Materi Dasar Bahasa Jerman yang Harus Dikuasai Pemula

By 15/08/2019 Jerman
dasar bahasa jerman

Dasar Bahasa Jerman – Bisa fasih berbahasa Jerman? Kemampuan tersebut tidak serat merta dikuasai dalam semalam saja. perlu waktu dan pembelajaran yang tekun. Siapa saja yang belajar bahasa Jerman pada awalnya selalu bilang materinya sangatlah sulit. Bahasa ini memang sulit untuk dipelajari khususnya bagi orang Indonesia.

Materi seperti grammar dan juga kosakatanya tidak mudah untuk dihafalkan dan dimengerti. Tetapi jangan pernah menyerah karena bahasa Jerman bisa menjadi sangat mudah. Walaupun berbeda sangat jauh dengan bahasa Indonesia, bukan berarti Anda tidak bisa menguasainya.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

Langkah pertama agar pelajaran bahasa Jerman menjadi lebih mudah adalah dengan menentukan tujuan. Apakah tujuan Anda menguasai bahasa Jerman? Berikan tujuan secara spesifik, misalnya Anda ingin berlibur ke Jerman, melanjutkan pekerjaan di sana atau untuk melanjutkan sekolah.

Memiliki tujuan kemudian menentukan batas waktu untuk belajar akan memacu siapa saja agar bisa cepat menguasai bahasa Jerman. Dimulai dari pelajaran dasar bahasa Jerman, siapa saja bisa mengenal bahasa ini dengan lebih mudah. Anda bahkan bisa mencari tempat kursus atau guru les privat bahasa Jerman untuk mendapatkan bimbingan lebih jauh.

belajar dasar bahasa jerman
Macam-Macam Materi Dasar Bahasa Jerman yang Harus Dikuasai Pemula

Sebagai pembelajaran baik itu melalui kursus atau belajar mandiri, setidaknya Anda harus mengetahui materi awal apa saja yang harus dikuasai. Bahkan materi-materi ini bisa dibaca sekilas sebelum Anda mulai mempelajari bahasa Jerman.

Apa saja yang akan dipelajari dalam materi dasar bahasa Jerman? Berikut ini beberapa macam materi menarik yang perlu Anda kuasai.

1. Alphabet

Mulailah dengan menganalisis perbedaan bahasa Indonesia dengan Jerman dalam bentuk alphabet. Faktanya banyak sekali perbedaan antara suara dan juga tulisan dari kedua bahasa ini. Jadi pelajari terlebih dahulu bagaimana suara pelafalan masing-masingalphabet. Anda bisa mempelajari mengucapkan kata nantinya.

Materi alphabet ini bisa dicari melalui online dan dengarkan pelafalan yang benar di setiap hurufnya. Khususnya pada pengucapan dengan kata Ä, Ö, Ü. Disamping itu belajar juga bagaimana huruf konsonan diucapkan.

2. Kata dasar

Jika semua alphabet sudah dikuasai Anda kini dapat melangkah pada materi kata dasar. Kata sangat penting untuk disusun dalam percakapan nantinya jadi belajar kata dan frasa yang sering digunakan, misalnya saja seperti berikut ini:

Hallo! — Halo
Hallo! Wie geht’s? — Halo, apa kabarmu?

Guten Morgen! — Selamat Pagi!
Guten Tag! — Selamat SIang!
Guten Abend! — Selamat Malam!

Danke sehr! — Terimakasih banyak!
Tschüss! Bis zum nächsten Mal. — Sampai jumpa lain waktu
Ich heiße [Name]. —Nama saya adalah [Nama] Ich spreche nicht sehr gut Deutsch. — Aku tidak berbahasa Jerman dengan baik.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung
Baca Juga:  Contoh Percakapan Perkenalan Bahasa Jerman 2 Orang

3. Kata benda, kata kerja, kata sifat

Pelajaran dasar bahasa Jerman lainnya adalah ekspresi yang berhubungan dengan berbagai jenis kata. Ekspresi ini sangat penting untuk penyusunan kalimat dalam sebuah percakapan. Mulai dari kata benda, kata kerja dan juga kata sifat. banyak sekali kunci yang perlu dipelajari dalam hal ini, dan sebaiknya gunakan idiom atau kata-kata gaul agar bahasa tidak bosan untuk dipelajari.

4. Tata Bahasa dan Susunan Kalimat

Bagi pemula, belajar tata bahasa dalam bahasa Jerman adalah bagian yang paling sulit. Tata bahasa bisa menjadi sangat menjebak di awal ketika sedang belajar, karena banyak sekali aturan yang harus diperhatikan. Anda harus mencari cara belajar yang lebih mudah agar bisa menguasai bahasan tentang tata bahasa lebih mudah.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply

×