Tak Perlu Pikir Panjang untuk Kuliah di Turki, Ini Caranya

By 11/07/2020 Turki
kuliah di turki

Kuliah di Turki – Apa sih untungnya kuliah di luar negeri? Bukannya universitas di Indonesia saja sudah banyak? Memang sebuah pilihan besar untuk bisa kuliah di luar negeri, apalagi jika ada dananya.

Bisa menuntut ilmu di luar negeri tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, ditambah lagi ada banyak pengalaman baru yang akan kamu dapatkan. Mengajarkan kemandirian dan setelah lulus untuk bisa kerja di luar negeri pun lebih mudah.

Ada salah satu negara yang menawarkan biaya kuliah tidak mahal, yaitu Turki. Bagi kamu yang selama ini menentukan untuk kuliah di Amerika, Inggris atau Australia perlu mempertimbangkan Turki sebagai negara pilihan. Jika dibandingkan ketiga negara yang sering menjadi destinasi belajar mahasiswa internasional, Turki juga menawarkan segudang keunggulan loh.

Sebagai pedoman bagaimana kuliah di Turki, yuk cari tahu apa saja keuntungannya jika kamu kuliah di sana. Berapa banyak biaya hidup yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara kamu bisa kuliah. Informasi ini juga bisa kamu bandingkan dengan kuliah di negara lainnya supaya tepat dalam memilih negara untuk kuliah nanti.

5 Keuntungan yang Didapatkan Ketika Kuliah di Turki

cara cKuliah di Turki

Banyak perguruan tinggi di Turki terbuka untuk mahasiswa internasional dan untungnya lagi bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Jadi kamu hanya perlu mahir bahasa Inggris untuk bisa belajar, nantinya sambil kuliah kamu bisa juga ikutan kursus bahasa Turki.

Keuntungan bisa kuliah di negara Turki bukan sekedar mencari pengalaman hidup saja, di mana kamu benar-benar belajar mandiri.

Ada beberapa keuntungan lainnya mengapa Turki menjadi tujuan utama untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Hal ini berkaitan dengan negara Turki itu sendiri serta universitasnya. Apa saja itu?

1. Negara Modern dengan Kebudayaan yang Beragam

Dua kota modern di Turki yaitu Istanbul dan Ankara menjadi pusat tujuan liburan wisatawan mancanegara. Istanbul adalah kota terbesar yang modern dan hanya dihuni 12 juta penduduk, membuatnya sebagai kota paling nyaman di Asia dan Eropa.

Kota ini juga menjadi pusat budaya yang memiliki banyak tempat tujuan liburan seperti Haghia Sophia dan Blue Mosque.

Kota Ankara sendiri merupakan kota kosmopolitan sepanjang sejarah Turki. Ada begitu banyak reruntuhan bersejarah yang menjadi tempat para arkeolog. Dan untungnya lagi kedua kota ini memiliki banyak universitas terbaik yang bisa kamu pilih.

Baca Juga:  10 Universitas Terbaik di Turki, Mana Pilihanmu?

2. Masyarakat yang Ramah dan Makanan yang Lezat

Kamu juga tidak perlu khawatir soal beradaptasi dilingkungan baru. Masyarakat Turki sangat welcome dengan warga asing apalagi kepada mahasiswa internasional. Justru dengan orang asing mereka bisa berlatih percakapan bahasa Inggris sehingga tidak akan ragu untuk menyapa terlebih dahulu. Mereka seringkali mengajak untuk sarapan atau sekedar menikmati minum teh bersama dengan para tetangga.

Untuk soal lidah, hidangan di Turki sangat beraneka ragam. Perpaduan antara Timur tengah, Kaukasia, Balkan dan Mediterania hingga rasa masakan Asia akan kamu temukan. Ada begitu banyak varian kebab yang enak dan pastries di kaki lima. Selain itu juga hidangan berbahan seafood sangat mudah ditemukan.

3. Udara yang Sejuk dengan Pemandangan Alam Menakjubkan

alasan kuliah di turki

Iklim di Turki cukup moderat dimana di kota Izmir dan Istanbul memiliki cuaca yang hangat saat musim panas dan di musim dingin cuaca hanya lembab tidak terlalu dingin. Kota Ankara juga memiliki udara yang hangat saat musim panas namun di musim dingin sangat dingin dan bersalju.

Udara yang nyaman membuat kamu sangat betah dan di hari libur kuliah nikmati keindahan alam Turki. Negara ini memiliki 5 ribu miles panjang pantai dengan Laut Hitam di daerah Utara dan Laut Mediterania di bagian selatan. Di bagian timur laut terdapat pegunungan Kackar yang menjadi tempat terkenal sebagai pendakian dengan pemandangan alam yang sangat indah.

4. Pendidikan Bertaraf Internasional yang Murah

Negara Turki adalah salah satu negara dengan perkembangan ekonomi cukup pesat, berada di urutan nomor dua setelah China. Di bidang pendidikan pun cukup maju, di mana lulusan Turki akan dihormati di seluruh dunia. Ditambah lagi dengan penggunaan bahasa Inggris sebagai pengantar kuliah memudahkan siapa saja untuk belajar dan memilih program studi yang diinginkan.

Selain pendidikannya yang baik, biaya kuliah di Turki pun lebih rendah dibandingkan negara Eropa dan Amerika. Biaya murah ini bukan hanya didapatkan mahasiswa penduduk asli tetapi juga mahasiswa internasional. Belum lagi beasiswa pemerintah dan universitas pun cukup banyak untuk dapat diandalkan.

Sebelum memilih Turki, kamu juga perlu tahu bagaimana sistem pendidikan di Turki berjalan. Sistem Bologna telah diberlakukan sejak tahun 2001 yang membuat lulusan Turki setara dengan lulusan dari negara di Eropa. Kelebihan dari sistem ini tentunya berpengaruh dengan masa depan. Seperti kualifikasi kerja dan juga sistem akreditasi baru.

Jadi apakah kamu sudah siap untuk mencari pengalaman kuliah di Turki? Yuk ketahui juga berapa biaya kuliah dan biaya hidup selama tinggal di sana.

Kisaran Biaya Kuliah dan Hidup Selama di Turki

Biaya Kuliah dan Hidup Selama di Turki

Untuk biaya kuliah di Turki sendiri tergantung dengan jurusan yang diambil. Contohnya saja untuk universitas Istanbul jurusan hukum biayanya sekitar 4.500 Lira per tahunnya atau setara dengan 13,5 juta rupiah. Beda lagi jika kamu mengambil jurusan ekonomi bisa lebih murah lagi yaitu 2.600 Lira atau sama dengan 7,8 juta per tahunnya.

Biaya paling mahal adalah jurusan terbaik di Turki yaitu kedokteran yang per tahunnya sekitar 17.500 Lira atau 52 jutaan rupiah setahun. Tapi beda universitas tentunya beda lagi biayanya. Lalu bagaimana biaya untuk hidup selama di Turki?

Hidup di Turki sebagai mahasiswa termasuk sangat murah. Mulai dari tempat tinggal hingga makanan sehari-hari. Berikut ini gambaran rincian biayanya.

* Tempat tinggal : 105 hingga 800 Lira per bulan (dari asrama hingga sewa rumah)

* Makan : 6-30 Lira (untuk sekali makan, lebih murah lagi jika kamu memasak sendiri)

* Pulsa : 10 – 100 Lira (untuk telepon dan juga kuota internet)

* Pakaian : 40 hingga 200 Lira (lebih banyak dihabiskan untuk pakaian musim dingin)

* Transportasi : 1,75 hingga 3 lira (untuk mahasiswa mendapatkan student card untuk mendapatkan potongan harga bisa 1-1,40 lira).

Baca Juga:  Mengintip Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Turki, Mahalkah?

Beberapa mahasiswa pun bisa lebih murah hidupnya ketika mendapatkan jatah masjid yaitu berupa bahan-bahan pokok. Seperti telur, beras, mi, dll yang akan lebih menghemat pengeluaran. Soal biaya hidup di Turki ini tergantung bagaimana gaya hidup yang akan kamu jalani selama tinggal di sana.

Cara Mudah untuk Kuliah di Turki

Cara Mudah untuk Kuliah di Turki

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk bisa kuliah di negara Turki? Artinya memulai saat ini kamu harus bersiap diri. Ada beberapa cara kuliah di Turki yang bisa kamu ikuti. Pertama adalah melalui beasiswa di mana kamu bisa mendaftar langsung melalui lembaga penyelenggara beasiswa.

Cara kedua adalah dengan jalur mandiri yang bisa dilakukan langsung sendiri atau melalui agen. Tapi di antara mendaftar sendiri dan melalui agen perlu pertimbangan yang cukup matang.

Jika melalui agen, artinya kamu harus mempersiapkan uang yang cukup banyak. Sedangkan jalur mandiri kamu tidak mengeluarkan banyak uang tetapi harus berusaha dengan lebih baik. Kamu harus mempersiapkan semua persyaratan sendiri dan update terhadap informasi terbaru.

Setidaknya ada tiga langkah penting yang harus dilakukan sebelum akhirnya bisa langsung kuliah yaitu sebagai berikut:

1. Persiapan

Pada tahapan persiapan ini bisa dilakukan satu tahun sebelumnya. Kamu harus mulai dengan belajar bahasa Inggris dari dasar karena ini adalah salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi. Sambil belajar kamu bisa mencari informasi lengkap mengenai universitas di Turki mana saja yang bertaraf internasional, apa saja syaratnya dan kapan pendaftaran akan dimulai.

Biasanya untuk awal semester dimulai bulan Oktober jadi tiga bulan sebelumnya pendaftaran sudah dimulai. Sambil Mencari informasi kamu juga bisa menentukan jurusan apa saja yang kira-kira menarik untuk dipelajari. Jangan lupa juga untuk memperhatikan prospek kerja dari jurusan tersebut sehingga kamu bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus

Untuk mencari informasi lengkap kamu bisa mengunjungi website resmi dari masing-masing universitas. Jika terdapat beberapa pertanyaan kamu bisa mengirim email atau telepon langsung untuk mendapatkan informasi yang akurat. Beberapa universitas terbaik di Turki antara lain adalah Universitas Istanbul, Middle East Technical University (METU), Universitas Bogazici, Universitas Koc, dll.

Baca Juga:  Pentingnya Ikut Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

2. Pendaftaran

Saatnya pendaftaran tiba kamu harus mengecek satu per satu dari universitas pilihan. Cek kembali apa saja syarat yang dibutuhkan dan apakah kamu sudah memenuhi semuanya. Sebelum pendaftaran berlangsung, ada baiknya jika kamu sudah mempersiapkan semua syarat lengkapnya. Seperti sertifikat bahasa Inggris baik itu TOEFL atau IELTS, ijazah dan transkrip nilai yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah bersertifikasi, serta dokumen pendukung lainnya.

Ketika semua syarat sudah siap maka akan lebih mudah untuk bisa lebih cepat mendaftar. Jangan mendaftar mendekati batas waktu yang ditentukan karena lebih cepat akan lebih baik. Kamu juga tidak akan ketinggalan syarat pendaftaran jika mendaftar lebih awal. Setelah pendaftaran biasanya calon mahasiswa harus menunggu pengumuman selama beberapa minggu.

Ada juga persyaratan yang membuat kamu harus mengikuti ujian masuk di Indonesia. Maka catat tanggal tes dan persiapkan dirimu dengan baik untuk mengikutinya. Hasil tes biasanya akan dikirimkan melalui email atau pos surat.

3. Keberangkatan

Bagi kamu yang sudah mendapatkan surat keterangan diterima maka selanjutnya harus segera membuat asuransi, membeli tiket pesawat, mengurus visa pelajar Turki hingga mencari tempat tinggal. Asuransi kesehatan sangat wajib dimiliki oleh mahasiswa internasional dan kamu bisa membelinya melalui lembaga swasta.

Sedangkan untuk membuat visa harus dilakukan langsung di kedutaan Turki di Indonesia. Siapkan segera semua syarat pembuatan visa pelajar dan buat jadwal pembuatannya dengan pihak kedutaan. Visa ini cukup memakan waktu yang lama yaitu 8 minggu dalam waktu jam kerja dan harus dilakukan sendiri tanpa perwakilan.

Setelah membuat visa pelajar, barulah kamu bisa membeli tiket pesawat untuk berangkat ke Turki. Sambil mencari tiket pesawat kamu bisa mencari tempat tinggal sementara di dekat kampus. Selesai semuanya, kamu bisa langsung berangkat untuk kuliah.

Cukup mudah bukan cara kuliah di Turki secara mandiri? Kamu pun bisa memulai langkah untuk mewujudkan impian ini dengan belajar bahasa Inggris terlebih dahulu di Virtu Education. Di sini kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak trik lagi supaya lancar mempersiapkan untuk kuliah.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×