Mengenal Program FSJ Jerman, Menjadi Sukarelawan yang Digaji

By 19/03/2019 May 6th, 2019 Jerman
fsj jerman

FSJ Jerman – Ingin bisa ke Jerman tanpa kuliah? Saat ini banyak sekali program yang menyalurkan tenaga asing untuk bisa masuk di jerman. Jika sebelumnya Anda pernah mendengar program aupair, dimana belajar sambil mengerjakan pekerjaan rumah, adapun program Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ).

Program ini diadakan banyak belahan dunia, tujuannya adalah untuk menyalurkan tenaga kerja di Jerman dalam kegiatan sosial. Para pekerja ini adalah sukarelawan yang akan berada di Jerman selama satu tahun. Program ini juga ditujukan oleh kaum muda yang berumur hingga 27 tahun.

Baca Juga:  4 Keuntungan dan Cara Mendapatkan Lowongan Kerja Perawat di Jerman

Apa yang membuat program FJS ini sangat spesial dan patut diikuti? Program ini diadakan sebagai penghubung layanan praktis dalam lembaga sosial. Sukarelawan bisa berasal dari negeri manapun termasuk Indonesia.

fsj di jerman
Mengenal Program FSJ Jerman, Menjadi Sukarelawan yang Digaji

Para sukarelawan akan mendapatkan seminar sebagai persiapan tugas sesuai penempatan. Penempatan yang berbeda membuat tugas masing-masing dari sukarelawan berbeda. Jadi dibutuhkan seminar dan bimbingan dari tenaga profesional

Hal ini disebabkan, sukarelawan bisa saja berasal dari bidang yang berbeda. Lembaga-lembaga sosial yang membutuhkan program FSJ ini antara lain seperti lembaga penyandang cacat, rumah sakit, panti jompo, dan panti asuhan.

Durasi untuk mengikuti program FSJ Jerman ini adalah satu tahun biasanya dimulai dari awal bulan agustus untuk seminar dan akhir bulan agustus untuk mulai bekerja. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan mengikuti program ini.

Baca Juga:  3 Tips Menguasai Kata Kerja Bahasa Jerman dengan Cepat

Sukarelawan akan mendapatkan uang saku per bulan sebanyak 100 hingga 200 euro. Anda yang berhasil mengikuti program ini juga akan mendapatkan uang pensiun, asuransi dan fasilitas lain seperti pekerja pada umumnya.

Tidak perlu memikirkan tempat tinggal lagi karena semua sudah ditangani oleh lembaga. Seminar persiapan yang diikuti selama 25 hari tidak membutuhkan biaya dan selama bekerja setahun Anda akan mendapat jatah libur 26 hari.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk menjadi sukarelawan di Jerman?

syarat syarat fsj jerman
Syarat-Syarat Mengikuti FSJ di Jerman

Apabila Anda tertarik untuk mengikuti program ini maka segeralah untuk mendaftar. Persyaratan pendaftaran perlu dipersiapkan jauh-jauh hari karena Anda perlu menguasai bahasa Jerman.

Program ini cukup ketat, bagi mereka yang ingin mendaftar harus memiliki sertifikat lulus ujian bahasa Jerman tingkat B1 atau B2. Sertifikat ini harus asli dan dikeluarkan oleh Goethe Institut.

Baca Juga:  4 Keuntungan Mengikuti Aupair Jerman dan Syarat Mendaftarnya

Jika ingin menguasai bahasa Jerman, Anda bisa mengikuti kursus di Virtu Education. Kami menyediakan kelas khusus untuk Anda yang akan mempersiapkan ujian B1. Namun jika Anda belum memahami bahasa Jerman sama sekali, ikuti kursus kelas bahasa Jerman dasar.

Mulai dari dasar, kami akan membimbing Anda hingga layak mengikuti ujian bahasa Jerman dari B1. Bahasa menjadi syarat penting dan utama yang harus Anda penuhi sebelum mendaftar.

Bagi Anda yang sudah memiliki sertifikat B1, maka lanjutkan dengan mempersiapkan beberapa dokumen berikut ini:

1. Surat lamaran

2. CV yang ditulis dengan tangan

3. Surat motivasi, alasan mengapa ingin mengikuti FSJ Jerman

4. Surat referensi dari 3 lembaga

4 foto paspor

5. SIM internasional

6. Ijazah terakhir yang telah diterjemahkan dalam bahasa Jerman

7. Surat kesehatan dari dokter

Siapkan dokumen tersebut lengkap bersama dengan sertifikat B1 dari Goethe Institut. Dokumen tersebut bisa Anda kirim pada lembaga penyalur. Pastikan semua surat lamaran dan CV menggunakan bahasa Jerman.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Perancis Sebagai Aupair Adalah Cara Tercepat

Setelah mengirim Anda cukup menunggu informasi selanjutnya karena akan dilakukan seleksi yang sangat detail. Jika beruntung dan diterima Anda akan mendapat informasi segera dan dapat langsung mengikuti seminar.

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply

×