Ketahui 3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri dengan Mudah

By 19/08/2019 Jerman
cara transfer uang ke luar negeri

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri – Pernahkah kamu mempertanyakan bagaimana orang yang bekerja di luar negeri mengirim uang untuk keluarga mereka di rumah? Atau bagaimana orang yang tinggal di Indonesia ingin mengirim uang untuk kerabat mereka di luar negeri? Demi berbagai keperluan, mengirim uang ke luar negeri kini bukanlah hal yang asing atau sulit dilakukan.

Baik itu keperluan bisnis atau kebutuhan keluarga, layanan keuangan menjadi sangat vital. Bisnis akan menjadi lancar dan bisa merambah ke dunia internasional apabila semua transaksi keuangan berjalan mudah. Ditambah lagi saat ini semuanya serba digital, proses pengiriman uang bisa dilakukan di mana saja.

transfer uang ke luar negeri
Ketahui 3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri dengan Mudah

Melalui sistem online, semua pengiriman tidak perlu menunggu lama. Anda hanya perlu memilih cara pengiriman yang sangat beragam dari beberapa layanan keuangan dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara transfer uang ke luar negeri:

1. Prosedur Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat ATM

Dimana saja Anda menemukan mesin ATM sesuai dengan rekening bank yang dimiliki, maka pengiriman uang ke luar negeri bisa dilakukan dengan mudah. Namun ada beberapa hal yang harus dicermati ketika memilih ATM sebagai alat untuk transfer seperti kode bank yang dituju, jumlah potongan biaya transfer yang dibutuhkan dan juga jumlah uang yang memadai.

Jika Anda tidak mencermati jumlah biaya yang hendak ditransfer maka uang yang dikirimkan akan terpotong. Jadi orang yang menerima tidak akan mendapatkan jumlah sesuai dengan yang dibutuhkan. Kode bank yang dituju juga harus tepat, jika tidak transaksi yang dilakukan akan gagal.

Apabila masih merasa kesulitan dengan cara transfer uang ke luar negeri melalui ATM, maka Anda masih bisa memilih cara yang lainnya.

Baca Juga:  3 Motivasi Sekolah di Jerman Untuk Kuliah S1, S2 dan S3

2. Prosedur Mengirim Uang ke Luar Negeri dari Bank

Cara yang kedua bisa dilakukan adalah dengan melalui bank langsung. Mengirim melalui bank tergolong sangat aman dan jumlah uang yang dikirim bisa lebih besar dibandingkan melalui ATM. Mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta bisa Anda transfer dengan cepat, dan uang akan langsung masuk ke rekening si penerima.

Sama seperti ketika Anda hendak mengirim melalui ATM, jumlah biaya yang ditransfer, biaya administrasi dan juga alamat bank yang dituju tidak boleh salah. Jumlah biaya administrasi biasanya berbeda tergantung dengan kelipatan jumlah uang yang ditransfer, jadi sebaiknya tanyakan terlebih dahulu berapa jumlah biaya admin yang dibebankan.

Anda cukup datang ke bank sesuai dengan rekening yang dimiliki, kemudian mengisi formulir untuk transfer antar bank ke luar negeri. Isi formulir dengan data asli yang sesuai, Anda bisa melakukan transfer langsung antar rekening atau menggunakan yang cash di teller.

3. Prosedur Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui Western Union

Western Union adalah layanan pertama kali yang sangat murah biaya administrasinya dan tersebar di seluruh berbagai belahan negara. Layanan ini yang paling banyak digunakan dan sangat mudah untuk melakukan transfer kelipatan berapapun. Hanya saja penerima uang harus mengambilnya di kantor Western Union terdekat atau kantor pos.

Jika ingin menggunakan Western Union, maka Anda harus mendatangi agen terdekat dan mengisi formulir pengiriman uang yang disediakan. Semua Informasi harus diisi menggunakan huruf kapital. Jangan salah dalam mengisi nama sesuai KTP data diri penerima. Apabila salah penulisan maka uang yang dikirim tidak dapat dicairkan.

Jika transaksi sudah selesai, Anda akan mendapatkan kode yang harus diberikan kepada penerima untuk bisa mengambil uang. Kode tersebut juga bisa digunakan untuk mengecek apakah uang yang dikirim sudah diambil oleh penerima.

biaya transfer uang ke luar negeri
Berapa Biaya Transfer Uang ke Luar Negeri?

Berbagai cara transfer uang ke luar negeri tidak pernah terlepaskan dari biaya administrasi. Jumlah biaya ini berbeda di setiap negara dan juga cara pengiriman yang dipilih. Biaya kirim berbeda bank akan berbeda karena kebijakan masing-masing. Misalnya saja bank BCA, jika ingin mengirim biaya ke Amerika maka besaran administrasi sekitar $5.

Biaya tersebut belum ditambah dengan 15 dollar untuk bank korespondensinya. Jadi kisaran biaya yang dibutuhkan 20 dolar untuk sekali pengiriman. Biaya ini akan sama jika Anda memilih langsung transfer menggunakan bank atau ATM.

Baca Juga:  Berapa Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah

Berbeda dengan bank, pengiriman menggunakan Western Union tergantung dengan besaran uang yang dikirim. Bagi beberapa orang biaya administrasi akan semakin mahal jika uang yang dikirim dalam jumlah yang kecil, sedangkan jumlah besar hanya membutuhkan sedikit biaya.

Secara umum, biaya transfer yang dibutuhkan adalah 11% dari jumlah yang dikirim. Bilangan tersebut berlaku untuk uang di bawah 10 juta. Namun jika di atas 10 juta biaya akan administrasi akan semakin murah yaitu 4,5% saja.

Berapapun biaya administrasi yang dibebankan, semua pengiriman akan dilakukan dalam waktu 5 menit. Penerima tidak harus menunggu berhari-hari untuk bisa menerima uang kiriman Anda. Bahkan jika Anda ingin berbelanja barang-barang dari luar negeri, semua transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan juga cepat.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply

×