Mengenal Kehidupan di Norwegia sebagai Mahasiswa dan Pekerja

By 25/10/2019 Norwegia
kehidupan di norwegia

Kehidupan di Norwegia – Norwegia adalah salah satu negara yang terkenal dengan keindahannya apalagi bagi mereka pecinta ski. Siapa saja bisa melakukan olahraga ini di berbagai musim, tidak harus menunggu saat musim dingin berlangsung. Cuaca yang dingin sepanjang tahun membuat kita orang Indonesia terbiasa dengan iklim tropis harus menyesuaikan diri.

Iklim dingin sepanjang tahun tentu menimbulkan perasaan tidak nyaman. Anda harus menjaga tubuh agar tetap hangat dengan pakaian tebal saat berpergian. Tinggal di Norwegia cukup menguntungkan karena rata-rata masyarakat menggunakan bahasa Inggris.

Baik untuk mahasiswa atau para pekerja yang bermigrasi untuk mencari uang negara ini menjadi negara yang paling nyaman untuk ditinggali. Selain cuaca yang dingin, faktor lainnya sangat menguntungkan. Bagaimana kehidupan di Norwegia yang membuat hampir banyak orang ingin tinggal di sini?

pengeluaran norway
Perkiraan Pengeluaran Norway sebagai Mahasiswa

Jika Anda akan tinggal di Norway sebagai mahasiswa, maka jangan khawatir. Berbagai universitas negeri di Norway menawarkan pendidikan gratis. Tidak perlu khawatir lagi soal biaya dan Anda cukup memenuhi biaya hidup saja. Universitas yang berdiri juga tidak kalah terkenalnya dari negara Inggris, Jerman dan juga Amerika.

Mempelajari tentang science dan berbagai penelitian sangat mudah dilakukan di Norway. Apalagi jika Anda ingin melakukan riset tentan flora dan fauna yang berada di kutub utara. Akomodasi di Norway juga cukup terjangkau, Anda bisa memilih untuk tinggal di asrama kampus atau menyewa apartemen.

Baca Juga:  10 Keindahan Wisata Norwegia dengan Pemandangan Laut dan Gunung

Sebagai mahasiswa ada beberapa pengeluaran yang harus dipenuhi setiap bulannya. Pengeluaran ini di luar biaya kuliah yang sudah disokong oleh negara. Apa saja pengeluaran yang harus dipersiapkan? Berikut ini daftarnya.

– Sewa apartemen untuk satu ruangan sekitar 300 NOK

– Transportasi umum dengan kartu mahasiswa sebulannya bisa mencapai 460 NOK

– Buku untuk satu semester sekitar 1600 hingga 3500 NOK

– Makan di kantin kampus sekitar 55-100 NOK

– Makan di restoran sekitar 120-160 NOK

– Tiket nonton bioskop sebagai hiburan 120 NOK

Total biaya tersebut baru untuk biaya hidup saja. Walaupun tidak ada biaya kuliah namun digantikan dengan biaya administrasi yang nominalnya tidak tinggi yaitu sekitar 590 NOK. Ada juga biaya member untuk training selama satu semester yaitu 1100 NOK.

Sudah siap untuk berangkat ke Norway untuk kuliah? Anda bisa juga menutup semua biaya untuk hidup tersebut jika mendapatkan beasiswa. Saat ini sudah banyak beasiswa untuk kuliah di Norwegia bagi mahasiswa Indonesia.

biaya kehidupan di norwegia
Rincian Biaya Kehidupan di Norwegia sebagai Pekerja

Selain hidup sebagai mahasiswa di Norway, Anda juga bisa bekerja di sana. Pemerintah Norway cukup terbuka untuk menerima tenaga kerja asing profesional. Bagi pekerja yang ingin membawa keluarga maka pengeluaran yang dibutuhkan tentu akan lebih besar dibandingkan sebagai mahasiswa.

– Biaya tinggal

Biaya pengeluaran berikut akan menjadi rincian penting untuk membandingkan apakah gaji yang didapatkan sebanding bahkan lebih dari uang yang dikeluarkan. Pertama adalah biaya untuk tinggal. Apartemen keluarga setiap bulannya sekitar 12.500 NOK hingga 20.000 NOK tergantung dengan kota tempat tinggal.

– Biaya hidup di Norway untuk transportasi

Anda bisa menaiki transportasi umum seperti bus sekitar 700 hingga 800 NOK. untuk berjalan di dalam kita. Jika ingin pergi antar kota dengan bus maka biaya yang dibutuhkan sekitar 1.000 NOK ke atas. Pertimbangkan lokasi tempat tinggal ke tempat kerja agar bisa berjalan kaki demi menghemat uang transportasi.

Baca Juga:  10 Keindahan Wisata Norwegia dengan Pemandangan Laut dan Gunung

– Biaya konsumsi sehari-hari

Jika Anda tinggal bersama keluarga di apartemen maka akan lebih hemat untuk berbelanja daripada harus makan di luar atau di restoran. Jika makan di restoran Anda bisa menghabiskan uang hingga 160 NOK lebih, sedangkan jika memasak sekali hidangan akan kurang dari 100 NOK.

Jika tinggal sebagai imigran, Anda juga harus memiliki asuransi kesehatan. Hal ini sangat wajib dan dikontrol oleh pemerintah Norway. Setiap orang akan menghabiskan uang sekitar 2.200 untuk asuransi kesehatan. Jadi jika sewaktu-waktu jatuh sakit hingga parah tidak perlu khawatir lagi untuk membayar pengobatan.

– Biaya hiburan

Terakhir adalah hiburan, karena terkenal sebagai tempat liburan bersalju dan pemandangan indah, Anda tidak perlu banyak mengeluarkan uang. Banyak kegiatan outdoor gratis cukup dengan biaya transportasi saja. Anda bisa melakukan olahraga hiking dan melihat keindahan fjord atau danau.

Apabila mengeluarkan biaya, jumlahnya juga tidak banyak. Hiburan seperti tiket menonton acara sepakbola sekitar 200 NOK dan untuk menonton film sekitar 120 NOK. Anda bahkan juga bisa berkemah di pegunungan dengan padang rumput yang hijau secara gratis. Jadi manakah jenis liburan yang dipilih akan menentukan budget yang dikeluarkan.

Kehidupan di Norwegian sebagian besar bisa dibulang adalah gaya hidup yang bebas. Siapa saja dengan beragam nasionalisme bisa berkemah, mendaki gunung tanpa harus membayar. Negara ini juga sangat aman bagi para imigran.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×