6 Kota Besar di Jerman yang Selalu Jadi Tujuan Wisata

By 07/03/2020 Jerman
kota besar di jerman

Kota Besar di Jerman – Merencanakan untuk liburan ke Jerman tentunya tidak terlepas dari kota mana yang ingin disinggahi. Ada banyak pilihan tempat wisata yang jauh untuk ditempuh dari satu kota ke kota lainnya. Oleh karena itu akan lebih baik jika kamu menentukan kota besar mana yang ingin dijalani.

Melalui satu atau dua kota besar saja, kamu sudah bisa melihat seperti apakah menariknya negara Jerman. Jangan khawatir karena di setiap kota besar di sana pasti memiliki tempat wisata yang bisa dikunjungi. Bahkan ada beberapa kota besar yang selalu menjadi tujuan wisatawan asing.

Tertarik untuk mengunjungi kota besar di Jerman? Yuk pilih-pilih kotanya dari sekarang.

Nama Kota-Kota Besar di Jerman untuk Tujuan Wisata

kota kota besar di jerman

Populasi negara Jerman adalah sekitar 82 juta, jumlah ini adalah yang paling besar di Eropa. Tapi jika dibandingkan dengan Indonesia yang berjumlah lebih dari 264 juta tentunya populasi Jerman tidak akan terlalu padat. Populasinya yang cukup padat ini tetap membuat Jerman menjadi negara tujuan imigrasi yang paling populer.

Baca Juga:  4 Nama Kota di Jerman yang Terkenal Dengan Industrinya

Kepopuleran Jerman sendiri muncul karena negara ini sangat maju dalam hal ekonomi. Bagi wisatawan, Jerman terkenal karena memiliki sejarah yang panjang. Banyak bangunan bersejarah yang merupakan warisan dunia yang diakui oleh UNESCO.

Mau tahu mana saja kota besar di Jerman yang sering menjadi tujuan wisata? Berikut ini daftarnya:

1. Berlin

Berlin merupakan ibukota negara Jerman yang memiliki luas wilayah 891.8 km2. Sebagai ibukota negara, Berlin juga memiliki populasi yang paling tinggi yaitu sekitar 3,5 juta orang lebih tinggal disana. Kota ini memiliki peranan yang besar untuk Jerman sejak abad ke 15. Walaupun disebut sebagai kota, namun masih banyak hutan, taman dan juga sungai yang mengelilingi kota. Sehingga mempengaruhi cuaca di Jerman.

Kota Jerman memiliki banyak tujuan tempat wisata seperti tembok Berlin yang telah diruntuhkan, tetapi sisa bangunan masih ada yang berdiri. Situs ini menjadi tempat wajib dikunjungi ketika ke Jerman. Ada pula gedung Reichstag merupakan gedung parlemen yang hingga ini masih digunakan untuk pemerintahan. Terakhir adalah Brandenburg Gate yang merupakan gerbang bersejarah bagi perpolitikan Jerman.

2. Hamburg

Sebagai kota kedua terbesar di Jerman, Hamburg memiliki luas wilayah 755.2 km2. Populasi di kota ini adalah sekitar 1,7 juta jiwa dan letaknya berada di bagian utara Jerman.

Dulunya Hamburg terkenal sebagai kota industri namun kini justru berubah menjadi kota yang terkenal untuk liburan. Keindahan kota Hamburg tidak kalah dengan Venesia karena banyak kanal yang bisa dijelajahi.

Jika berkunjung ke kota Hamburg ada beberapa tujuan wisata yang wajib. Seperti Rathaus yang merupakan townhall di Hamburg. Karena letaknya di utara maka kamu bisa mengunjungi pelabuhan. Nikmati pemandangan pelabuhan Hamburg dari Landungsbrücken. Datangi juga galeri seni terbaik di Jerman yaitu Kunsthalle Hamburg. Disana ada begitu banyak lukisan Perancis dan Jerman yang berasal dari awal abad ke 19.

3. Munich

Kota ketiga yang terbesar memiliki luas 310 km2. Jumlah penduduk di kota Munich adalah hampir 1,5 juta jiwa. Munich terkenal dengan festival beer di seluruh dunia bernama Oktoberfest. Pada saat bulan Oktober dimana festival ini diselenggarakan, jutaan wisatawan asing akan datang. Banyak sekali beer lokal yang bisa dicicipi saat festival ini berlangsung.

Daya tarik kota Munich bukan sekedar Oktoberfest saja. Ada beberapa tempat wisata yang terkenal seperti Marienplatz yang merupakan alun-alun kota yang selalu ramai. Kunjungi juga istana Nymphenburg yang terkenal dengan taman bunganya. Kamu bisa merasakan bagaimana kehidupan orang Jerman di dalam kastil zaman dahulu.

Baca Juga:  Ibukota Jerman dan Profil Negara Jerman yang Perlu Diketahui

4. Cologne

Kota ini terletak di perbatasan Jerman dengan Belgia serat Belanda. Luas kota Cologne adalah 405.2 km dengan jumlah populasinya mencapai 1 juta jiwa lebih. Di kota ini daya tarik utamanya adalah katedral Cologne. Katedral ini telah menarik 20 ribu wisatawan setiap tahunnya. Dibangun dalam waktu yang sangat lama yaitu 632 tahun dan inilah yang menjadi daya tarik utamanya.

Selain katedral Cologne, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya seperti Cologne old city yang berdiri banyak bangunan tua berwarna-warni khas arsitektur Jerman. Satu daya tarik utamanya adalah sunga Rhine yang sangat luas dan banyak kapal pesiar yang melewati sungai ini.

5. Frankfurt

Kota ini terkenal sebagai kota bisnis di Jerman dengan luas 248.3 km2. Di kota ini banyak sekali perusahaan otomotif yang berdiri dan dulunya menjadi kota penting bagi bangsa Romawi. Bandara di Frankfurt pun terkenal sangat padat setiap harinya. Walaupun sebagai kota bisnis dan pusat keuangan Jerman, bukan berarti kota ini tidak memiliki daya tarik.

Ada beberapa tujuan wisata yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar. Seperti Romerberg yang merupakan gunung Romawi dan jantung sejarah di Frankfurt. Kunjungi Museumsufer yang merupakan pasar oleh-oleh yang berdiri di pinggir sungai.

6. Stuttgart

Jik Frankfurt adalah kota bisnis, maka Stuttgart adalah kota pelajar. Begitu banyak universitas ternama yang didirikan di kota ini. Luas Stuttgart sendiri adalah 107.4 km2 dengan jumlah populasi 6 ratusan jiwa. Tempatnya yang asri membuat kota ini cocok untuk tujuan belajar serta rekreasi.

Beberapa tempat liburan yang akan kamu temukan di Stuttgart adalah kastil Solitude merupakan kastil yang dibangun abad ke 18. Arsitektur neo klasik yang dipadukan Rococo menjadi daya tariknya. Kunjungi juga Wilhelma botanical garden yang merupakan kebun binatang dengan banyak spesies hewan langka.

Begitu banyak kota besar di Jerman yang memiliki daya tarik wisata masing-masing, manakah yang akan kamu kunjungi?

×