Tips Memilih dan Mendapatkan Kampus Jerman yang Tepat

By 23/01/2019 May 6th, 2019 Jerman
kampus di jerman

Kampus Jerman – Jerman adalah negara tujuan paling populer di dunia bagi siswa yang ingin belajar S1, S2 dan S3. Banyak universitas ternama yang menawarkan pendidikan tinggi dengan biaya yang sangat murah bahkan gratis bahkan tidak hanya siswa di Eropa saja namun di seluruh dunia. Maka tidak heran bahwa negara Jerman menjadi tujuan utama dalam menuntut ilmu.

Jika kamu memutuskan untuk kuliah di Jerman maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti pemilihan kampus, biaya dan juga visa. Biaya dan visa bisa sangat mudah jika kamu mendapatkan beasiswa.

Baca Juga:  Mengenal Budaya Jerman dari Arsitektur, Seni dan Sosial

Banyak sekali beasiswa yang bisa diperoleh dari swasta, negeri dan juga universitas itu sendiri sehingga kesempatan kuliah di Jerman dengan biaya murah bisa terlaksana.

Tips Memilih dan Mendapatkan Kampus Jerman yang Tepat

cara memilih kampus di jerman
Sebelum memutuskan apa jenis beasiswa yang akan diambil, kamu harus memilih dan mendapatkan jurusan serta kampus yang diinginkan. Apakah kamu sudah ada gambaran manakah kampus dan juga jurusan apa yang ingin kamu masuki? Dalam artikel ini kamu akan mendapat pilihan yang sesuai.

1. Memilih jurusan

Apakah jurusan yang tersedia di universitas Jerman sama dengan di Indonesia? Jika melihat ilmu yang ditawarkan hampir seluruh kampus di Jerman memiliki bidang ilmu sama dengan universitas lain di dunia.

Kamu bisa memilih beberapa jurusan yang paling diminati seperti komputer, bisnis dan ekonomi, kedokteran, dan juga teknik elektrik. Inilah jurusan-jurusan yang memiliki mahasiswa asing cukup tinggi artinya banyak diminati di seluruh dunia.

Baca Juga:  Mengenal Budaya Jerman dari Arsitektur, Seni dan Sosial

2. Memilih universitas

Jangan lupa selain memilih jurusan kamu harus memilih juga manakah kampus Jerman yang menyediakan jurusan tersebut. Bagaimana sejarah dan apa saja fasilitas yang disediakan.

Jangan lupa untuk mengetahui di mana letak kampus tersebut karena kamu akan tinggal di kota tersebut dan menghitung berapa biaya hidup di sana. Beberapa universitas yang harus dipertimbangkan adalah RWTH Aachen University, University of Bonn, Karlsruhe Institute of Technology.

Bagi yang sudah memutuskan jurusan dan kampus mana yang akan dimasuki maka kamu harus mempersiapkan diri untuk melamar di universitas tersebut. Kamu tidak harus melamar satu universitas namun masukan lamaran pada lebih banyak kampus agar lebih tinggi kesempatan diterima.

kampus di jerman secara gratis3. Persiapkan tes seleksi sebaik mungkin

Persiapan yang perlu dilakukan untuk bisa berkuliah dimulai dari informasi, apakah kemampuan kamu sesuai dengan syarat yang diberikan. Sebaiknya hubungi kantor universitas secara langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Biasanya mahasiswa internasional harus memiliki Hochschulzugangsberechtigung yakni record kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi atau sama. Bahkan kamu juga harus mengikuti beberapa tes yang diselenggarakan khusus untuk mahasiswa di luar zona Eropa. Untuk bisa lolos dalam tes yang disediakan oleh universitas kamu harus mempersiapkan diri dengan baik.

Bahkan jika kamu sudah lolos dengan tes kamu harus memenuhi seleksi yang lebih terbatas lagi biasanya tes ini akan dijalani untuk jurusan khusus. Biasanya nilai yang didapatkan dari SMA juga akan mempengaruhi keberhasilan untuk bisa masuk kampus Jerman.

Baca Juga:  Ini Pilihan Universitas di Jerman yang Gratis

Kebanyakan universitas yang memiliki peraturan tes masuk sangat ketat berasal dari unversitas negeri. Karena di sini kebanyakan biaya gratis jadi tentu saja tes masuk sangat sulit bahkan bagi warga Jerman sendiri. Sedangkan bagi universitas yang tidak memiliki tes masuk tidak terlalu sulit biasanya adalah sekolah swasta yang tidak berada di kota besar.

Beberapa sekolah swasta ini juga tidak kecil karena ada banyak sekolah di kota kecil namun memiliki standar pendidikan yang tinggi atau bagus. Jadi kamu tidak harus melamar ke universitas di kota besar saja. Ambil semua kesempatan terbaik untuk bisa sekolah di Jerman.

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×