Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri Tanpa IPK Tinggi

By 10/02/2020 Jerman
cara mendapatkan beasiswa s2 luar negeri

Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri – Apa sih kendala saat kamu ingin kuliah ke luar negeri? Prestasi, biaya atau justru kamu kurang percaya diri? Jika impianmu adalah bisa belajar di luar negeri dan bekerja di sana, maka berusahalah dari sekarang. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya.

Banyak juga mahasiswa yang mungkin tidak kepikiran untuk pergi kuliah di luar negeri. Tapi karena ketekunan dan terus berusaha tanpa henti akhirnya impian tersebut dapat diwujudkan. Beasiswa adalah salah satu jalan keluar yang sangat membantu. Masalah finansial yang tadinya menghambat dapat diselesaikan dengan mudah.

Beasiswa yang bisa didapatkan pun tidak terbatas hanya terdapat pada satu atau dua negara saja. Hampir di setiap negara tujuan kuliah selalu menyediakan beasiswa. Pemerintah di setiap negara telah membuka kesempatan besar bagi mahasiswa dari seluruh dunia untuk kuliah di negara mereka.

Kesempatan inilah yang tidak boleh dilewatkan, bahkan di antara syarat yang harus dipenuhi IPK tidak menjadi syarat utamanya. Penasaran apa saja beasiswa yang bisa kamu dapatkan dan bagaimana cara agar berhasil? Simak selengkapnya disini.

Langkah Mendapat Beasiswa S2 Luar Negeri Jerman dan Negara Lainnya

beasiswa s2 luar negeri jermanDi antara beberapa negara di dunia, Jerman menjadi negara nomor tiga yang menyediakan banyak beasiswa khusus untuk mahasiswa di negara berkembang. Bukan hanya beasiswa, kuliah di universitas negeri Jerman saja tidak perlu biaya yang banyak. Pemerintah Jerman telah membebaskan mahasiswa dari biaya kuliah yang sangat mahal.

Alasan Jerman menjadi negara tujuan kuliah adalah perekonomiannya yang sangat kuat. Lulus sebagai mahasiswa Jerman akan menjamin karir internasional di masa depan. Selain Jerman negara kedua adalah Inggris, dimana pengajaran di Inggris telah diakui di dunia. Negara nomor satu adalah Amerika yang sangat sudah jelas sebagai negara termaju di seluruh dunia.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri ke Jerman

Semua negara ini menyediakan beasiswa S2 luar negeri yang bisa kamu capai. Misalnya saja Jerman dengan beasiswa DAAD yang diadakan oleh pemerintah. Sedangkan untuk Inggris memberikan beasiswa Chevening dan Amerika menyediakan Fulbright. Apa saja langkah yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa ini?

– Mencari bidang yang ingin dipelajari

Bagi kamu yang sudah menyelesaikan studi S1 maka akan lebih mudah untuk menentukan bidang apa yang ingin dipelajari ketika S2. Carilah bidang yang ingin ditekuni, jika ingin mudah pilih yang sesuai dengan pendidikan sebelumnya. Misalnya pendidikan sarjana yang telah ditempuh adalah ekonomi manajemen, maka untuk S2 kamu bisa mengikuti program MBA.

Jika kamu memilih bidang sama maka syarat yang harus dikumpulkan tentu lebih mudah. Dibandingkan kamu akan mempelajari arsitektur, padahal sebelumnya kamu belajar tentang ekonomi. Walaupun hal itu juga tidak menutup kemungkinan.

– Mencari informasi ketersediaan bidang

Kamu mungkin telah menentukan bidang yang ingin dipelajari, namun belum tentu setiap universitas menyediakannya. Bisa saja yang tersedia adalah program S1 saja, atau mungkin di negara yang kamu inginkan tidak menyediakannya. Oleh karena itu penting untuk mengumpulkan info mana saja universitas yang menyediakan bidang tersebut. Catat dan jangan hanya pilih satu saja.

Perlu beberapa nama universitas dan jangan ragu untuk mendaftar di satu tempat lebih. Sehingga kesempatan diterima pun akan lebih tinggi. Setidaknya kamu memiliki dua atau tiga pilihan.

– Mengecek ketersediaan beasiswa

Saatnya mencari informasi beasiswa. Kamu bisa mencari beasiswa dari pemerintah, yayasan atau swasta dan juga universitas tersebut. Ketika mencari informasi ini catat juga tentang syarat masing-masing beasiswa. Catat juga apa saja yang didapatkan misal diterima. Apakah beasiswa tersebut akan mengcover semua biaya kuliah hingga biaya hidup.

Apabila tidak, maka kamu harus mempertimbangkan sumber dana lainnya. Misalnya saja tabungan. Ketika informasi sudah terkumpul maka saatnya kamu untuk mempersiapkan diri.

– Siapkan semua syarat beasiswa

Siapkan semua syarat yang dibutuhkan, mulai dari dokumen hingga kemampuan. Kamu harus meneliti kembali syarat dokumen, apakah perlu diterjemahkan ke bahasa khusus dengan sertifikasi. Bisa juga syarat yang dibutuhkan memiliki standar khusus. Jangan sampai mengumpulkan semua syarat terlambat karena kamu akan kehilangan kesempatan besar ini.

Hal terpenting adalah surat motivasi yang menjelaskan mengapa kamu memilih bidang tersebut dan rencana tesis kedepannya. Siapkan diri untuk mengikuti semua tes tertulis hingga wawancara.

– Tunggu hasil

Kamu sudah berusaha sekuat tenaga mulai dari mempersiapkan diri hingga mengikuti tes seleksi. Saatnya menunggu, biasanya hasil akan disampaikan melalui email atau surat baik itu diterima atau tidaknya. Hasil biasanya akan dikirimkan 12 minggu setelah kamu mengikuti tes, jadi jangan lupa sering-seringlah mengecek surat dan email masuk.

Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri dengan Mudah

beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat ipk

Sudah dijelaskan bagaimana cara mendapatkan beasiswa S2 luar negeri tapi kamu masih ragu? Pastinya butuh dorongan moral yang besar dari diri sendiri dan juga lingkungan.

Jika kamu masih kurang percaya diri atau bahkan takut, maka cobalah untuk memikirkan dirimu lima tahun kedepan. Apa yang akan kamu raih setelah lulus kuliah di luar negeri? Apakah kamu bisa meraih cita-citamu? Cobalah untuk menanyakan kedua pertanyaan pada diri sendiri.

Lebih mempermudah kamu untuk bisa lebih berani mengambil keputusan, cobalah mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Hilangkan Rasa Keraguan

Sumber dari rasa tidak percaya diri untuk bisa berhasil kuliah di luar negeri dengan beasiswa adalah keraguan. Kamu mungkin ragu apakah berhasil untuk memperoleh beasiswa, karena memang tidak ada biaya lain untuk bisa kuliah.

Rasa takut pasti muncul dan itulah yang membentuk keraguan. Daripada memikirkan kegagalan, cobalah untuk berpikir apa yang harus kamu lakukan jika berhasil. Langkah ini cukup jitu mengusir rasa ragumu.

Baca Juga:  Beasiswa Jerman DAAD Yang Mudah Didapatkan

2. Memenuhi syarat dengan baik

Kamu ingin berhasil? Bangun diri untuk bisa berhasil melalui syarat-syarat yang harus dikumpulkan. Mulai dari transkrip, ijazah, surat motivasi, hingga tes bahasa.

Cukup empat syarat utama ini saja kamu pasti akan berhasil. Bagaimana caranya? Semua dimulai dari sekarang. Kamu harus membangun diri dengan baik sehingga mendapatkan nilai baik dan kemampuan bahasa yang sesuai.

3. Mendaftar beasiswa lebih dari satu

Sama seperti memilih university, kamu juga bisa mendaftarkan diri lebih dari satu beasiswa. Tidak ada aturan yang melarang untuk mengikuti program beasiswa sebanyak-banyaknya.

Toh jika salah satu berhasil diri sendiri juga yang akan senang. Dengan melamar ke lebih dari satu program beasiswa kesempatan untuk berhasil juga akan lebih tinggi.

Kumpulan Beasiswa S2 Luar Negeri Tanpa Syarat IPK Tinggi

Satu lagi hambatan besar yang cukup mengganggu untuk mendapatkan beasiswa yaitu nilai IPK tinggi. Rata-rata syarat yang harus dipenuhi adalah nilai IPK minimal 3.00 dari skala 4.

Jangan berkecil hati dulu karena masih ada banyak beasiswa yang tidak mensyaratkan IPK atau tidak perlu IPK yang tinggi. Apa saja beasiswa tersebut? Berikut daftarnya.

1. Beasiswa USAID ke AS

Beasiswa ini diberikan untuk area bidang studi kesehatan. Fokus pembelajaran S2 adalah riset pada berbagai ilmu seperti penyakit menular, perubahan iklim, kesehatan ibu dan anak, dll.

Bidang kesehatan ini paling banyak dicari dan jika berhasil kamu akan mendapat dana sebesar 95.000 USD. Syarat IPK yang dibutuhkan hanyalah 2.75 dari skala 4.00.

2. Beasiswa Australia

Bernama Australia Awards Scholarship, beasiswa ini memprioritaskan bidang seperti infrastruktur, science, kesehatan, manajemen, hukum, dll. Hampir semua bidang bisa dipelajari menggunakan beasiswa ini.

Termasuk beasiswa full funded yang syarat IPK adalah 2.75 dari skala 4. Khusus program master syarat bahasa yang dibutuhkan adalah IELTS dengan nilai minimal 5.5.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

3. Beasiswa KGSP

Beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah Korea Selatan dengan kuota 830. Selain beasiswa kamu juga akan mendapatkan kursus bahasa Korea selama satu tahun

IPK yang disyaratkan adalah 2.64 dan paling tinggi adalah 2.91. Bidang ilmu yang bisa dipelajari pun sangat luas seperti science dan teknik.

4. Beasiswa Eiffel

Salah satu beasiswa yang tidak mensyaratkan nilai IPK di dalamnya, padahal termasuk beasiswa full funded. Per tahun para mahasiswa akan mendapatkan 10.000 sehingga kuliah akan sangat terjangkau. Area studi adalah teknik, ekonomi dan manajemen serta hukum dan ilmu politik.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×