Ayo ke Jerman!

Kami adalah VIRTU, An Ethical Boutique European Learning Center berbasis di Jakarta

6 Langkah Kuliah di Jerman

Panduan kami memperlihatkan bagaimana anda bisa kuliah di Jerman dengan 6 langkah mudah!

1. CARI PROGRAM DAN UNIVERSITAS

Apakah anda sedang mencari program studi atau universtias yang tepat? Kami memiliki data lebih dari 17,500 program!

2. PENUHI PERSYARATAN

Ujian masuk universitas, kuasai bahasa Jerman, visa – ini merupakan syarat mutlak untuk kuliah di Jerman!

3. DAFTAR PROGRAM

Ada beberapa cara untuk mendaftar di sebuah universitas di Jerman. Prosedur aplikasi itu tergantung dari subjek mana yang ingin pelajari dan asal anda.

4. TEMUKAN AKOMODASI

Murid di Jerman biasanya tinggal di kampus atau di akomodasi privat. Kami menyarankan mencari akomodasi terlebih dahulu sebelum terbang ke Jerman.

5. DAFTAR DI UNIVERSITAS

Setiap murid harus daftar di kampus sebelum memulai kuliah. Sertifikat konfirmasi pendaftaran itu disebut “Immatrikulationsbescheinigung”. Sebuah dokumen yang krusial yang akan selalu anda butuhkan di kemudian hari.

6. PENUHI FORMALITAS

Setelah anda menemukan akomodasi, sebaiknya anda langsung mendaftar di Resident Registration Office lokal. Di sini anda akan mendapatkan konfirmasi pendaftaran atau Meldebestätigung. Apabila dokumen ini sudah di tangan, maka anda dapat mendafar untuk izin tinggal.

BUKTI SUMBER DAYA KEUANGAN

Biasanya pada saat Anda mengajukan visa sebelum ke Jerman, bukti sumber daya keuangan kita akan diminta. Mengapa demikian? Bukti ini diperlukan sebagai jaminan yang menunjukkan bahwa Anda dapat membiayai kuliah di Jerman; Anda akan diminta untuk memperlihatkan kepemilikan dana sekitar €8800 untuk periode satu tahun. Dokumen ini bisa bermacam-macam bentuknya, seperti uang jaminan dalam rekening yang di blok, laporan laba rugi usaha orang tua, jaminan bank atau beasiswa yang terdaftar dan diakui oleh pemerintah Jerman.

AKUN DIBLOKIR

Tidak sedikit siswa yang memakai akun yang telah diblokir dalam membiayai studi mereka di Jerman, jadi uang yang ada di dalam akun tersebut tidak bisa digunakan hingga anda tiba di negara tersebut. Dokumen ini sangatlah penting untuk dipersiapkan dari awal.

Formulir yang terisi, salinan paspor, harus disertifikasi oleh misi diplomatik Jerman yang ada di negara asal Anda sebelum di transfer ke bank yang diinginkan di Jerman. Ada biaya yang akan dikenakan oleh pihak Bank dalam menyediakan akun yang diblokir, biayanya itu sekitar €50 – €150. Setibanya di Jerman, Anda dapat mengakses uang tersebut dengan menggunakan kartu EC.

Sebuah ide yang baik untuk mempersiapkan hal ini dari sejak dini walaupun ini merupakan persyaratan mutlak penerimaan. Mengapa? Tidak sedkiti pihak universitas yang akan meminta informasi tambahan status keuangan Anda agar dapat di verifikasi kalau anda memang mampu secara finansial untuk menempuh kuliah Jerman.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat menunjukkan bahwa Anda mampu membiayai studi :

  • Pembayaran keamanan dapat disetorkan ke akun yang diblokir.
  • Jaminan dari pihak bank.
  • Seseorang yang memiliki tempat tinggal permanen di Jerman dapat menjamin Kantor Pendaftaran Orang Asing untuk membiayai pengeluaran Anda selama di sana.
  • Memberikan bukti penghargaan beasiswa dari penyedia beasiswa yang telah diakui. Jangan lupa bertanya di kedutaan Jerman yang ada di negara Anda mengenai bukti keuangan apa yang dibutuhkan.
  • Orang tua Anda dapat menyertakan dokumen yang memberikan informasi tentang pendapatan dan aset.

Beberapa Hal Agar Akun Diblokir Bisa Terbuka Saat Hendak Kuliah Jerman

Membuka akun yang diblokir tidaklah sesulit yang dibayangkan. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda tahu:

1. Lakukan Lebih Awal

Ada beberapa bank yang dapat Anda datangi untuk membuka akun yang diblokir, sebagai caontoh saja ada “Deutsche Bank” atau “Fintiba”. Tidak butuh waktu yang lama dalam mengurus dokumen ini, kurang lebih satu minggu. Namun ketika semester sudah dimulai, proses ini bisa membutuhkan waktu lebih lama dari normal.

Oleh karena itulah kami menyarankan Anda segera melengkapi aplikasi untuk akun yang diblokir dari jauh hari saat sudah memutuskan untuk kuliah di Jerman.

Lalu bagaimana cara mendapatkan aplikasinya? Cukup kirim e-mail ke Deutsche Bank di db.student@db.com atau anda bisa membuka akun online di situs web Fintiba atau situs web x-patrio.

2. Melengkapi dokumen dan aplikasi

Langkah berikutnya yaitu melengkapi formulir serta salinan paspor Anda yang telah disahkan oleh kedutaan Jerman di negara Anda. Dengan begitu Anda harus mengirimkan dokumen tersebut ke Deutsche Bank. Satu hal yang perlu dicatat: Dokumen tersebut jangan dikirim dalam bentul digital melalui email atau berbentuk scan via faks; bank hanya mau menerima dokumen asli.

Deutsche Bank Privat und Geschäftskunden AG
Pusat Layanan Hamburg / Ausländische Studenten
Alter Wall 53
20457 Hamburg
Deutschland / Jerman

Pilihan lain yaitu dengan membuka akun Anda secara online di situs web Fintiba atau di situs web x-patrio.

3. Buka akun Anda

Apabila dokumen telah dalam proses, bank akan membuat akun yang diblokir. Patut diketahui ada biaya yang satu kali bayar saja sekitar €50-€150. Begitu akun telah selesai dibuat, Anda diharapkan segera menyetor uang setidaknya sebessar € 8.700.

4. Tarik uang

Begitu Anda tiba di Jerman, segera buat janji di kantor cabang bank terdekat. (Ini tidak harus selalu “Deutsche Bank” – ada pilihan bank lainnya di Jerman, misalnya “Sparkasse” atau “Volksbank”.) Staff bank akan membantu Anda mendapatkan kartu EC, dimana kartu tersebut dapat menarik uang dari ATM, serta memberi Anda data login untuk kegiatan perbankan secara daring.