Warning: Creating default object from empty value in /home/customer/www/virtueducation.org/public_html/wp-content/themes/salient/nectar/redux-framework/ReduxCore/inc/class.redux_filesystem.php on line 29
Jurusan Ausbildung di Jerman: Pengertian dan Gajinya

Jurusan Ausbildung di Jerman: Pengertian dan Gajinya

By 24/05/2021 Jerman
jurusan ausbildung

Jurusan Ausbildung di Jerman – Negara Jerman merupakan salah satu negara maju di benua Eropa yang terkenal dengan kualitas pendidikannya yang bagus. Beberapa universitas ternama di negara ini berhasil masuk dalam jajaran 100 universitas terbaik di seluruh dunia. 

Tak heran jika negara ini menjadi salah satu negara impian yang banyak diburu oleh para pelajar untuk melanjutkan kuliah maupun orang-orang yang ingin meningkatkan karir yang lebih bagus di luar negeri. 

Selain tingkat pendidikan mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, hingga universitas, terdapat salah satu tingkat pendidikan yang cukup menarik yaitu Ausbildung. Apa saja jurusan Ausbildung di Jerman?

Pengertian Ausbildung

Bagi yang sering berselancar mencari informasi tentang perkuliahan di Jerman dan bagaimana syarat-syarat untuk tinggal di negara tersebut, tentu sudah tidak asing lagi dengan peraturan untuk deposit sebesar 10.000 EURO atau senilai 160 juta rupiah.

Uang deposit ini diperuntukkan untuk nantinya membiayai hidup mahasiswa selama kuliah dan tinggal di Jerman. Namun, ada solusi buat kamu yang merasa keberatan untuk deposit sebesar nominal tersebut tapi tetap ingin mencoba berkarir di Jerman. Kamu bisa mencoba program Ausbildung.

Baca Juga:  Apa Itu Ausbildung? Keuntungan, Syaratnya dan Jurusannya

Ausbildung merupakan program pelatihan keterampilan sekolah sambil bekerja di Jerman dengan durasi waktu pelatihan tergantung dari bidang apa yang diambil. Rata-rata program pelatihan ini bisa ditempuh selama 3 tahun dan setelah lulus akan mendapatkan sertifikat dan gelar yang disebut FACHKRAFT atau tenaga ahli. 

Kisaran Gaji Ausbildung di Jerman

Program pelatihan Ausbildung ini bisa disejajarkan dengan program D3 yang ada di Indonesia hanya saja bedanya gelar dan pengalaman mengikuti program ini sudah diakui di seluruh negara di dunia. Untuk menempuh pendidikan Ausbildung ini, kamu akan belajar di sekolah profesi atau Berufschule. 

Kebanyakan perusahaan di Jerman telah menjalin kerja sama dengan Berufschule untuk nantinya bisa merekrut tenaga profesi di sekolah ini dan menawarkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. 

Menariknya lagi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pendidikan Ausbildung karena nantinya perusahaan yang akan membayar biaya pelatihan tersebut. Bahkan kamu akan mendapatkan gaji meskipun masih terhitung sebagai gaji magang dengan kisaran EURO 600 – 1200.

Gaji pun akan dinaikkan 2 kali lipat jika kamu berhasil lulus dan meraih gelar serta sudah diakui sebagai tenaga profesional. Azubi adalah sebutan bagi orang-orang yang mengikuti program pelatihan Ausbildung ini. 


Jenis-jenis Jurusan Ausbildung di Jerman

Terdapat dua jenis Ausbildung  di Jerman yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut:

Duale Ausbildung

Duale atau berufliche Ausbildung lebih mengutamakan praktek kerja dibandingkan teori belajar di sekolah. Jenis program pelatihan duale ini mengambil simulasi belajar dengan proses praktek bekerja selama 3 – 4 hari dan sisanya 1 – 2 hari untuk belajar di sekolah. 

Jika kamu mendaftar program pelatihan jenis ini, kamu akan mendapat gaji dari perusahaan tempat bekerja atau magang setiap bulannya. 

Terdapat kurang lebih 350 jenis pekerjaan yang ditawarkan untuk program pelatihan ini seperti restoran, perhotelan, bartender, masinis, teknik, perbankan, marketing, perhutanan, arsitektur, desain grafis, teknik industri dan mesin, dan masih banyak lagi. 

Schulische Ausbildung

Program pelatihan Ausbildung jenis schulische merupakan kebalikan dari program duale di mana program ini lebih banyak memberikan konsep teori dibandingkan praktek kerja. Simulasinya kurang lebih waktu bekerja 1 hari dan sisanya 3 – 4 hari untuk belajar teori di sekolah. 

Untuk mengikuti program ini, kamu harus membayar sendiri uang pelatihannya dan kebanyakan tidak mendapatkan gaji kecuali untuk orang-orang yang bekerja sebagai asisten dokter, perawat, dan ahli terapi. Selain itu, kamu juga harus menyetorkan deposit ke rekening bank Jerman sebesar EURO 10.000 sebelum mengikuti program pelatihan. 

Syarat Mendaftar Program Ausbildung di Jerman

Jika kamu berminat mengikuti program Ausbildung, kamu bisa menyiapkan syarat-syarat sebagai berikut:

  • Kemampuan menguasai bahasa Jerman yang fasih dengan minimal level B1 hingga C1
  • Memiliki pengalaman kerja di bidang sosial jika ada
  • Tidak ada batasan umur untuk mengikuti program pelatihan
  • Daftar riwayat hidup yang lengkap dan detail atau dikenal dengan istilah lebenslauf
  • Surat motivasi atau motivation letter
  • Dokumen paspor dan visa di Jerman.
  • Kontrak dan formulir diterima kerja dari perusahaan 

Mengikuti program dan jurusan Ausbildung di Jerman akan memberikan kesempatan yang lebih lebar untuk kamu mulai berkarir lebih awal.

Jika memungkinkan kamu bisa mengambil kursus atau kuliah lanjutan agar tetap bisa mendapatkan level gelar yang lebih tinggi maka bisa menghubungi Kami di Virtueducation.org.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×