Mengenal Kebudayaan Negara Perancis dari Makanan dan Ekonomi

By 26/02/2019 May 4th, 2019 Perancis
kebudayaan negara perancis
virtu education jakarta

Virtu Education Jakarta
Bellagio Mall Lt 1. Suite 223-224
Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Kebudayaan Negara Perancis – Tahukah Anda bahwa ternyata makanan dapat membantu perkembangan ekonomi suatu negara salah satunya adalah negara Perancis. Berasal dari sumber daya alam yang dijadikan makanan atau minuman bisa menjadi sumber ekonomi yang sangat tinggi.

Inilah alasannya antara makanan dan ekonomi bisa menjadi sebuah kebudayaan yang penting. Perancis menganggap bahwa makanan memiliki peranan yang penting dalam kehidupan sosial. Minuman anggur dan keju adalah sumber kebanggan negara dan mencerminkan setiap bagian dalam Perancis.

Baca Juga:  10 Pilihan Universitas di Perancis Terbaik dan Jurusannya

Beberapa alasan politik juga memperngarungi arti dari ‘makanan’. Banyak perhatian yang mengacu pada makanan yang ditolak karena kualitas yang kurang baik. Contohnya saja la vache folle (penyakit yang diderita sapi), sehingga Perancis tidak menerima daging sapi impor dari Inggris.

Mengenal Kebudayaan Negara Perancis Dari Menyiapkan Makanan

kebudayaan negara perancis
Tiga makanan yang harus dikonsumsi setiap harinya adalah le petit déjeuner (sarapan), le déjeuner (makan siang), andle dîner (makan malam). Keluarga yang besar biasanya akan berkumpul pada saat makan malam dan melakukan pesta.

Pada saat pesta apéritif (minuman) menjadi bagian yang sangat penting dan disajikan bersama dengan snack sebelum makanan utama disajikan. Setiap daerah memiliki apéritif berbeda dan menjadi kebanggaan masing-masing.

Makanan akan dimulai dari sup sebagai makanan pembuka dan sayuran bersama daging. Dilanjutkan dengan salad, keju dan makanan penutup. Anak-anak dapat memulai minum wine pada saat remaja.

Baca Juga:  Sektor Perekonomian Negara Perancis yang Unggul

Semua makanan akan dipersiapkan oleh istri dan ibu dalam keluarga walaupun beberapa keluarga juga memiliki pembantu. Menyiapkan makanan dalam bentuk yang bertahap tersebut adalah cara yang mencerminkan nilai tradisional.

Nilai tradisional menyiapkan makan tersebut sering meningkatkan stress terhadap wanita karena terdesak waktu. Akhirnya kini makanan cepat saji menjadi lebih lazim dikonsumsi dan mudah untuk didapatkan.

Kebudayaan Negara Perancis Dalam Bidang Ekonomi

Perancis sempat mengalami krisis tahun 1970 an setelah tiga puluh tahun yang gemilang dari akhir Perang Dunia II. Penyebabnya adalah krisis minyak dunia dan setelahnya Perancis memulai membangun kembali ekonominya.

Perancis akhirnya memiliki salah satu dari empat ekonomi terkemuka di eropa Barat. Produk nasional yang dihasilkan berupa layanan. Perancis merupakan negara pertanian utama dan mandiri. Tanaman pertanian yang diunggulkan adalah gandum.

Pada tahun 1997 lebih dari 13% masyarakat menganggur karena inklusi di UE. Pada tahun 2002 Perancis mengubah mata uangnya dari franc ke euro. Industri pertanian di perancis yang maju didominasi oleh kepemilikan pribadi dan pertanian keluarga. Pembagian ni terjadi setelah Perang Dunia II.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

Konsolidasi tanah pertanian tersebar dalam pola warisan. Disamping itu terjadi percepatan eksodus pedesaan yang menjadi migrasi kuat ke kota. Hal ini disebut dengan le remembrement dan berhasil terjadi di beberapa daerah Perancis.

Kebudayaan negara Perancis juga bisa dilihat dari aktivitas perdagangan yang menunjang ekonomi masyarakat. Banyak sekali usaha kecil dan toko di pinggir jalan kota dan pusat perbelanjaan yang berkembang pesat di pusat kota.

Harga ditetapkan di toko, sedangkan harga tawar menawar ditetapkan di pasar. Selama dua puluh tahun terakhir, layanan komersial ke pedesaan menurun. Banyak orang yang menutup tokonya di pedesaan memulai dari tukang daging, tukang roti dan masyarakat beralih membeli di kota besar terdekat.

Pasar Ekonomi Di Perancis Dikuasai Oleh Industri Besar

Pasar ekonomi di perancis dikuasai oleh industri besar, industri ini berpusat di bagian timur Perancis. Seperti kota Paris, Lille and Lyon yang memiliki industri besar memulai dari baja, mobi, bahan kimia, mesin, elektronik dan industri besar internasional lainnya.

Jika di kota memiliki sektor ekonomi yang tinggi berasal dari pertokoan dan industri maka pariwisata berpihak pada pedesaan. Makanan dan agrobisnis yang berasal d

Baca Juga:  5 Cara Belajar Bahasa Perancis Secara Otodidak Agar Maksimal
ari pedesaan menjadi sumber ekonomi nasional yang sangat penting.

Perdagangan sangat dilindungi oleh negara karena merupakan sumber yang paling tinggi dalam ekonomi. Pada pertengahan tahun 1960 an Perancis berhasil menjadi eksportir terbesar keempat di dunia.

Sektor ekonomi tidak akan jauh dari tenaga kerja. Perancis mengkategorikan 8 kategori profesi and sosioprofesional. Pembagian sosioprofesional adalah petani, pengrajin, pemilik toko kecil, dan manajer bisnis kecil. Sedangkan profesional adalah manajemen menengah, pekerja berkerah putih, pekerja manual dan orang yang menganggur belum pernah bekerja serat personel militer.

Virtu Education Bandung
Jalan Pajajaran No 138B
Kota Bandung, Jawa Barat

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply