Ibukota Jerman dan Profil Negara Jerman yang Perlu Diketahui

By 02/02/2019 May 6th, 2019 Jerman
ibukota jerman

Ibukota Jerman – Sahabat, Anda tentu sudah tahu Negara Jerman. Negara yang mempunyai keunggulan dalam berbagai bidang seperti olahraga dan teknologi ini memang kerap menjadi perbincangan. Namun, tahukan Anda bahwa di dalam Negara Jerman ada banyak negara-negara bagian?

Jerman memiliki bentuk negara Republik Federal dengan dipimpin oleh seorang kanselir, atau seperti perdana menteri. Jerman juga memiliki presiden, walaupun keberadaannya hanyalah sebagai simbol pemimpin negara. Keputusan penting lebih banyak diambil oleh kanselir, selayaknya negara parlementer pada umumnya.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata di Jerman yang Bisa Dikunjungi Saat Berlibur

Negara dengan luas wilayah sekitar dua kali Pulau Jawa ini memiliki penduduk sekitar 82 juta ini memiliki tingkat kemajuan yang sangat baik dalam berbagai bidang. Tercatat bahwa Jerman menjadi negara penting di Eropa dengan kapitalisasi pasar yang besar diimbangi kemampuan tenaga kerja yang baik dan politik pemerintahan yang terpercaya.
ibu kota jerman

Ibukota Negara Jerman

Ibukota Jerman sudah banyak diketahui, yaitu Berlin. Namun, tidak banyak tahu bahwa sebenarnya Berlin merupakan kota yang setingkat dengan negara bagian. Sebagai negara bagian, Berlin pun memiliki pemimpin yang berwenang, sama seperti negara bagian Jerman lainnya

Namun, karena Berlin berstatus sebagai kota sejajar dengan negara bagian, maka pemimpinnya adalah walikota. Sementara negara bagian lain, seperti Bavaria, dipimpin oleh perdana menteri.

profil negara jerman
Negara Bagian yang Terdapat Di Dalam Jerman

Selama ini kebanyakan orang hanya tahu bahwa negara yang terdiri dari negara bagian adalah Amerika Serikat. Namun, Jerman juga berbentuk mirip itu. Bahkan, Ibukota Negara Jerman sendiri statusnya adalah negara bagian atau kota setingkat negara bagian.

Bicara mengenai Jerman pasti nama-nama tempat penting yang akan tersebut adalah seperti Postdam atau Munich. Namun, dalam daftar nama-nama wilayah di Jerman kedua kota tersebut tidak akan menjadi urutan pertama yang muncul. Hal itu karena kota-kota tersebut merupakan ibukota dari negara bagian di dalam Jerman dan tidak bertanggung jawab langsung pada Jerman.

Baca Juga:  3 Daftar Aplikasi dan Kamus Bahasa Jerman Offline

Misalnya Kota Munich yang terkenal dengan tim sepak bolanya itu. Kota Munich bukanlah wilayah yang secara langsung di bawah Jerman, melainkan di bawah Negara Bagian Jerman, yaitu Bavaria. Munich adalah Ibukota Negara Bavaria.

Berikut ini adalah negara bagian yang terdapat di dalam Jerman. Beberapa tidak akan Anda kenali karena Anda justru lebih mengenali ibukotanya.

1. Baden-Württemberg,

2. Freistaat Bayern atau Bavaria,

3. Brandenburg,

4. Hessen,

5. Mecklenburg-Vorpommern,

6. Niedersachsen,

7. Nordrhein-Westfalen,

8. Rheinland-Pfalz,

9. Saarland,

10. Freistaat Sachsen,

Baca Juga:  Pilihan Terbaik Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

11. Sachsen-Anhalt,

12. Schleswig-Holstein,

13. Freistaat Thüringen

14. Berlin,

15. Bremen,

16. dan Hamburg

Tiga nama terakhir tersebut merupakan kota yang berstatus setara dengan negara bagian. Hak-hak dan sistem pemerintahannya menyerupai 13 negara bagian lainnya di dalam Jerman, namun hanya dipimpin walikota dan bukan perdana menteri.

Sebenarnya, dulu Austria dan Hungaria juga menjadi bagian Jerman sebelum akhirnya berpisah dan membentuk negara sendiri. Meskipun demikian, bahasa dua negara tersebut tetaplah bahasa Jerman karena berasal dari kerajaan yang sama, yaitu Prusia.

Nah, itu tadi adalah profil singkat mengenai ibukota Negara Jerman dan negara bagian yang ada di dalamnya. Untuk mengetahui lebih banyak hal mengenai Jerman, seperti bahasa hingga akses untuk datang ke sana, Anda dapat mengetahuinya di @virtueducation.org

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply