Kumpulan Gelar S2 Luar Negeri Terpopuler yang Perlu Diketahui

By 11/02/2020 Jerman
gelar s2 luar negeri

Gelar S2 Luar Negeri – Beberapa puluh tahun yang lalu seseorang bisa menjadi sukses hanya dengan lulus sekolah menengah atas atau diploma saja. Saat ini kebanyakan orang akan puas ketika mereka menempuh pendidikan hingga jenjang S1 dan memasuki dunia kerja dengan lebih mudah. Kian lama, persaingan di lapangan kerja pun semakin ketat dan banyak orang ingin bisa lulus ke pendidikan yang lebih tinggi.

Alasan menempuh pendidikan tinggi adalah mendapatkan gaji dan taraf hidup yang lebih baik. Disamping itu juga kebanyakan perusahaan banyak yang menuntut pegawai mereka untuk mendapatkan pendidikan tinggi bahkan ke tingkat S2. Menurut sensus yang dilakukan di negara Amerika 21 juta orang di sana adalah lulusan S2. Jumlah tersebut merupakan 21% orang dewasa dan diprediksi meningkat setiap tahunnya.

Melihat kenyataan ini, masihkah kamu ragu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Selama masih bisa mengapa tidak?

Nama-Nama Gelar S2 Luar Negeri Paling Populer

nama gelar s2 luar negeri
Pendidikan S2 lebih bervariasi dibandingkan dengan S1, jadi manakah yang tepat untuk kamu pilih? Masing-masing memiliki tujuan yang lebih spesifik, walaupun ada juga yang paling banyak seperti S2 seni dan bisnis. Namun pendidikan S2 terbagi menjadi dua tipe yaitu berbasis pengajaran dan kedua adalah riset.

S2 yang berbasis pengajaran memiliki struktur berbentuk modul yang diajarkan melalui kelas, seminar, laboratorium atau pengajaran jarak jauh. Sedangkan yang berbasis riset menuntut mahasiswa untuk menyelenggarakan program riset mereka sendiri. Kebanyakan program berbasis riset membutuhkan waktu yang lebih lama untuk lulus.

Apa saja gelar S2 luar negeri yang sebaiknya kamu pilih? Untuk mengenal lebih lanjut berikut nama-nama gelar yang populer.

1. MBA (Master of Business Administration)

Gelar MBA adalah yang paling santer didengar. Mungkin jika kamu melamar pekerjaan di suatu perusahaan, maka akan mengenal gelar ini di salah satu atasan. Apa sih artinya? Gelar ini diberikan untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam karirnya di bisnis dan manajemen. Ketika berkuliah di luar negeri mereka akan mempelajari tentang berbagai aspek bisnis dan mengizinkan mereka untuk belajar beragam jenis karir.

Meraih gelar ini dibutuhkan waktu setidaknya 3 tahun. Jika kamu tertarik, maka bisa juga memiliki kombinasi MBA dengan spesialis di bidang akuntansi atau keuangan. Beberapa gelar yang terkait adalah Master of Professional Accountancy (MPAcc) dan Master of Science in Information Systems (MSIS).

2. MA (Master of Arts)

Gelar ini biasanya diberikan pada mahasiswa yang mempelajari salah satu bidang dalam seni. Misalnya seperti literatur, geografi, sejarah, musik, komunikasi, hingga pendidikan dan bahasa. Para kandidat akan mempelajari berbagai kombinasi materi dan juga seminar. Semuanya materi akan diperdalam dalam disertasi atau riset mandiri yang mereka selenggarakan.

Baca Juga:  Pentingnya Ikut Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

3. MS, MSc (Master of Science)

Gelar ini biasanya diberikan dalam disiplin ilmu yang termasuk dalam biologi, teknik, kesehatan, statistik serta kimia. Bidang seperti ekonomi serta science pun berada diatas jurusan ini. Keputusan penggunaannya tergantung dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Ada perbedaan dengan gelar MA diatas yaitu gelar Master of Science memiliki penelitian yang lebih dalam sehingga bobotnya dianggap lebih tinggi.

4. MPA (Master of Public Administration)

Gelar ini hampir mirip dengan MBA hanya saja fokus yang dipelajari lebih ke arah sektor umum dibandingkan swasta. Mahasiswa akan mempelajari tentang lingkungan, admin internasional dan sains. Semuanya dipelajari untuk tujuan bekerja sama dengan pemerintah atau non pemerintah seperti LSM. Beberapa elemen akademik digabungkan dan memiliki fokus pada analisis kebijakan dan manajemen.

Beberapa gelar magister lainnya yang termasuk dalam MA adalah Public Policy (MPP), Master of Urban Planning (MUP), Master of International Affairs (MIA) dan Master of Public Affairs (MPA).

5. MPH (Master of Public Health)

Elemen akademik profesional yang diajarkan adalah interdisipliner pada bidang kesehatan masyarakat. Mahasiswa akan belajar bagaimana cara memantau, mendiagnosis dan mengatur kesehatan masyarakat dengan kebijakan publik. Bidang-bidang yang dipelajari adalah kesehatan global, kesehatan kerja, epidemiologi, ilmu gizi. Gelar ini biasanya didapatkan untuk perguruan tinggi yang telah terakreditasi.

6. MEng (Master of Engineering)

gelar s2 luar negeri terkenal
Pada tingkatan ini mahasiswa akan belajar dengan fokus pada teori serta praktek. Bisa juga materi yang diajarkan justru fokus dalam mempersiapkan mahasiswa agar dapat bekerja di bidang teknik yaitu menjadi profesional. Biasanya program ini akan mengharuskan mahasiswa untuk mempublikasikan ke dalam jurnal industri. Sehingga terdapat pelatihan industri atau di laboratorium untuk bisa lulus.

7. M.Arch (Master of Architecture)

Gelar S2 luar negeri yang juga cukup populer adalah bidang arsitektur. Seseorang yang berhasil meraih gelar ini pastinya telah melalui banyak pembelajaran. Seperti praktek kerja dengan magang.

Ditambah lagi dengan ujian akhir menggunakan thesis atau tugas akhir berupa proyek untuk menerima lisensi. Beberapa subjek yang dipelajari adalah desain, ilmu bangunan, teknik struktural, sejarah dan teori atau praktek arsitektur.

8. MLS, MLIS, MSLS (Master of Library Science)

Gelar ini dirancang khusus untuk siswa mempelajari tentang perpustakaan. Mahasiswa akan dipersiapkan dengan segala materi baik itu pengetahuan akademik dan juga profesional. Biasanya gelar ini didapatkan pada perguruan tinggi yang sudah terakreditasi. Bagi kamu yang ingin menjadi pustakawan di Amerika dan Kanada maka wajib memiliki gelar ini.

Baca Juga:  Beasiswa Jerman S2 Terbaik yang Tidak Boleh Dilewatkan

9. LLM (Master of Laws)

Gelar ini harus dimiliki kamu yang ingin menjadi profesional di bidang hukum. Belajar untuk mendapatkan gelar ini maka setiap mahasiswa harus mengkombinasikan pengetahuan dan keterampilan dasar untuk menjadi seorang pengacara. Tentu saja dibutuhkan riset yang lebih mendalam pada bidang hukum tertentu jika ingin lulus.

10. MEd, MSEd, MIT, MAEd, MAT (Master of Education)

Untuk mendapatkan gelar ini, mahasiswa dipersiapkan untuk meniti karir di dunia pendidikan nantinya. Beberapa mahasiswa akan belajar agar bisa menjadi pengajar yang bersertifikat.

Beberapa yang belajar untuk meraih gelar ini adalah guru yang sudah memiliki pengalaman di bidang pengajaran. Seperti bidang kurikulum, pengajaran, pendidikan khusus, konseling hingga administrasi. Khusus untuk gelar MIT dan MAT biasa dipilih untuk kamu yang ingin mengajar di sekolah umum.

Jadi ingin melanjutkan pendidikan S2 setelah membaca gelar-gelar ini? Manakah yang akan kamu pilih? Jangan lupa juga cermati apa saja syarat yang dibutuhkan untuk bisa melanjutkan ke S2. Kebanyakan syaratnya sangatlah spesifik untuk beberapa bidang studi. Bisa saja untuk berhasil masuk kamu tidak harus lulusan S1 atau memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Satu syarat umum yang pasti akan dinilai adalah kemampuan kamu menguasai bahasa Inggris atau bahasa di negara tersebut. Kamu perlu membuktikannya dengan mengikuti tes IELTS atau TOEFL untuk bahasa Inggris. Sedangkan syarat lain yang perlu diperhatikan khususnya bidang manajemen yaitu kemampuan berhitung dalam bahasa Inggris.

Kemampuan tersebut nantinya perlu dibuktikan dengan hasil tes GMAT (Graduate Management Admission Test). Tunggu apalagi, persiapkan diri kamu dari sekarang.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×