Sekelumit Sejarah Kota Paris Perancis sebagai Ibukota Negara

By 25/02/2019 Perancis
sejarah kota paris perancis

Kota Paris Perancis – Setiap ibukota negara memiliki sejarah yang berbeda-beda. Perpindahan ibukota negara juga hal yang biasa karena masalah politik atau pergantian kekuasaan yang terjadi. Negara di Eropa yang memiliki ibukota paling kuat dan jarang berganti adalah Perancis.

Paris menjadi kota penting di Perancis sejak abad ketiga sebelum Masehi dimana suku Celtic yang disebut dengan Parisii membangun pemukiman berbenteng di Ile de la Cite. Pada akhir abad ke 3 SM, kaum Frank menaungi Paris dan membuat kota ini berkembang.

Baca Juga:  4 Hal Menarik Seputar Kuliah di Perancis yang Perlu Diketahui

Pada tahun 845 Viking menyerang and raja Paris harus membayar sebesar 7.000 pound agar Viking pergi. Sejak abad ke 11 Paris kembali maju dan di abad pertengahan menjadi kota terbesar di Eropa dengan jumlah penduduk sebesar 200.000.

Raja Philippe-Auguste (1180-1223) membangun tembok di sekitar Paris dan membangun benteng Louvre. Kota Paris menjadi kota yang sangat sibuk di abad pertengahan karena menjadi pelabuhan barang dari dermaga sepanjang Seine.

kota paris perancis
Kota Paris Terkenal Sebagai Kota Pendidikan

Paris juga terkenal sebagai kota pendidikan sejak abad pertengahan dan universitas POaris masih terkenal hingga saat ini. Pada tahun 1338 ‘The Hundred Years War’ antara perancis dan Inggris dimulai. Paris mengalami kehancuran oleh Black Death dan pada tahun 1420 Inggris merebut Paris. Perancis berhasil merebut kembali kota Paris di tahun 1436.

Setelah Paris menjadi milik Perancis kembali, pembangunan memulai dilakukan perlahan oleh raja-raja Perancis. Kota Paris menjadi pusat pemerintahan sejak saat itu masa ini dikenal sebagai Renaissance Paris.

Baca Juga:  Ciri Khas Negara Jerman Mulai dari Bisnis hingga Kebudayaan

Pada masa ini, Paris kembali lagi jatuh di abad ke 16 dimana reformasi antara kristen dan katolik muncul. raja Henri III dibunuh pada tahun 1589 dan gereja katolik menolak pewarisnya Henry of Navvare menjadi raja. Dan Henry of Nvvare berhasil naik tahta tahun 1594 dimana kota Paris kembali stabil.

Pembangunan demi pembangunan dilakukan hingga masa pemerintahan raja uius XIV di akhir abad ke 17. Ada dua kehidupan yang pada di kota Paris saat itu dengan banyak bangunan megah terkenal dengan filsufnya. Adapula bagian kemiskinan ara di kota Paris yang hidup dalam kemelaratan.

paris perancis

Kota Paris Perancis Setelah Tahun 1789

Perubahan terjadi di Paris Perancis yang terkenal adalah setelah tahun 1789 dimana Revolusi Perancis berlangsung. Sejarah yang terkenal terjadi pada 14 JUli 1789 dimana masyarakat Paris merampas meriam dan senjata tentara veteran.

Mereka mengepung benteng dan penjara Bastille sehingga gubernur menyerah. Teror pun terjadi sejak September 1793 selama 9 bulan dan banyak ribuan kepala dipenggal. Sejak tahun 1794 teror berhenti and banyak ribuan tahanan dibebaskan.

kehidupan berjalan normal sejak Napoleon menjadi penguasa Perancis tahun 1799. a membangun Pont des Arts, Arc de Triomphe dan La Madeleine. tentara sekutu akhirnya menduduki Perancis tahun 1814 dan pada 1830 revolusi terjadi kembali.

Baca Juga:  4 Hal Menarik Seputar Kuliah di Perancis yang Perlu Diketahui

Perubahan terbesar terjadi ketika revolusi industri mulai muncul dan mengubah Perancis. Paris menjadi kota yang penuh dengan industri dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Hingga pada tahun 1832 wabah kolera muncul dan menewaskan lebih dari 20.000 orang.

Kemiskinan masyarakat membuat Napoleon III memecahkan revolusi kembali dan akhirnya berkuasa untuk membangun sebagian kota Paris. Napoleon membangun jalan-jalan barudan ekonomi menjadi naik.

Sayangnya pada 19 September 1870 tentara Prusia menduduki Paris. Perjanjian dibentuk antara pemerintah Perancis dan Prusia yang memberatkan orang Paris dan memulai pemberontakan kembali pada 18 Maret 1871.

Paris kembali pulih dan menjadi kota yang damai hingga sekarang sejak akhir abad ke 19. Dimana menara Eiffel diresmikan tahun 1889 dan Metro dibuka tahun 1900.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply