Catat, Ini 5 Jurusan Terbaik Untuk Kuliah di Jerman S2

By 11/10/2021 Jerman

Berkesempatan kuliah di Jerman merupakan keinginan banyak orang. Ada keuntungan-keuntungan yang hanya bisa didapat dengan kuliah di Jerman seperti berpeluang masuk ke universitas kelas dunia dan juga penggratisan biaya kuliah di tingkat S1.

Lalu bagaimana dengan mereka yang berminat melanjutkan S2 di Jerman? Walaupun belum ada peraturan yang menggratiskan biaya kuliah S2 untuk pelajar asing, masih ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mendaftar beasiswa.

Ada banyak institusi yang menyelenggarakan beasiswa S2 di Jerman seperti DAAD dan Erasmus Mundus serta yayasan-yayasan milik Jerman seperti Heinrich Böll dan Friedrich Ebert. 

Akan tetapi persiapan yang harus dilakukan tidak hanya dengan mendapatkan beasiswa saja, tapi kamu juga harus menentukan jurusan mana yang paling sesuai dengan minat dan perkembangan zaman.

Jangan sampai kamu berhenti kuliah ditengah jalan karena tidak sesuai dengan minat atau merasa pilihan pekerjaan setelah lulus nanti tidak memberikan masa depan yang menjanjikan.

Jadi kamu perlu melakukan riset cukup dalam terkait dengan jurusan dan universitas yang kamu incar, apakah sesuai dengan ekspektasi atau tidak.

Daftar Jurusan Bidang Studi Kuliah di Jerman S2 

Daftar Jurusan Bidang Studi Kuliah di Jerman S2 
Jika kamu masih bingung untuk memilih, artikel ini akan menginfokan beberapa bidang studi di tingkat S2 yang paling diminati di Jerman dan sudah terjamin akreditasi dan kompetensinya. Berikut ini 5 jurusan populer untuk kuliah di Jerman S2 yang bisa menjadi pilihan.

  • Administrasi Bisnis

Administrasi bisnis merupakan salah satu jurusan kuliah di Jerman S2 yang populer karena banyaknya institusi pendidikan di Jerman yang membuka jurusan ini. Terhitung ada lebih dari seratus program S2 di bidang administrasi bisnis di Jerman.

Lulusan Administrasi Bisnis S2 di Jerman akan menyandang gelar Master of Business Administration (M.B.A) tapi terdapat pula program studi khusus yang memberikan gelar Master of Science (M.Sc.) dan Master of Arts (M.A.)

Program Magister ini akan mengajarkan bagaimana cara menghasilkan keuntungan dan mengembangkan bisnis sebesar-besarnya dengan menggunakan sumber daya serendah-rendahnya. 

Studi ini meliputi cara perencanaan produksi, pengambilan keputusan, manajemen proyek, serta pengalokasian SDM dan keuangan sesuai dengan tujuan, prosedur, dan kebijakan perusahaan.

Dengan keahlian ini, kamu bisa semakin mudah melihat data-data untuk mengevaluasi kesuksesan dan potensi dari bisnis yang dijalani.

Bisa dikatakan gelar M.B.A. adalah kualifikasi yang dibutuhkan jika kamu ingin mendapatkan posisi manajer di titik tertinggi. Berikut ini beberapa universitas terbaik yang menyediakan jurusan ini:

  • M.Sc. in Business Administration di Goethe University Frankfurt
  • M.B.A. in Business Administration di EBS University of Business and Law
  • M.B.A. in Business Administration di Berlin School of Business and Innovation
  • Arsitektur

Jerman adalah pelopor gaya-gaya arsitektur yang menarik, mulai dari estetika bangunan di zaman renaissance dan baroque hingga modernisasi rumah bergaya Bauhaus yang unggul akan utilitas dan ketahanannya. 

Dengan kuliah di Jerman S2 jurusan arsitektur, kamu bisa mengeksplorasi kreativitas mu lebih lanjut berkat kemajuan ilmu desain, struktur desain dan arsitektur lanskap di sana. 

Selain itu mahasiswa juga beradaptasi dengan perkembangan teknologi dengan mendapatkan pengajaran software komputer seperti CAD (Computer-Aided Design) yang membantu mengoptimalkan pekerjaan desain arsitektur.

Jika kamu memiliki passion di bidang seni, desain serta pembangunan, maka disiplin ilmu ini sangatlah cocok untuk dipilih. 

Beberapa universitas Jerman yang menyediakan S2 jurusan arsitektur diantaranya adalah:

  • M.A. in Architecture di SRH University Heidelberg
  • M.Sc. in Integrated Urban Development and Design di Bauhaus University Weimar
  • M.Sc. in Landscape Architecture di Anhalt University
  • Hukum

Program studi hukum di Jerman merupakan jurusan S2 favorit lainnya di Jerman. Kamu akan berlatih untuk menjadi praktisi hukum yang memiliki pengetahuan mendalam mengenai sistem hukum di Jerman.

Gelar yang didapatkan setelah menyelesaikan kuliah di Jerman S2 jurusan hukum adalah LL.M. atau kepanjangannya Legum Magister.

Gelar ini sangat berhubungan erat dengan sistem hukum di Jerman dan negara Uni Eropa lainnya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi penyandang gelar ini untuk mendapatkan izin praktik hukum di luar Eropa jika menurut hukum di negara tersebut, gelar LL.M. adalah kualifikasi yang diakui. 

Selain dalam lingkup yudikatif, kamu juga bisa mengembangkan karir di area lainnya seperti hukum bisnis, asuransi, HAM, dan Ekonomi.

Berikut ini beberapa universitas di Jerman dengan program magister hukum:

  • LL.M. in Business Law di Mainz University of Applied Sciences
  • LL.M. in Insurance Law di University of Hamburg
  • LL.M. in International Economic Law di Leuphana University of Lüneburg

    Teknik

Sudah banyak orang yang tahu bahwa Jerman adalah salah satu negara pengekspor mobil terbesar di dunia berkat banyaknya brand-brand mobil buatan mereka yang diminati seperti Audi, Volkswagen, Porsche, BMW dan Mercedes-Benz.

Untuk tetap dapat bersaing di pasar Internasional, sampai saat ini Jerman terus mengembangkan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas produk mereka. Sehingga tidak heran jika keilmuan di bidang teknik produksi otomotif sangat berkembang di Jerman.

Akan tetapi ada banyak bidang ilmu lain yang termasuk ke dalam kejuruan teknik di Jerman yang tidak kalah maju. Kamu bisa menemukan jurusan kuliah di Jerman S2 seperti teknik elektro, teknik komputer, teknik sipil, teknik mesin, mekatronika dan robotika, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, jika kamu ahli dalam ilmu eksak, tidak ada salahnya melanjutkan kuliah teknik di Jerman. Apalagi estimasi gaji sebagai teknisi di sana sangat menjanjikan.

Beberapa pilihan universitas Jerman dengan jurusan teknik adalah sebagai berikut:

  • M.Eng. in Automotive Production di Technische Hochschule Ingolstadt
  • M.Eng. in Mechatronics and Robotics di Schmalkalden University of Applied Sciences
  • M.Eng. in Electrical Engineering di University of Applied Sciences Ravensburg-Weingarten
  • M.Eng. in Civil Engineering di University of Applied Sciences Mittelhessen

    Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
    IT

Kita telah sadar bahwa sudah banyak alat-alat bersistem komputer yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari telepon genggam pribadi hingga fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk umum.

Perubahan inilah yang menjadi alasan mengapa ahli ilmu komputer dan IT paling dicari di mana-mana dan tidak hanya di Jerman saja. 

Dengan melimpahnya lowongan pekerjaan di bidang IT dan komputer, menguasai ilmu di bidang ini bisa menjadi langkah yang tepat untuk masa depan karirmu.

Pada program magister IT dan Komputer di Jerman, kamu akan mendalami pengetahuan lebih lanjut mengenai komputasi, software, hardware, sistem komputer dan bahasa pemrograman. Nantinya ilmu ini menjadi modal kamu untuk menciptakan software-software yang bekerja sesuai dengan fungsinya.

Karena IT dan Ilmu Komputer memiliki banyak spesialisasi dan bersinggungan dengan bidang-bidang pekerjaan lainnya, program yang dibuka pun sangat banyak. Bahkan di Jerman sendiri terdapat 200 lebih program studi yang khusus mempelajari bidang keilmuan ini.

Beberapa contoh universitas Jerman terbaik yang menyelenggarakan jurusan ini adalah: 

  • M.Sc. in Information Systems di University of Köln
  • M.Sc. in Computer Science di University of Bonn
  • M.Sc. in Data Science di University of Potsdam

Itu dia 5 jurusan kuliah di Jerman S2 dengan prospek kerja dan estimasi gaji yang menjanjikan. Jika kamu berminat kuliah di Jerman, ayo mendaftar ke Virtu Education untuk mendapatkan konsultasi kuliah di luar negeri yang terbaik di Indonesia. 

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×