The right degree programme

Apakah Sarjana, Master, ujian negara atau doktor: berbagai program dan gelar yang tersedia di Jerman luas. Ini sangat berharga mengetahui bagaimana mereka berbeda.

Universitas Jerman menyediakan lebih dari 19.000 program sedangkan universitas Indonesia hanya menyediakan kurang dari 700 program.

Bacalah program universitas dengan cermat menguraikannya sehingga Anda bisa mendapatkan ide tentang apa saja dan sasaran utamanya, kemudian membandingkannya dengan kursus lain yang Anda temukan. Sebagai contoh, meskipun kurikulum program studi mungkin berisi subyek yang tepat dari minat Anda, Anda mungkin ingin lebih dari program berorientasi penelitian berbasis lab daripada program studi yang berorientasi pada teori.

Semester musim panas berlangsung dari bulan Maret hingga Agustus di Fachhochschulen (Universitas Ilmu Pengetahuan Terapan) dan April hingga September di universitas; semester musim dingin adalah dari bulan September hingga Februari dan Oktober hingga Maret masing-masing.

BA / BSc sama dengan 6 semester studi
MA / MSc setara dengan 2-4 semester, tergantung pada program
PhD sama dengan 4-6 semester, tergantung pada program

Sarjana

Gelar sarjana adalah gelar akademis awal yang diakui di pasar kerja internasional. Selama program gelar sarjana, Anda memperoleh pengetahuan dasar tentang subjek selama enam hingga delapan semester. Ini kadang-kadang juga terdiri dari dua subjek atau satu dan dua subjek minor. Setelah Anda berhasil menyelesaikan gelar sarjana Anda, Anda dapat memulai karir Anda atau mengambil gelar akademis berikutnya: master. Program gelar sarjana umum termasuk Bachelor of Arts (BA) untuk humaniora dan ilmu sosial, Bachelor of Science (B.Sc.) untuk kursus teknik dan sains, dan Bachelor of Engineering (B.Eng.) Untuk ilmu teknik .

Master’s

Di universitas Jerman, master adalah gelar akademis yang mengikuti gelar Sarjana. Prasyarat adalah bahwa Anda telah berhasil menyelesaikan gelar sarjana (atau yang setara). Selama program master, Anda dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan Anda atau mengkhususkan diri dalam bidang tertentu selama dua hingga empat semester. Jika Anda memiliki gelar sarjana dalam biologi, Anda bisa, misalnya, melakukan master di bioinformatika.

Untuk program master, ada juga pilihan antara Master of Arts (MA), Master of Science (M.Sc.), dan Master of Engineering (M.Eng.) Dll. Program gelar di universitas Jerman telah direformasi dalam beberapa tahun terakhir. tahun. Meskipun Anda mungkin masih menemukan beberapa program diploma dan magister (Artium) tradisional. Mereka mirip dengan gelar master.

See Our Story

Gelar doktor

Selama studi doktor Anda, Anda menulis makalah penelitian tentang subjek tertentu (disertasi atau tesis doktoral). Durasi doktor tergantung pada topik penelitian, kebanyakan dua hingga lima tahun. Studi doktor diakhiri dengan pemberian gelar PhD.

Ada dua jenis gelar doktor: dalam model tradisional, Anda bekerja secara mandiri pada disertasi Anda dan akan diawasi oleh seorang profesor dari fakultas. jika Anda ingin belajar untuk mendapatkan gelar doktor, Anda harus mencari supervisor PhD terlebih dahulu. Sebagai alternatif, Anda dapat memiliki periode tiga tahun yang tetap di mana Anda bekerja pada disertasi Anda dengan beberapa supervisor. Anda perlu mengklarifikasi terlebih dahulu universitas mana dan fokus riset mana yang tersedia untuk topik Anda.
Namun, mengambil gelar sarjana atau master jauh lebih rumit: Anda bisa mendapatkan gelar BA atau B.Sc. setelah 3 atau 4 tahun pendidikan universitas; setelah ini, Anda dapat mengajukan permohonan untuk program master, yang dijadwalkan untuk satu atau dua tahun lagi. Hanya MA atau M.Sc. memungkinkan Anda menjadi Ph.D. mahasiswa, meskipun.