Mengenal Program FSJ Jerman, Menjadi Sukarelawan yang Digaji

By 19/03/2019 March 15th, 2020 Jerman
fsj jerman

FSJ Jerman – Ingin bisa ke Jerman tanpa kuliah? Saat ini banyak sekali program yang menyalurkan tenaga asing untuk bisa masuk di jerman. Jika sebelumnya Anda pernah mendengar program aupair, dimana belajar sambil mengerjakan pekerjaan rumah, adapun program Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ).

Program ini diadakan banyak belahan dunia, tujuannya adalah untuk menyalurkan tenaga kerja di Jerman dalam kegiatan sosial. Para pekerja ini adalah sukarelawan yang akan berada di Jerman selama satu tahun. Program ini juga ditujukan oleh kaum muda yang berumur hingga 27 tahun.

Baca Juga:  4 Keuntungan dan Cara Mendapatkan Lowongan Kerja Perawat di Jerman
Apa yang membuat program FJS ini sangat spesial dan patut diikuti? Program ini diadakan sebagai penghubung layanan praktis dalam lembaga sosial. Sukarelawan bisa berasal dari negeri manapun termasuk Indonesia.

fsj di jerman
Mengenal Program FSJ Jerman, Menjadi Sukarelawan yang Digaji

Para sukarelawan akan mendapatkan seminar sebagai persiapan tugas sesuai penempatan. Penempatan yang berbeda membuat tugas masing-masing dari sukarelawan berbeda. Jadi dibutuhkan seminar dan bimbingan dari tenaga profesional

Hal ini disebabkan, sukarelawan bisa saja berasal dari bidang yang berbeda. Lembaga-lembaga sosial yang membutuhkan program FSJ ini antara lain seperti lembaga penyandang cacat, rumah sakit, panti jompo, dan panti asuhan.

Durasi untuk mengikuti program FSJ Jerman ini adalah satu tahun biasanya dimulai dari awal bulan agustus untuk seminar dan akhir bulan agustus untuk mulai bekerja. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan mengikuti program ini.

Baca Juga:  3 Tips Menguasai Kata Kerja Bahasa Jerman dengan Cepat
Sukarelawan akan mendapatkan uang saku per bulan sebanyak 100 hingga 200 euro. Anda yang berhasil mengikuti program ini juga akan mendapatkan uang pensiun, asuransi dan fasilitas lain seperti pekerja pada umumnya.

Tidak perlu memikirkan tempat tinggal lagi karena semua sudah ditangani oleh lembaga. Seminar persiapan yang diikuti selama 25 hari tidak membutuhkan biaya dan selama bekerja setahun Anda akan mendapat jatah libur 26 hari.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk menjadi sukarelawan di Jerman?

syarat syarat fsj jerman
Syarat-Syarat Mengikuti FSJ di Jerman

Apabila Anda tertarik untuk mengikuti program ini maka segeralah untuk mendaftar. Persyaratan pendaftaran perlu dipersiapkan jauh-jauh hari karena Anda perlu menguasai bahasa Jerman.

Program ini cukup ketat, bagi mereka yang ingin mendaftar harus memiliki sertifikat lulus ujian bahasa Jerman tingkat B1 atau B2. Sertifikat ini harus asli dan dikeluarkan oleh Goethe Institut.

Baca Juga:  4 Keuntungan Mengikuti Aupair Jerman dan Syarat Mendaftarnya
Jika ingin menguasai bahasa Jerman, Anda bisa mengikuti kursus di Virtu Education. Kami menyediakan kelas khusus untuk Anda yang akan mempersiapkan ujian B1. Namun jika Anda belum memahami bahasa Jerman sama sekali, ikuti kursus kelas bahasa Jerman dasar.

Mulai dari dasar, kami akan membimbing Anda hingga layak mengikuti ujian bahasa Jerman dari B1. Bahasa menjadi syarat penting dan utama yang harus Anda penuhi sebelum mendaftar.

Bagi Anda yang sudah memiliki sertifikat B1, maka lanjutkan dengan mempersiapkan beberapa dokumen berikut ini:

1. Surat lamaran

2. CV yang ditulis dengan tangan

3. Surat motivasi, alasan mengapa ingin mengikuti FSJ Jerman

4. Surat referensi dari 3 lembaga

4 foto paspor

5. SIM internasional

6. Ijazah terakhir yang telah diterjemahkan dalam bahasa Jerman

7. Surat kesehatan dari dokter

Siapkan dokumen tersebut lengkap bersama dengan sertifikat B1 dari Goethe Institut. Dokumen tersebut bisa Anda kirim pada lembaga penyalur. Pastikan semua surat lamaran dan CV menggunakan bahasa Jerman.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Perancis Sebagai Aupair Adalah Cara Tercepat
Setelah mengirim Anda cukup menunggu informasi selanjutnya karena akan dilakukan seleksi yang sangat detail. Jika beruntung dan diterima Anda akan mendapat informasi segera dan dapat langsung mengikuti seminar.

 

Program FSJ Jerman dan 4 Keuntungannya

program FSJ Jerman

FSJ merupakan program volunteer yang secara umum bisa diikuti dalam kurun waktu enam hingga 18 bulan. Peserta yang mengikuti ini akan bekerja di sebuah lembaga non profit pada berbagai macam sektor. Siapa saja bisa mengikutinya asalkan telah menyelesaikan pendidikan SMA dan umurnya tidak lebih dari 27 tahun.

Tujuan dari program ini adalah untuk menawarkan kepada anak muda kesempatan dalam menemukan orientasi akademik dengan status yang legal. Jadi jika kamu masih ragu untuk melanjutkan pendidikan di universitas atau belum memiliki dana yang cukup tidak ada salahnya mencoba ikuti FSJ Jerman.

Perlu kamu ketahui bahwa program ini legal adanya, karena telah diprakarsai sejak tahun 1962 oleh Gertrud Rückert. Ada banyak sekali bidang yang dibuka dan semuanya termasuk dalam sektor sosial. Misalnya saja, kamu akan ditempatkan dalam panti asuhan atau panti jompo dan bekerja sebagai karyawan disana.

Ada beberapa aturan yang diterapkan seperti penempatan sesuai dengan minat dan kemampuan, jam kerja dan liburan, gaji hingga berapa lama kamu akan menghabiskan waktu mengikuti program ini. Ya, selama ikuti FSJ kamu akan mendapatkan upah standar sehingga kampun tetap bisa hidup dengan nyaman. Adapun keuntungan yang akan kamu dapatkan selama program ini adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kemampuan bahasa Jerman

Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang dan ingin menjelajahi Eropa maka inilah saatnya. FSJ akan membawamu tinggal di Eropa dan memperdalam tentang bahasa Jerman. Jika di Indonesia kamu hanya bisa belajar bahasa Jerman hingga level B2 maka, di Jerman kamu bisa meningkatkannya sampai level C2.

Selama mengikuti program kamu tidak hanya dituntut untuk bekerja, tetapi selama waktu liburan di akhir pekan kamu juga bisa mengikuti kursus.

Praktek bahasa Jerman sehari-hari pun bukan menjadi masalah lagi. Kamu akan dikelilingi oleh penutur asli yang akan membuatmu lebih mudah untuk belajar bahkan bertukar kebudayaan.

2. Kesempatan mengeksplor karir

Tak sedikit mereka yang sudah menyelesaikan program FSJ pada akhirnya meneruskan karirnya di bidang yang sama.

Walaupun bekerja sebagai volunteer bukan berarti tidak ada jejak karir yang bisa kamu dalami. Misalnya saja kegiatan membantu penyandang cacat atau di panti jompo akan meningkatkan kemampuanmu sebagai perawat.

Tidak menutup kemungkinan jika selepas FSJ kamu akan melanjutkan belajar untuk menjadi perawat yang sesungguhnya. Kesempatan ini pun tidak terbatas di Indonesia saja. Karena nantinya akan ada sertifikat FSJ yang bisa digunakan untuk mendaftar kuliah atau kerja.

3. Gaji dan tempat tinggal

Akomodasi selalu menjadi permasalahan besar karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Apalagi jika kamu ditempatkan di kota besar seperti Berlin.

Maka biaya hidup pun akan sangat tinggi. Jangan khawatir karena selama mengikuti program kamu akan disediakan tempat tinggal di asrama jadi tidak perlu mengeluarkan biaya sewa apartemen.

Hal yang sama dengan konsumsi sehari-hari, setiap lembaga sosial menyediakan makan dan minum bagi semua karyawan. Ditambah lagi kamu juga akan mendapatkan gaji bulanan sekitar 100 hingga 200 euro. Gaji yang cukup sebagai uang saku selama tinggal di Jerman.

4. Kesempatan mengunjungi negara lain

Sebelum kamu mulai bekerja, akan ada training semacam workshop yang dilakukan setiap beberapa minggu sekali.

Workshop ini juga tidak hanya dilakukan di Jerman, tetapi beberapa ada juga yang dilakukan di luar negeri seperti Perancis atau Italia. Disinilah kesempatan kamu untuk bisa mengunjungi negara lain gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sendiri.

Kamu juga akan berkenalan dengan lebih banyak volunteer dari negara lainnya. Disinilah waktu yang tepat untuk kamu memperluas jaringan. Jadi setelah selesai mengikuti program FSJ Jerman kamu masih memiliki banyak hubungan baik. Kesempatan ini akan meningkatkan karirmu di masa depan.

Pastinya kamu tertarik dong dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan dari program FSJ ini. Gak perlu nunggu lama lagi untuk bisa langsung ikutan. Syarat utamanya adalah menguasai bahasa Jerman hingga level B2. Kamu bisa mengikuti kursus di Virtu Education selama enam bulan sebelum mendaftar FSJ.

Virtu Education tidak hanya menyediakan kursus bahasa hingga level B2, tapi kamu juga akan mendapatkan cara bagaimana bisa lolos mengikuti program FSJ Jerman ini. Sangat menarik bukan? Yuk daftar sekarang juga.

Apa Itu FSJ Jerman?

FSJ Jerman – Apakah kamu memiliki keinginan untuk merasakan tinggal di Jerman? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat pergi ke Jerman. Selain dengan kuliah atau kerja di Jerman, kamu bisa pergi ke Jerman dengan Aupair, Ausbildung, atau FSJ Jerman.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang apa itu FSJ Jerman dan syarat – syarat mengikuti program FSJ di Jerman. Simak informasi lengkap mengenai FSJ Jerman berikut ini.

Apa Itu FSJ Jerman?

FSJ adalah singkatan dari Freiwlliges Soziales Jahr, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan kerja sosial. FSJ merupakan pekerjaan menjadi sukarelawan yang bekerja di sektor sosial di Jerman.

Program FSJ Jerman ini bukan hanya bisa diikukti oleh pemuda Jerman saja, tetapi juga bisa diikuti oleh para pemuda atau pemudi di luar negara Jerman, termasuk pemuda atau pemudi dari Indonesia. Jika kamu ingin merasakan bagaimana suasana dan budaya kerja di Jerman, kamu bisa mengikuti program FSJ di Jerman.

FSJ Jerman biasanya berlangsung selama 1 tahun. Secara umum, ada banyak bidang yang tersedia untuk program FSJ Jerman. Namun, kebanyakan program FSJ Jerman yang tersedia untuk para pemuda di luar Jerman adalah di bidang panti jompo dan di tempat anak – anak penyandang disabilitas.

Area kerja FSJ di Jerman bisa meliputi di taman kanak-kanak, di rumah sakit atau pusat perawatan lansia. Uang saku yang didapatkan saat mengikuti program FSJ di Jerman sekitar 300 – 500 Euro. Aturan dan peraturan penempatan, termasuk lokasi, jam kerja, dan remunerasi atau uang saku bisa berbeda – beda. Hal tersebut diatur oleh perusahaan (Trager) tempat kamu melakukan FSJ di Jerman.

Untuk para pemuda di luar negara Jerman yang tertarik mengikuti program ini, harus memiliki visa. Visa yang diperlukan untuk FSJ di Jerman masuk ke dalam kategori visa pekerja yang masa berlakunya 1 tahun.

Peserta FSJ Jerman yang berasal dari luar Jerman, harus menanggung biaya sendiri untuk membayar pembuatan visa dan tiket pesawat untuk berangkat ke Jerman.

Program ini memberikan status hukum bagi para pesertanya yang sebanding dengan mereka yang melakukan Ausbildung Jerman atau magang di Jerman. Program ini bisa menjadi batu loncatan kamu untuk bekerja di Jerman.
Umumnya syarat untuk bekerja di Jerman adalah memiliki pengalaman Ausbildung sebelum menjadi karyawan tetap di Jerman. Sementara untuk mengikuti Ausbildung atau magang di Jerman, kamu harus memiliki pengalaman 1 tahun di bidang yang di ingin kamu ikuti untuk Ausbildung.

Nah, dengan program FSJ Jerman ini kamu bisa mendapatkan pengalaman selama 1 tahun yang dapat mendukung kamu mengikuti Ausbildung di Jerman.

Ini Syarat – Syarat Mengikuti Program FSJ di Jerman

Secara umum syarat untuk mengikuti program FSJ Jerman diantaranya berusia 18 – 27 tahun, single atau belum menikah, memiliki sertifikat bahasa Jerman minimal level A1 tetapi disarankan kamu memiliki sertifikat level B1, dan memiliki pengalaman menjadi sukarelawan di bidang sosial minimal 3 bulan.

Selanjutnya syarat tambahan yang harus dipenuhi yaitu :

• Kamu harus memiliki paspor yang berlaku
• Menulis motivation letter dalam bahasa Jerman,
• Melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti ijazah terakhir dan CV yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman
• Mengisi aplikasi Trager
• Memiliki surat keterangan magang yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris
• Melampirkan foto – foto dokumentasi saat magang sebelumnya.

Fasilitas Apa Saja yang Didapat?

Kalau baca baik-baik, pasti sudah tahu ya fasilitas apa saya yang didapat. Namun, itu secara umum sebagai FSJ. Terkadang tempat kerja memberikan fasilitas lebih bagi FSJ di tempatnya. Jadi bisa dibilang fasilitas yang didapatkan berbeda bagi tiap tempat kerja.

Kalau sudah baca link FSJ di LMBHH dengan baik-baik, pasti nemu penjelasan tentang tambahan libur dua hari per tahun jika FSJ ambil bagian dalam tugas jaga malam. Tidak hanya itu, LMBHH juga memberikan kartu transportasi Hamburg secara penuh, sedangkan kolega saya di tempat kerja lain hanya diberikan diskon sebesar 25 euro. Ada tempat kerja yang menyediakan tempat tinggal khusus bagi FSJ mereka, ada juga yang memberikan dana khusus dengan jumlah tertentu untuk tempat tinggal FSJ, dan ada yang sama sekali tidak memberikan apa pun.

Tidak tertutup kemungkinan ada perbedaan juga di antara Arbeitsträger. Contohnya adalah tentang uang saku yang didapatkan FSJ, terjadi perbedaan uang saku antara saya dengan kolega saya yang menjadi FSJ di WG

Learn More

Kemampuan bahasa Jerman belum bagus, bagaimana?

Di tempat kerja terkadang kolega menjelaskan banyak hal tentang penghuni rumah, termasuk obat-obatan yang harus mereka terima tiap hari, kalau sampai itu salah ya bisa bahaya, jadi kemampuan bahasa Jerman yang lumayan bisa dibilang penting. Atau paling tidak bisa mengerti apa yang lawan bicarakan. Kalau pun engga mengerti, diperbolehkan kok nanya lagi dan lagi sampai mengerti. Mereka pasti mengerti.

Terkadang saya juga harus menjelaskan secara lisan atau tulisan di buku tugas tentang beberapa hal dengan bahasa Jerman yang berantakan, namun kolega-kolega saya selalu sabar dan selalu mencoba mengerti apa yang saya bilang. Intinya, selama masih bisa berkomunikasi ya masih memungkin. Begitu menurut saya.

Tapi benar deh, bekerja di antara orang banyak dengan menggunakan bahasa asing memang bikin terkadang bikin stres, tapi dibalik itu bahasa asing kita akan meningkat dengan pesat dan banyak kata baru yang bisa diserap. Itu yang saya alami.

Learn More
virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply

×