang bahasa yang digunakan saja. Padahal mungkin kamu butuh juga sarana untuk mengantarkan sampai ke negara Jerman supaya bisa bekerja atau kuliah. Pemilihan menjadi hal yang sangat penting dan tidak bisa diremehkan.

5 Faktor Penting Saat Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman Jakarta

Pemilihan tempat kursus bahasa Jerman Jakarta tidak bisa sembarangan apalagi jika tujuanmu adalah untuk berhasil sampai ke Jerman. Baik itu mahasiswa atau pekerja harus memilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Apakah tipe pengajaran yang diberikan mampu menuntunmu menguasai bahasa Jerman dalam waktu singkat juga bisa jadi pertimbangan.

TENAGA PENGAJAR

Sudah menjadi rahasia umum bahkan ketika seseorang hendak memilih kursus bahasa asing apapun, tenaga pengajar selalu menjadi prioritas utama. Untuk apa kamu memilih tempat kursus tersebut jika tidak ada tenaga kerja yang kompeten. Belajar bahasa Jerman paling tepat adalah langsung bersama ahlinya yaitu native speaker.

Bertemu dengan native speaker akan memperlancar pronunciation hingga penulisan. Pemahaman dan perbaikan ketika terjadi kesalahan dalam pengucapan akan dilakukan secara cepat. Jangan pernah memaksakan untuk belajar di tempat kursus yang murah tetapi tidak mampu menyediakan tenaga pengajar yang kompeten.

FASILITAS YANG DISEDIAKAN

Faktor selanjutnya adalah bagaimana tempat kursus bahasa Jerman Jakarta tersebut menyediakan fasilitas belajar. Fasilitas ini berbentuk materi seperti buku atau modul, ruang kelas bahkan alat bantu belajar lain. Misalnya saja seperti sarana multimedia yaitu komputer, ruang audio visual hingga kelas yang nyaman. Ketika sedang survey sebaiknya cek apa saja fasilitas yang mereka sediakan.

Pengecekan ini sangat penting, karena kamu tidak hanya akan belajar sehari atau dua hari saja. Persiapan belajar bahasa Jerman hingga mahir dibutuhkan waktu bahkan hampir satu tahun.

JUMLAH SISWA PER KELAS

Karakteristik jumlah siswa di masing-masing tempat kursus berbeda-beda. Ada yang menyediakan kelas reguler dengan jumlah siswa lebih dari 20 bahkan sampai 30. Ada juga yang membuat kelas kecil berisi 10 hingga 15 orang saja. Situasi belajar yang kondusif tentu saja hanya akan didapatkan dalam kelas kecil.

Jumlah orang yang sedikit akan memudahkan pengajar untuk menyampaikan materi lebih dalam. Kamu sebagai siswa pun akan memiliki lebih banyak waktu dalam tanya jawab.

JENIS KELAS YANG TERSEDIA

Bagi kamu yang ingin belajar sangat intensif maka harus memilih kelas khusus. Tidak semua tempat kursus menyediakan kelas super intensif. Jadi cobalah untuk tanyakan kembali, apakah tersedia jenis kelas sesuai yang kamu butuhkan. Rata-rata ada tiga jenis kelas yaitu kelas reguler, kelas intensif dan super intensif.

 

ESTIMASI BIAYA

Faktor terakhir dan yang paling penting adalah biaya. Jangan sampai memilih kursus murah namun pada kenyataannya hasil yang didapatkan tidak setimpal. Bicarakan lebih lanjut tentang biaya ini dengan tempat kursus secara mendetail. Estimasi biaya ini harus transparan seperti biaya setiap pertemuan dan biaya lainnya untuk persiapan ke Jerman.

Tanyakan secara detail, karena tempat kursus yang terpercaya akan memberikan rincian yang transparan.

Mengapa Memilih Kursus Bahasa Jerman Jakarta di Virtu?

Di antara tempat kursus bahasa Jerman Jakarta yang akan kamu temui di Jakarta, Bandung bahkan Surabaya hanya Virtu Education yang memenuhi kelima faktor di atas. Mulai dari tenaga pengajar yang sebagian besar adalah native speaker, ruang kelas nyaman dan menggunakan teknologi multimedia terbaru. Ditambah lagi dengan kelas kecil dan disediakan kelas super intensif belajar bahasa Jerman hanya dalam 9 bulan saja.

Soal biaya bukan masalah lagi, Virtu menyediakan rincian biaya transparan yang begitu murah. Hasil yang diberikan pun bukan sekedar menguasai bahasa Jerman sehari-hari saja. Output yang diberikan adalah siswa nantinya mampu mengikuti perkuliahan di Jerman dengan lancar. Bagi kamu yang berencana bekerja, juga akan mampu mengikuti kegiatan sosial di pekerjaan.

Selain memenuhi kelima faktor tersebut, ada beberapa alasan penting yang harus diperhatikan. Alasan-alasan inilah yang menjadikan Virtu Education adalah tempat kursus bahasa Jerman teristimewa.

Placement Test Gratis

Bagi kamu yang dulunya pernah belajar bahasa Jerman, tidak harus mengikuti pelajaran dari awal lagi. Kamu bisa mengikuti placement test sehingga akan masuk kelas sesuai dengan kemampuan. Jika placement test di tempat lainnya berbayar, kamu bisa mengikutinya secara gratis disini. Dengan begitu akan lebih cepat untuk belajar.

Sedangkan bagi kamu yang belum pernah belajar bahasa Jerman sama sekali jangan khawatir. Tidak perlu mengikuti placement test, kamu bisa belajar dari nol.

Kelas yang Fun

Walaupun kamu mengambil kelas super intensif sekalipun, suasana kelas tidak sekaku yang dibayangkan. Pengajar tidak selalu menulis di papan tulis dan siswa mendengarkan. Justru sebaliknya kelas akan lebih interaktif dengan tanya jawab. Ditambah dengan fasilitas multimedia yang membantu siswa belajar melalui video, foto, gambar dan audio visual.

Selain penyampaian materi, diadakan juga game-game yang fun sebagai ice breaker. Siswa tidak akan tegang dan pusing mendengarkan bahasa Jerman. Justru sebaliknya bahasa Jerman akan menjadi pelajaran yang menyenangkan.

Monitoring Hasil Belajar

Siswa tidak hanya belajar dari materi yang disampaikan seperti membaca, menulis, mendengarkan dan menerjemahkan saja. Setiap siswa akan mendapatkan monitoring hasil belajarnya. Setelah beberapa kali pertemuan, maka akan diadakan tes untuk mengetahui seberapa jauh materi telah dikuasai.

Melalui monitoring ini diharapkan semua siswa mampu meningkatkan kemampuan belajar. Juga mengetahui letak kelemahan baik itu pada percakapan, penulisan atau menerjemahkan.

Menyediakan Mentoring Pribadi

Semua siswa akan mendapatkan mentoring secara pribadi, gunanya adalah untuk mempersiapkan diri secara mental sebelum keberangkatan ke Jerman. Mental setiap siswa bisa saja berubah karena bahasa Jerman termasuk sulit untuk dipelajari. Penambahan motivasi melalui mentoring sangat dibutuhkan, agar siswa mampu mengikuti pendalaman materi dengan maksimal.

Mentoring akan diberikan kepada semua siswa baik itu yang ingin kuliah atau bekerja di Jerman. Melalui mentoring juga siswa tidak akan terbebani dan timbul stress yang justru akan membuat pembelajaran terhambat.

Materi Up To Date

Penting sekali untuk seorang siswa menerima materi terbaru yang mengikuti perkembangan dari ujian-ujian bahasa Jerman. Penyusunan materi dilakukan setiap tahunnya oleh semua pengajar sehingga topik-topik terbaru selalu dimasukkan. Apapun ujian bahasa Jerman yang akan diambil untuk mencapai level tertentu pastinya akan diajarkan.

Siswa tidak akan pernah ketinggalan jenis-jenis kosakata yang sering keluar dalam tes. Materi terbaru ini tentunya akan sangat membantu untuk memperoleh skor tinggi dalam tes. Selain itu memperluas pengetahuan tentang bahasa Jerman.

Membantu Siswa Sampai ke Jerman

Kebanyakan calon mahasiswa atau pekerja membutuhkan agen untuk pergi ke Jerman. Jadi kursus bahasa Jerman dan agen adalah dua lembaga berbeda yang harus diikuti. Tapi bagaimana juga tempat kursus juga bekerja sekaligus sebagai agen. Kamu tidak perlu lagi mencari agen untuk bisa sampai ke Jerman.

Memilih Virtu Education sebagai tempat belajar bahasa Jerman sekaligus agen adalah keputusan yang bijaksana. Selain menghemat budget, kamu juga akan mendapatkan bimbingan secara intensif. Bukan sampai di Jerman saja tetapi sampai berhasil beradaptasi dengan lingkungan di sana.

Informasi Lengkap Seputar Jerman

Pembekalan bahasa sudah pasti, tapi tidak semua kelas bahasa Jerman memberikan informasi lengkap tentang Jerman. Misalnya bagaimana gaya hidup mahasiswa di sana, sehingga siswa yang ingin berkuliah tidak kaget untuk bisa beradaptasi. Memiliki informasi ini adalah sebuah keuntungan, karena siswa tidak akan mengalami kesulitan dengan perbedaan budaya.

Sedangkan untuk siswa yang ingin bekerja, akan mendapatkan banyak informasi jenis pekerjaan serta lowongan apa saja yang tersedia. Virtu akan membantu agar siswa berhasil hingga diterima di tempat kerja.

Perbedaan Kursus Bahasa Jerman di Virtu Education dengan Agen

Masih bingung tentang perbedaan antara Virtu Education dengan agen? Banyak hal yang membedakan keduanya khususnya dalam pengajaran bahasa Jerman. Agen tidak akan mengajarkan bahasa Jerman kepada siswa karena tugas mereka hanya mengantarkan siswa ke Jerman saja.

Di antara Virtu Education dan Agen mana yang akan kamu pilih? Perhatikan perbedaannya berikut ini:

Virtu Education

Informasi kehidupan di Jerman disampaikan untuk membantu beradaptasi dengan baik.

Agen

Tidak ada informasi apapun yang disampaikan.

Virtu Education

Mendidik siswa agar bisa hidup mandiri setelah sampai di Jerman.

cara kerja di jerman

Agen

Tidak ada pendidikan khusus persiapan ke Jerman.

Virtu Education

Bimbingan dilakukan sejak awal mengikuti kursus.

Agen

Tanpa bimbingan, siswa dilepas begitu sampai di Jerman.

Virtu Education

Biaya terjangkau dan transparansi hanya puluhan juta.

contoh kata kerja bahasa jerman

Agen

Biaya tinggi mencapai ratusan juta tanpa ada bimbingan apapun.

Virtu Education

Siswa mulai dari belajar bahasa Jerman, cara tembus ke Jerman, dan bantuan untuk bisa beradaptasi di Jerman.

nama Pekerjaan Dalam Bahasa Jerman

Agen

Siswa hanya membayar kemudian masuk ke institusi yang sudah dipilih karena target lebih banyak siswa yang berangkat.

tata bahasa jerman

Perbandingan di atas menandakan bahwa agen tidak akan memberikan kontribusi apapun kepada siswa yang ingin pergi ke Jerman. Tidak ada bimbingan bahasa bahkan cara beradaptasi hidup di Jerman. Sesampainya di Jerman, siswa tidak akan dibantu hingga mencari tempat tinggal yang nyaman.

Dilihat dari perbandingannya, apakah kamu masih ingin memilih agen untuk menguasai bahasa Jerman dan sampai ke sana? Kamu masih memiliki banyak waktu untuk memilih cara yang lebih efisien.

Level dalam Kursus Bahasa Jerman

Berbicara soal level, setiap tempat kursus bahasa Jerman menyediakan level yang berbeda-beda. Tingkatan ini akan menjadi tolak ukur mahasiswa bisa berhasil masuk ke universitas dan juga para pekerja. Penguasaan bahasa Jerman akan diukur sesuai dengan masing-masing level ini.

Secara umum, tingkatannya adalah A1, A2, B1, B2, C1, dan C3. Setiap tingkatan memiliki tujuan yang berbeda-beda dan yang jelas adalah belajar bahasa Jerman dari awal. Penjelasan dari masing-masing levelnya adalah sebagai berikut :

Level A1

Pada level awal ini siswa akan belajar tentang materi tentang kehidupan harian. Mulai dari cara memperkenalkan diri sendiri atau orang lain secara formal dan informal. Pertanyaan-pertanyaan dasar untuk memulai percakapan juga akan dipelajari. Misalnya saja  bertanya tentang harga, hobi, tempat tinggal dan sejenisnya. Selain bertanya siswa juga belajar cara menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Melalui materi dasar ini, maka siswa yang sudah belajar tidak akan mengalami kesulitan pada saat masuk kelas atau tempat kerja. Mereka mampu memperkenalkan diri sendiri dengan baik. Memulai percakapan dengan orang baru dan beradaptasi dengan lebih mudah.

Level C2

Tingkat akhir dalam belajar bahasa Jerman ini menjadikan siswa fasih berbicara, menulis dan menerjemahkan. Mampu mengemukakan pendapat secara spontan namun tetap tepat. Tidak ada lagi bahasa Jerman yang dianggap rumit atau sulit ketika sampai pada tahapan ini.

Level A2

Jika pelajaran dasar tentang kehidupan sehari-hari sudah dikuasai maka materi yang lebih luas akan diberikan pada level A2 ini. Masih pada kompetensi dasar, fokus materi adalah membuat kalimat yang lebih panjang dan sesuai tema tertentu. Misalnya saja informasi detail tentang lingkungan pekerjaan atau tempat belajar. Cara memperkenalkan diri pun bisa membahas jadwal sehari-hari dari pagi hingga malam.

Komunikasi siswa pada level ini tentunya lebih lancar dan tidak canggung lagi. Latihan percakapan langsung dengan native speaker memiliki porsi yang lebih banyak.

Level C1

Termasuk dalam kompetensi yang tinggi. Ketika berada di level ini, siswa akan mahir dalam menerjemahkan teks panjang yang cukup rumit. Makna di balik teks seperti idiom pun akan dipahami dengan lebih cepat. Tidak akan ragu dalam mengemukakan pendapat dalam sebuah forum. Cara berbicara lebih terstruktur sesuai dengan tema yang sedang dibahas

Level B1

Level ini sudah termasuk pada kompetensi lanjutan dan pemahaman akan topik pembicaraan juga lebih lancar. Tidak butuh waktu lama untuk seorang siswa menerjemahkan percakapan antar dua orang sekaligus. Bahasa yang digunakan pun lebih standar dan formal. Mampu membedakan kejadian di masa depan, sekarang dan lampau dengan lebih baik.

Secara cermat siswa mampu menjelaskan sebuah kejadian yang sedang, telah atau akan berlangsung secara detail.

Level B2

Merupakan lanjutan dari level B1, di sini fokusnya adalah materi yang lebih rumit. Misalnya saja mengenali inti dari teks tertulis yang cukup kompleks. Mengetahui tujuan penulisan teks tersebut (ide penulisan). Berkomunikasi dengan native speaker juga sudah tidak terbata-bata atau membutuhkan waktu lama untuk menerjemahkan.

Pokok bahasan akan menjadi lebih luas lagi dan berbagai. Tema yang berhubungan dengan fakta, fiksi hingga baik dan buruknya pilihan.

Kursus Bahasa Jerman Jakarta untuk Calon Mahasiswa

Proses yang harus ditempuh seorang mahasiswa untuk bisa sampai diterima di universitas di Jerman cukup panjang. Waktu paling lama adalah ketika menjalani kursus bahasa Jerman karena kemampuan setiap orang berbeda-beda. Namun di Virtu Education semua akan menjalani masa bimbingan selama sembilan bulan.

Selain kursus, siswa juga akan diajak untuk mengenali informasi seputar kehidupan mahasiswa di Jerman. Satu lagi yang harus diketahui bahwa sebelum menempuh ujian masuk, semua mahasiswa harus masuk ke dalam Studienkolleg. Program ini dibuat oleh pemerintah Jerman khusus siswa asing.

Studienkolleg adalah program satu tahun untuk menyamakan pendidikan sesuai dengan jurusan yang hendak ditempuh. Setelah dinyatakan lulus dari Studienkolleg, barulah siswa bisa menempuh ujian masuk. Namun jika tidak lulus maka akan mengulang selama satu tahun lagi.
Peranan Virtu Education bagi calon mahasiswa tentunya sangat besar. Apa saja yang akan didapatkan? Berikut ini ulasannya:

Kursus Bahasa Jerman

Selama sembilan bulan bimbingan, siswa akan belajar mulai dari bahasa Jerman level A1, A2 hingga B1. Pada level B1 siswa sudah dianggap siap untuk menuju pendaftaran ke Studienkolleg. Setelah Itu kursus bisa dilanjutkan di Jerman. Kursus ini bisa dilakukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan S1 ke Jerman.

Sedangkan bagi siswa yang melanjutkan ke S2 atau S3 biasanya tidak perlu masuk ke Studienkolleg terlebih dahulu. Mengingat fungsi dari Studienkolleg adalah penyetaraan sekolah menengah atas di Jerman. Walaupun tidak mempersiapkan masuk studienkolleg kursus yang dibutuhkan juga sama yaitu sampai tahapan B1.

Selesai mengikuti kursus hingga level B1 maka kamu akan mengikuti TestDAF 4 atau DSH. TestDAF adalah standar tes yang digunakan para pelajar bahasa Jerman. Sedangkan DSH adalah tes yang digunakan untuk level pelajar di univeristas. Keduanya setidaknya harus kamu ikuti dan mendapatkan skor sesuai yang dibutuhkan.

Bimbingan Memilih Jurusan dan Universitas

Bagi kamu yang baru memikirkan untuk kuliah di Jerman, pastinya bingung memilih jurusan dan juga universitas. Tenang saja, Virtu akan membantu kamu memilihnya. Kamu akan mendapatkan konsultasi khusus untuk memilih jurusan dan universitas yang tepat. Ada banyak informasi tentang jurusan di masing-masing universitas.

Misalnya saja universitas unggulan di Jerman seperti Technical University of Munich/TUM, Universitas Heidelberg, Universitas Hamburg, dan masih banyak lagi. Masing-masing universitas memiliki jurusan yang diunggulkan secara berbeda. Informasi akan disampaikan secara lengkap hingga jenjang karir setelah lulus perkuliahan.

Memperkenalkan Kehidupan Mahasiswa di Jerman

Memudahkan kamu untuk bisa beradaptasi dengan cepat di Jerman, maka Virtu juga akan memberikan informasi tentang kehidupan di masing-masing kota. Biaya hidup merupakan faktor terpenting ketika memilih universitas di Jerman. Khususnya bagi kamu yang akan kuliah dengan biaya sendiri.

Beberapa biaya hidup yang akan disampaikan seperti biaya sewa tempat tinggal, transportasi, biaya buku, konsumsi, asuransi hingga biaya kuliah. Informasi yang berkaitan tentang biaya hidup ini akan disampaikan sesuai dengan peringkat kota. Biaya hidup di masing-masing kota tempat tinggal nantinya akan berbeda-beda.

Membuat Surat Motivasi dan CV

Dokumen yang dibutuhkan untuk bisa lolos ke dalam Studienkolleg salah satunya adalah surat motivasi dan juga CV. Kedua jenis dokumen ini juga dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa. Setiap siswa yang hendak kuliah akan mendapatkan bimbingan khusus untuk membuatnya dalam bahasa Jerman.

Banyak tips dan trik untuk menulis surat motivasi yang akan membuat siswa lulus untuk masuk Studienkolleg atau beasiswa. Selain syarat ini, kamu juga akan dibantu untuk menyiapkan dokumen lain seperti translate ijazah dan transkrip nilai dalam bahasa Jerman melalui penerjemah yang ditunjuk.

Pembuatan Visa

Setelah berhasil lulus ke dalam Studienkolleg atau masuk ke S2 di Jerman, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan visa. Jika mengambil paket kursus bahasa Jerman super insentif kamu tidak perlu lagi memikirkan soal pembuatan visa. Cukup mengumpulkan semua berkas yang dibutuhkan maka perbuatannya akan dibantu.

Tidak perlu lagi mengantri lama untuk mendapatkan visa pelajar ke Jerman. Setelah visa selesai dibuat, kamu bisa langsung berangkat ke Jerman untuk mengikuti Studienkolleg dan ujian masuk ke universitas. Tidak perlu lagi membayar biaya tambahan dalam pembuatan visa.

Melalui fasilitas-fasilitas ini, Virtu Education bukan hanya sekedar menyediakan kursus bahasa Jerman di setiap level kemudian siswa dilepas begitu saja. Setiap siswa akan mendapatkan informasi lengkap hingga pembekalan agar bisa berhasil masuk ke universitas yang diinginkan dengan biaya lebih murah.

Kursus Bahasa Jerman untuk Calon Karyawan

Jika calon mahasiswa S1 harus mengikuti Studienkolleg, bagaimana dengan kursus bahasa Jerman bagi calon pekerja? Bagi kamu yang memiliki angan-angan untuk kerja di Jerman bisa diwujudkan melalui Virtu Education. Jika memilih Virtu kamu tidak perlu lagi mencari agen penyalur kerja (Arbeitsagentur).

Kesulitan untuk menjadi pekerja di Jerman adalah mencari lowongan kerja. Belum lagi disesuaikan dengan umur yang mungkin sudah kelewat batasan. Nah untuk kamu yang ingin bekerja di Jerman, tidak perlu khawatir, Virtu Education sudah menyiapkan semuanya. Mulai dari belajar bahasa Jerman hingga sampai di Jerman untuk bekerja.

Kursus Bahasa Jerman

Langkah awal adalah belajar bahasa Jerman, tentu saja semuanya dimulai dari dasar. Untungnya jika kamu berniat untuk bekerja, pelajaran yang ditempuh tidak harus sampai level C2. Cukup level A2 hingga B1 saja sudah cukup. Bahkan pada beberapa jenis pekerjaan kamu cukup menguasai bahasa Jerman hingga level A2 saja.

Di Virtu kamu akan mendapat bimbingan belajar selama enam hingga sembilan bulan untuk mencapai level tersebut. Jika belum berhasil maka bisa mengulang lagi kursus dari awal. Berbeda dengan kursus bahasa Jerman untuk mahasiswa, bagi pekerja bahasa yang digunakan lebih banyak pada percakapan sehari-hari.

Bagaimana nantinya kamu bisa menggunakan bahasa Jerman untuk bersosialisasi dengan masyarakat di sana. Materi yang disampaikan tentunya tidak akan tegang karena banyak games-games yang bisa dimainkan.

Informasi Jenis Pekerjaan

Virtu juga menyediakan informasi sekaligus menyalurkan kamu yang sudah berhasil belajar sampai tahap A1 atau B1. Informasi tentang pekerjaan di Jerman setidaknya ada tiga yaitu Ausbildung, Aupair dan juga FSJ. Masing-masing informasi bukan sekedar diberikan saja, namun siswa akan dibimbing hingga akhirnya lolos ke Jerman untuk bekerja.

Ausbildung adalah program bekerja dan belajar yang diadakan oleh setiap perusahaan di Jerman. Tidak semua perusahaan di Jerman yang membuka program Ausbildung ini. Program kerja dan belajar bisa diikuti selama kurang lebih tiga tahun di beberapa bidang seperti chef, perhotelan atau teknik. Selama bekerja, kamu juga akan mendapatkan materi belajar. Kamu akan bekerja langsung di perusahaan dan mendapatkan gaji.

Aupair merupakan program pertukaran kebudayaan, dimana keluarga di Jerman mencari tenaga untuk bisa membantu merawat anak-anak mereka. Disinilah tenagamu dibutuhkan, tugas dan tanggung jawab adalah merawat anak. Tetapi banyak yang akan kamu dapatkan seperti tempat tinggal, gaji, dan kursus bahasa Jerman bisa sampai level C2. Program ini berjalan selama enam bulan atau satu tahun tergantung kesepakatan di awal.

FSJ, untuk mengikuti program kerja ini kamu hanya perlu level bahasa Jerman A1 saja. Pekerjaan ini adalah lebih ke arah volunteer dimana kamu akan bekerja di panti jompo atau panti asuhan. Sebelum bekerja akan banyak pembekalan yang diberikan sebagai tenaga perawat. Kamu akan mendapat fasilitas seperti gaji, tempat tinggal, transportasi dan masih banyak lagi. Bedanya adalah untuk program FSJ hanya berlangsung selama satu tahun.

Pengenalan Kehidupan Pekerja di Jerman

Setelah memilih bidang pekerjaan yang diminati, maka kamu akan mendapatkan informasi lengkap tentang bagaimana kehidupan di Jerman sebagai pekerja. Karena setelah bekerja kamu akan mendapatkan gaji, maka terapkan tips dan trik untuk memanage uang ketika tinggal di Jerman.

Hidup di Jerman sebagai pekerja tentulah lebih mudah daripada yang dibayangkan. Kamu akan diberikan informasi terkait hari libur, kontrak kerja seperti apa yang sebaiknya disepakati. Peraturan tentang hak dan kewajiban sebagai pekerja pun nantinya akan diinformasikan secara lengkap.

Membuat Curriculum Vitae

Sama seperti mendaftar kuliah, untuk bekerja kamu harus membuat CV yang terbaik. Semua berkas yang dibutuhkan dan harus disusun seperti apa nantinya akan dipelajari. Bimbingan untuk membuat curriculum vitae ini akan diadakan kelas khusus. Karena masing-masing pekerjaan membutuhkan cv yang berbeda-beda.

Misalnya saja cv untuk FSJ, selain data diri, pelamar juga harus menyertakan surat pengalaman kerja bahkan surat rekomendasi. Ini adalah salah satu syarat penting yang harus dipenuhi agar berhasil. Berbeda dengan FSJ, khusus aupair beberapa keluarga yang membutuhkan pekerja tidak menyertakan surat pengalaman kerja. Tapi mungkin saja syarat yang dibutuhkan adalah memiliki kemampuan untuk mengendarai mobil.

Syarat-syarat inilah yang akan diajarkan agar penulisan cv benar dan juga lengkap serat tepat sasaran.

Membuat Motivation Letter

Pembuatan surat motivasi untuk melamar pekerjaan berbeda dengan mendaftar ke Studienkolleg. Ada beberapa poin yang harus disampaikan seperti tujuan untuk mengikuti program tersebut. Baik itu aupair, ausbildung and  FSJ ketiganya perlu surat motivasi yang berbeda-beda.

Virtu Education akan mengajarkan kamu bagaimana cara menulis motivation letter yang sesuai. Melalui penulisan yang benar kesempatan untuk diterima pun akan semakin meningkat. Ada beberapa trik yang perlu diperhatikan seperti semua harus ditulis sendiri dan tidak mencontoh. Sebaiknya juga tidak menulis bahwa kamu akan menetap di Jerman tetapi setelah program selesai akan kembali ke Indonesia.

Mentoring

Kesiapan mental juga harus terus diperhatikan. Semakin dekat hari keberangkatan dan tes untuk penerimaan biasanya perasaan takut akan gagal akan sering muncul. Untuk itu perlu adanya mentoring untuk mengembalikan semangat dan meningkatkan motivasi untuk terus maju.

Mentoring ini dilakukan bukan hanya ketika di Indonesia saja sebagai persiapan tetapi juga ketika siswa sudah sampai di Jerman. Kamu akan belajar bagaimana cara hidup mandiri di Jerman sebagai warga negara yang baik. Ditambah lagi bagaimana cara beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan yang baru.

DAFTAR VIRTU

Fasilitas Buku dan juga Materi Pembelajaran

Ruang kelas yang nyaman, sarana peralatan belajar yang memadai tidak akan lengkap tanpa materi kursus bahasa Jerman yang sesuai. Virtu Education menyusun materi sendiri sehingga murid bisa mendapatkan materi yang sesuai dengan tujuannya belajar. Misalnya saja untuk ausbildung dan untuk persiapan masuk ke Studienkolleg. Maka kedua materi yang disampaikan akan berbeda.

Selain susunan materi khusus yang dibuat sendiri, ada juga buku pendamping yang akan didapatkan. Buku ini akan menjadi sarana belajar baik di dalam atau pun di luar kelas. Jadi jika kamu merasa masih kurang cukup belajar di dalam kelas, lanjutkan membaca di rumah.

Contoh buku yang digunakan untuk setiap levelnya adalah Netzwerk A1, A2 dan B1. Ketiga buku ini akan menjadi panduan utama khususnya bagi kamu yang ingin mengikuti program ausbildung. Masing-masing buku di setiap levelnya terbagi menjadi dua yaitu satu berisi kisi-kisi pembelajaran dan satu lagi berisi soal latihan.

Jadi cara belajarnya adalah mempelajari buku berisi kisi-kisi dalam satu bab, kemudian mengerjakan soal dalam buku satunya. Bukan hanya sekedar buku saja, kamu juga akan belajar melalui video dan audio pembelajaran berisi listening bahasa Jerman. Mempelajari buku ini ditambah dengan materi khusus tentunya akan mempermudah kamu menguasai setiap level.

Ada satu lagi tambahan yaitu materi yang berisi soal-soal TestDAF dan DSH. Jadi bagi kamu yang sudah menyelesaikan setiap level akan berlanjut ke tahapan tes tersebut. Virtu Education sudah menyiapkan simulasi tes mirip dengan aslinya sebagai persiapan sebelum menempuh tes sebenarnya.

Langkah-Langkah ke Jerman Bersama Virtu

Pergi ke Jerman dengan Virtu Education lebih mudah daripada kamu harus belajar di tempat kursus kemudian menghubungi agen. Hanya cukup di satu tempat saja kamu sudah bisa pergi ke Jerman dengan lebih mudah dan murah. Ada beberapa langkah yang akan kamu lalui mulai dari nol hingga akhirnya sampai ke Jerman untuk belajar atau bekerja.

Baik itu calon mahasiswa atau pekerja langkah-langkahnya kurang lebih sama. Berikut ini langkah-langkah yang akan kamu lakukan bersama Virtu Education.

1

Belajar Bahasa Jerman

Setelah selesai mendaftar dan membayar kamu akan langsung masuk ke kelas bahasa Jerman super intensif. Lamanya proses belajar yang dijadwalkan adalah empat bulan dengan satu bulan garansi. Selama waktu empat bulan ini kamu akan belajar mulai dari nol yaitu level A1, berlanjut ke A2 dan terakhir B1. Disetiap level nantinya akan ada tes yang diselenggarakan.

Hasil tes akan menentukan apakah kamu nantinya bisa naik ke level berikutnya. Jika semua proses berjalan dengan lancar tanpa ada pengulangan maka dalam waktu empat bulan kamu akan menyelesaikan level B1. Artinya kamu sudah cukup siap untuk berangkat ke Jerman.

2

Ujian Bahasa

Kamu mungkin sudah menyelesaikan tes yang diselenggarakan oleh Virtu Education di level B1. Tapi bukan berarti tes berhenti di situ saja. Langkah selanjutnya adalah mengikuti ujian bahasa di Goethe Institut untuk mendapatkan sertifikat. Hasil dari sertifikat inilah yang akan dijadikan pegangan kamu melamar pekerjaan dan mendaftar ke universitas. Jadi sebaiknya persiapkan diri dengan baik agar sekali tes kamu mendapatkan skor yang terbaik.
3

Pengiriman Berkas

Selanjutnya adalah mengirimkan berkas setelah hasil dari ujian bahasa keluar. Semua berkas baik itu untuk mendaftar ausbildung, aupair, FSJ dan juga Studienkolleg akan dikirimkan oleh Virtu Education. Jadi kamu cukup menunggu hasil seleksi administrasi dari semua berkas yang sudah dikirimkan. Langkah ini juga sama jika kamu hendak mengirimkan berkas pendaftaran beasiswa.
4

Interview

Khusus untuk bekerja maka akan ada tambahan langkah yaitu wawancara khususnya FSJ dan juga aupair. Interview biasanya dilakukan secara online, jadi kamu tidak harus pergi ke Jerman langsung hanya untuk wawancara. Prosesnya tidak terlalu sulit, karena kamu hanya perlu berbicara bahasa Jerman dengan lancar dan nyaman. Interview merupakan salah satu bentuk tes untuk menentukan apakah kamu nantinya diterima untuk bekerja.
5

Pengurusan Visa

Semua urusan visa kamu hanya perlu mengumpulkan berkasnya saja. Baik itu visa pelajar dan juga visa kerja. Pengurusan ini akan dilanjutkan apabila hasil interview dan juga seleksi berkas mendapatkan lampu hijau. Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan visa hanya selama beberapa minggu saja. Selama pengurusan visa, kamu akan mendapatkan pembekalan terlebih dahulu sebelum berangkat.
6

Keberangkatan dan Tiba

Selesai pengurusan visa kamu akan langsung diberangkatkan ke Jerman. Jangan panik, karena sesampainya di Jerman kamu tidak akan langsung dilepas begitu saja. Kamu akan naik pesawat sendiri, tetapi sesampainya di Jerman pihak Virtu akan ada yang menjemput. Jadi kamu tidak akan kebingungan setelah sampai di Jerman.
7

Pendampingan di Jerman

Ada beberapa pendampingan yang akan terus dilakukan oleh Virtu Education, seperti pengantaran sampai ke tempat tinggal sementara. Jika kamu kuliah dan belum mendapat asrama atau tempat tinggal tetap, jangan khawatir karena sudah disiapkan sebelumnya. Kamu juga akan didampingi ketika pembuatan asuransi kesehatan yang menjadi syarat wajib di Jerman.

Hingga sampai masalah transportasi, seperti pembuatan tiket juga akan dibantu. Jangan lupa, kamu juga harus melakukan wajib lapor ke KBRI di Jerman. Kamu juga akan diajak berkenalan dengan orang-orang Jerman, tempat wisata, tempat ibadah, hingga tempat kerja atau universitas nantinya.