Double Degree: Pengertian dan Manfaatnya

By 06/09/2021 Jerman
double degree adalah

Di era seperti sekarang ini Double Degree adalah salah satu hal yang bisa menjadi nilai plus dan wajib anda miliki.

Dimana ilmu pengetahuan apapun itu bidangnya, tentu saja pada dasarnya akan saling berhubungan. Tidak peduli dari manapun mereka berasal, mulai dari cabang sosial hingga alam tentu saja setiap ilmu pengetahuan mempunyai titik dimana mereka akan saling berhubungan.

Misalnya dalam bidang desain visual, dimana para desainer akan sering membutuhkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang psikologi untuk bisa memperoleh desain yang bisa diterima oleh banyak orang dari hasil karya yang dibuat.

Karena pentingnya dan saling bersinggungan ilmu pengetahuan tersebut mulai muncul gagasan baru terkait program double degree.

Menurut ristekdikti sendiri Double Degree adalah penyelenggaraan kegiatan dari perguruan tinggi entah itu negeri atau swasta untuk melakukan program studi secara bersamaan dan saling mengakui kelulusannya.

Sehingga tentu saja lulusan dari program Double Degree ini akan mendapatkan gelar ganda serta mempunyai kemampuan plus terhadap program reguler lainnya yang mereka tempuh.

Pengertian Double Degree sendiri juga mempunyai dua jenis program lainnya di dalamnya yakni Double Degree Reguler dan juga Double Degree Akselerasi.

Apa Itu Double Degree? 

pengertian Double Degree
Lalu apa itu Double Degree? Double Degree adalah program kuliah yang memungkinkan pelajar bisa mendapatkan dua gelar akademis sekaligus di dalam satu periode masa studi. 

Dimana dua gelar tersebut didapatkan dari kampus dalam negeri dan juga kampus luar negeri yang mempunyai ikatan kerja sama.

Jadi anda hanya bisa mendapatkan program Double Degree jika berkuliah di universitas dalam negeri yang bekerja sama dengan universitas luar negeri.

Sehingga nantinya jika anda berminat dengan program kuliah ini, anda harus mengecek apakah kampus yang anda pilih tersebut memang bekerja sama dengan kampus luar negeri atau tidak.

Pada awalnya, program dari Double Degree adalah memiliki tujuan untuk mempercepat upaya dari penyetaraan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

Dimana program ini memungkinkan mahasiswa Indonesia mempunyai standar internasional dan dapat lebih percaya diri untuk bersaing di kancah internasional.

Nah sebagai informasi tambahan, karena program ini memang didesain sedemikian rupa supaya lulusannya dapat mempunyai standar kompetensi internasional.

Maka tentu saja dapat dipastikan jika program Double Degree hanya ditujukan untuk segmentasi dari siswa-siswa tertentu saja.

Dimana sasarannya adalah siswa yang ingin kuliah di luar negeri seperti kuliah di Jerman, namun tidak ingin terlalu lama berada di luar negeri, dan juga siswa yang memang memiliki cita-cita untuk berkarir di luar negeri.

Manfaat dan Tujuan Mengikuti Program Double Degree

Double DegreeDalam perkembanganya, program kuliah dual degree ini juga mengalami evolusi dimana jika dulu hanya bisa kuliah di satu jurusan kuliah saja.

Namun sekarang ini siswa bisa kuliah di dua kampus dan dua level yang berbeda, misalnya di level S1 dan juga level S2 dalam satu periode waktu tertentu.

Nah lalu apa sih tujuan dan manfaat mengikuti program Double Degree ini? Untuk anda yang sudah penasaran dengan tujuan dan manfaat dari Double Degree, berikut dibawah ini sudah saya jelaskan ulasannya dengan lengkap.

Memiliki Dua Gelar

Sama seperti namanya, manfaat dari Double Degree adalah anda bisa mendapatkan dua gelar.

Setelah anda menyelesaikan program ini, maka akan ada dua gelar sarjana yang akan anda miliki yakni sarjana dalam negeri dan juga gelar sarjana internasional.

Misalnya saja untuk anda yang mengambil program kuliah double degree di bidang sains, maka anda juga berhak untuk mendapatkan gelar sarjana luar negeri seperti B.Sc atau Bachelor of Science.

Mengetahui Bagaimana Sistem Pendidikan Luar Negeri

Selama anda menjalani program double degree, tentu saja akan ada waktu dimana anda akan kuliah di kampus dari kampus partner. Dalam hal ini, anda akan berkuliah di kampus luar negeri selama beberapa semester saja.

Nah disinilah kesempatan emas yang bisa anda dapatkan yakni merasakan seperti apa nantinya kualitas pendidikan serta sistem pendidikan di luar negeri. 

Dimana pastinya hal tersebut akan menjadi salah satu pengalaman yang berharga untuk anda.

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Mempermudah Berkarir Di Perusahaan Multinasional

Dengan memiliki pengalaman kuliah di luar dan juga dalam negeri tentu saja anda akan mendapatkan materi kuliah dan juga pembahasan yang berbeda-beda tergantung standar nasional dan juga standar internasional. 

Dengan begitu tentu saja anda juga akan memiliki kemampuan untuk melakukan analisis strategis yang pastinya akan sangat relevan dengan berbagai macam permasalahan-permasalahan di suatu perusahaan.

Dimana kemampuan ini akan sangat membantu dan juga bisa membuat anda spesial karena akan dibutuhkan oleh beberapa perusahaan-perusahaan multinasional karena anda dianggap bias beradaptasi dengan berbagai macam permasalahan yang kemungkinan akan dihadapi perusahaan.

Memperluas Relasi

Manfaat berikutnya dari Double Degree adalah bisa memperluas relasi. Dimana gelar ganda tersebut adalah rencana dari pemerintah yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri untuk bisa meningkatkan kualitas dari pendidikan yang ada di Indonesia.

Dimana ketika anda menjalankan program ini, anda tidak hanya akan berkuliah di INdonesia saja.

Namun anda juga akan berkuliah di mancanegara. Dengan kata lain, maka manfaat yang akan anda dapatkan dari mengikuti program kuliah ini adalah anda akan mendapatkan relasi baru dan juga teman baru yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk masa depan karir anda.

Memiliki Nilai Plus Ketika Melamar Kerja

Contoh kasusnya adalah seperti basis pendidikan yang anda miliki adalah seorang psikologi.

Kemudian anda mencoba untuk melamar kerja di suatu perusahaan dengan lowongan di bidang HRD tentu saja itu menjadi pilihan yang tepat karena bidang yang anda lamar tersebut sesuai dengan jurusan kuliah.

Namun tentu saja sebagai perusahaan, mereka akan mencari mana yang benar-benar terbaik dan memang berkualitas untuk memenuhi syarat menjadi HRD di perusahaan tersebut.

Nah salah satu syarat dan nilai plus tersebut adalah jika anda memiliki dan mengikuti program Double Degree.

Mengasah Kreativitas dan Juga Kemampuan Dalam Berinovasi

Terakhir, manfaat dari mengikuti program Double Degree adalah bisa mengasah kreativitas dan juga kemampuan dalam berinovasi.

Hal ini karena dalam menjalani studi di dua jurusan dan dua universitas yang berbeda tentu saja anda bisa mengkolaborasikan pengetahuan yang anda dapatkan dari dua jurusan tersebut

Dimana hasil kolaborasi dari dua ilmu pengetahuan tersebutlah yang nantinya bisa membuat anda menciptakan suatu karya yang inovatif.

Nah itulah pembahasan mengenai apa itu Double Degree dan juga apa saja manfaat yang bisa anda peroleh ketika mengikuti program kuliah Double Degree di universitas yang berbeda dalam satu waktu pendidikan.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin masih penasaran dengan pengertian serta tujuan dari pengadaan Double Degree.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×