Mewujudkan Impian Kuliah Kedokteran di Jerman dengan Mudah

By 11/12/2018 Jerman
sekolah kedokteran

Kuliah Kedokteran di Jerman – Banyak anak-anak yang bercita-cita menjadi dokter, nah untuk mewujudkan cita-cita tersebut kuliah di Jerman akan menjadi jawabannya. Menjadi seorang dokter bukanlah impian yang singkat ada perjalanan panjang yang harus ditempuh. Untuk menjadi dokter masa kuliah lebih panjang dibandingkan jurusan lain yakni mencapai 6 tahun. Waktu itu belum termasuk menjadi dokter spesialis.

Mengapa Jerman? Karena di Jerman pendidikan kedokteran menawarkan kualitas tinggi dengan biaya kuliah kedokteran di Jerman yang murah. Peralatan dengan teknologi terkini mudah didapatkan di tingkat universitas, banyak juga penelitian yang dapat dilakukan di sana.

Struktur pendidikan yang didapatkan selama enam tahun ada 4 fase yakni sebagai berikut :

1. Fase pra klinikal

Pada fase ini ada empat semester atau dua tahun lamanya yang harus ditempuh. Para siswa akan dikenalkan dengan dasar-dasar ilmu kedokteran dan obat-obatan. Pembelajaran yang diajarkan juga termasuk pemeriksaan medis pertama.

2. Fase Klinik

Pada fase ini siswa akan belajar selama enam semester yakni tiga tahun. Dalam waktu tersebut banyak yang diajarkan mulai dari teori kedokteran yang lebih tinggi dan praktek kedokteran. Ada banyak seminar kedokteran yang harus diikuti.

3. Fase Praktek

Inilah materi utama yang wajib dikuasai oleh calon dokter masa depan yakni praktek langsung. Masa praktek ini bisa dilakukan di rumah sakit atau di klinik. Di Jerman banyak universitas kedokteran yang juga memiliki rumah sakit jadi akan sangat mudah melakukan praktek selama satu tahun ini. Materi yang akan dipelajari adalah operasi, pengobatan dalam, dan beberapa subjek khusus. Fase ini akan memberikan banyak pengalaman dan persiapan diri dengan matang.

Baca Juga:  3 Motivasi Sekolah di Jerman Untuk Kuliah S1, S2 dan S3

kuliah kedokteran jerman4. Ujian Negara

Jika tiga fase yang dilakukan dalam kuliah berjalan dengan baik maka sebelum dinyatakan lulus akan ada ujian negara yang dilalui. Ujian ini adalah ujian standar nasional dari negara Jerman. Setelah dinyatakan lulus maka siswa bisa memiliki lisensi praktek dan mulai karir di bidang kedokteran.

Setelah menempuh pendidikan pertama enam tahun kedokteran barulah mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya akan mendapatkan gelar spesialis. Menjadi dokter spesialis juga tergantung dengan minat, karena membutuhkan waktu setidaknya lima hingga enam tahun untuk menguasai materi.

Bagi yang ingin kuliah kedokteran di Jerman maka harus melakukan pembuktian kemampuan yang baik dalam bahasa Jerman atau semua hal yang berkaitan dengan negeri Hitler tersebut. Khususnya kemampuan dalam ilmu pengetahuan sebelum masuk ke jurusan kedokteran.

Penting juga untuk memilih fakultas kedokteran terbaik di Jerman di universitas ternama. Ada banyak sekali universitas yang menawarkan jurusan kedokteran dengan beragam beasiswa. Sehingga untuk belajar kedokteran dalam waktu yang lama tidak perlu khawatir akan biaya, yang diperhatikan tentu saja kemampuan untuk bisa lulus tepat waktu.

Ada beberapa rekomendasi universitas yang menyediakan jurusan kedokteran dengan kualifikasi pendidikan yang bagus. Universitat Heidelberg yang merupakah universitas Harvard-nya Jerman dengan reputasi terbaik internasional. Adapula Charité Universitätsmedizin yang merupakan sekolah kedokteran tertua di Berlin. Walaupun sekolah tertua namun banyak penelitian yang dilakukan di institusi ini.

Baca Juga:  Wajib Tahu, Inilah 7 Pelayanan Kedutaan Jerman Di Jakarta

Universität Witten/Herdecke adalah sekolah ternama di negara Jerman. Untuk bisa masuk ke universitas ini ada serangkaian tes yang cukup sulit. Universitätsklinikum Tübingen yang merupakan universitas tertua yang diakui secara internasional. Universität Freiburg yang telah melahirkan banyak dokter terkemuka dan menerima murid cukup banyak setiap tahunnya. Peluang untuk masuk universitas ini cukup tinggi.

Virtu Education

Author Virtu Education

More posts by Virtu Education

Leave a Reply