6 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

By 02/09/2021 Jerman
cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri? Tentu saja banyak orang yang memiliki cita-cita ingin bisa berkuliah di luar negeri.

Sebab dengan berkuliah di luar negeri anda bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan bermanfaat untuk kelangsungan karir di masa depan.

Nah tenang saja, sekarang ini sudah ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa berkuliah di luar negeri dengan mudah dan cepat.

Karena kemudahan yang ditawarkan tersebut tentu saja tidak heran jika saat ini semakin banyak orang yang aktif ingin berburu mendapatkan beasiswa gratis kuliah di luar negeri.

Banyak orang yang berpikiran jika kuliah di luar negeri tentu saja akan membutuhkan banyak biaya, termasuk biaya pendaftaran, biaya hidup dan biaya lainnya.

Namun hal tersebut tidak berlaku jika anda mengetahui bagaimana cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Di Luar Negeri

cara dapat beasiswa kuliah di luar negeriAda banyak sekali siswa SMA atau sederajat yang merasa tertarik untuk memperoleh beasiswa kuliah di luar negeri dengan gratis, namun sayangnya mereka belum tahu bagaimana cara mewujudkan impiannya tersebut.

Hal ini memang wajar, sebab beasiswa adalah salah satu impian dan juga tantangan untuk kebanyakan orang, khususnya memperoleh beasiswa di luar negeri.

Kenapa beasiswa disebut dengan tantangan? Hal ini karena anda harus berjuang sekeras dan sebisa mungkin untuk bisa memperoleh beasiswa. Bahkan anda harus bersaing dengan ratusan ribu siswa lainnya yang juga berjuang untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri.

Walaupun begitu, tenang saja, karena pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi terkait bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk anda yang memiliki mimpi untuk memperoleh beasiswa kuliah gratis di luar negeri.

Nah langsung saja, tanpa basa basi untuk anda yang sudah penasaran dengan bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dan terapkan.

  • Mempunyai Kemampuan Dan Prestasi Akademik

Prestasi akademik merupakan salah satu syarat mutlak dan juga modal yang sangat penting untuk anda yang ingin kuliah di luar negeri.

Hal ini terbukti dengan banyaknya penyedia beasiswa S1 di luar negeri yang menjadikan kepemilikan prestasi akademik sebagai salah satu syarat utama.

Oleh sebab itu, tentu saja anda harus mempersiapkan diri dengan mempunyai prestasi akademik yang setinggi mungkin. Terlebih lagi untuk anda yang saat ini masih duduk di bangku kelas 1 SMA.

Prestasi akademik sendiri bisa anda dapatkan melalui dua cara, yakni dengan selalu memperoleh nilai yang tinggi di kelas atau dengan menjuarai perlombaan akademik misalnya seperti mengikuti lomba, cerdas cermat atau bahkan lomba olimpiade.

  • Melakukan Riset Terhadap Lembaga Penyedia Beasiswa S1 Luar Negeri

Saat anda masih mengenyam bangku pendidikan SMA, mungkin anda akan menemukan berbagai macam lembaga penyedia beasiswa kuliah S1 di luar negeri. Entah itu informasi dari guru atau informasi dari internet.

Nah cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri adalah dengan cara melakukan riset dulu terhadap semua lembaga yang menyediakan beasiswa kuliah di luar negeri yang anda ketahui.

Sebaiknya anda harus mempelajari terlebih dahulu beberapa jenis beasiswa yang diberikan oleh lembaga dari penyedia layanan beasiswa S1.

Sebagai informasi tambahan, bahwa terkadang beberapa penyelenggara beasiswa kuliah di luar negeri hanya menyediakan beasiswa khusus di pelajaran atau jurusan tertentu.

Ada juga penyedia beasiswa kuliah gratis di luar negeri yang memberikan layanan full beasiswa untuk semua jurusan, semua biaya kuliah seperti uang saku, hingga uang akomodasi.

Nah untuk itu sangat penting bagi anda mengetahui dan melakukan riset terlebih dahulu terkait informasi beasiswa kuliah gratis di luar negeri.

  • Persiapkan Semua Syarat Dan Surat Rekomendasi

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri berikutnya adalah dengan mempersiapkan semua syarat termasuk juga surat rekomendasi.

Dimana syarat utama yang harus anda miliki jika ingin memperoleh beasiswa S1 Jerman adalah surat memenuhi syarat dan surat rekomendasi..

Dimana surat rekomendasi dinilai mempunyai peran yang sangat penting terhadap proses beasiswa. Sebab dengan surat ini, anda akan dinyatakan layak untuk memperoleh beasiswa dari lembaga penyedia beasiswa kuliah di luar negeri.

Usahakan agar anda meminta referensi terhadap guru, pelatih ekstrakurikuler maupun terhadap wali murid. Jika anda sudah meminta surat rekomendasi jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih karena sudah dibantu.

Selain surat rekomendasi, anda juga harus menyiapkan beberapa syarat lainnya seperti Motivation, CV, Letter, Essay dan syarat lainnya.

Dimana biasanya syarat dari beasiswa luar negeri memiliki urgensi yang cukup tinggi, bahkan penyelenggara juga akan menyoroti dokumen persyaratan anda tersebut.

  • Belajar Interview

Berikutnya, cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri adalah dengan mempelajari dan memahami interview.

Selain menyiapkan Motivation, Letter dan juga CV tentu saja anda juga harus belajar terkait bagaimana cara menjalani interview dengan tenang dan santai. Sebab interview juga menjadi salah satu tahap yang sangat penting.

Dimana dalam tahap ini anda dapat meminta bantuan dari orang-orang terdekat seperti anggota keluarga, teman untuk menjadi seorang yang seolah-olah berlaku sebagai mentor atau orang yang menanyakan pertanyaan berbahasa asing tersebut.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat latihan interview bahasa asing, misalnya seperti :

  • Artikulasi ketika menjawab pertanyaan.
  • Tempo saat berbicara.
  • Gaya bahasa dan gaya bahasa tubuh yang harus cakap.

Setidaknya anda harus mempelajari secara perlahan, jika terdapat yang kurang dari aspek dan poin penting tersebut lebih baik anda harus segera memperbaikinya sebelum jadwal interview berlangsung.

  • Persiapkan Ujian Dengan Matang

Selanjutnya, setelah Anda lolos masa pemberkasan anda akan langsung masuk tahap tes tertulis dan juga wawancara.

Nah jika tips wawancara tadi sudah saya tuliskan diatas, kini anda harus belajar bagaimana cara mempersiapkan ujian tertulis dengan matang.

Lebih baik anda harus belajar dulu agar tes tertulis yang anda ikuti bisa berjalan dengan baik dan lancar. Pelajari semua pertanyaan dan juga kemungkinan-kemungkinan tes tertulis yang akan anda terima.

Dengan mempersiapkan ujian dengan matang tentu saja anda akan bisa lancar dalam menghadapi tes ujian tertulis. Sebab selain wawancara, tes ujian tertulis adalah tahap penting yang harus bisa anda lewati dengan lancar.

Pahami Dan Kuasai Bahasa Asing

Berikutnya anda juga harus bisa memahami dan menguasai bahasa asing. Dimana jika anda ingin berkuliah di luar negeri, maka secara otomatis anda juga harus belajar dan paham bahasa asing.

Terutama untuk bahasa Inggris dan juga bahasa Jerman dimana Anda dapat mengikuti kursus bahasa Jerman di Virtu Education.

Kenapa harus bahasa Jerman? Sebab kebanyakan penyedia layanan beasiswa kuliah gratis di luar negeri yang bisa didapatkan dengan mudah adalah kuliah gratis di Jerman dan untuk daftar Universitas di Jerman yang gratis bisa dilihat disini..

Nah anda bisa menggunakan layanan dari VirtuEducation yang memberikan layanan serta bimbingan untuk mempelajari bahasa Jerman beserta akan menuntun anda agar bisa berkuliah di luar negeri dengan gratis, khususnya kuliah di Jerman secara gratis.

Anda juga harus melampirkan serta menyiapkan dokumen pendukung seperti nilai TOEFL yang pastinya sangat penting untuk dimiliki bagi anda yang ingin kuliah di luar negeri.

Rata-rata nilai yang harus anda miliki untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri secara gratis adalah di atas 550 untuk nilai TOEFL.

  • Apply Beasiswa

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri gratis yang terakhir adalah dengan meng apply beasiswa.

Dimana dengan mengajukan beasiswa bersama lembaga yang sudah anda tentukan di awal, kini anda hanya tinggal berdoa agar diberikan kelancaran selama proses seleksi penerimaan beasiswa kuliah gratis di luar negeri.

Pastikan juga bahwa dokumen yang anda persiapkan sudah lengkap, periksa ulang semua dokumen sebelum anda benar-benar mengirimkannya kepada lembaga penyedia kuliah gratis di luar negeri.

Dan jangan lupa untuk memberikan tanda tangan dan juga kontak yang dapat dihubungi jika sewaktu-waktu anda dinyatakan lulus dan diterima beasiswa kuliah gratis di luar negeri.

Nah itulah bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dengan gratis dan mudah.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu anda yang ingin berkuliah di luar negeri lewat jalur beasiswa.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×