Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri ke Jerman

By 21/11/2018 Jerman
kuliah ke jerman

Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman – Booming beasiswa ke luar negeri telah ada semenjak Habibie menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung. Kala itu, karena kecerdasannya, bahkan ia belum sempat menuntaskan satu semester di ITB karena sudah diterima dalam program beasiswa Pemerintah Jerman.

Habibie kemudian menyelesaikan sarjana di Jerman, terus mendapat beasiswa master dan doktoral di negara yang sama. Menjadi pegawai di Perusahaan Dirgantara Jerman, mendapat kesempatan sebagai wakil presiden perusahaan. Hingga menjadi menteri riset dan teknologi dan kemudian menjadi wakil presiden dan Presiden Republik Indonesia. Kisah suksesnya kita bisa tahu semuanya dalam Film “Habibie dan Ainun”.

Selain booming beasiswa luar negeri Jerman. Saat itu pemerintah Amerika, Australia hingga Inggris banyak menawarkan beasiswa ke masyarakat Indonesia. Tentu saja persyaratan yang ditetapkan sangat tinggi. Dengan kriteria-kriteria yang sangat ketat. Sehingga hanya sedikit orang yang berani melamar beasiswa tersebut.

Beasiswa dari Amerika dikenal dengan beasiswa fullbright Aminef. Beasiswa ini dikhususkan bagi pelamar master dan doktoral di beberapa bidang, kecuali kedokteran. Peminat fullbright saat itu banyak sekali, terutama dari para dosen dan pns. Karena awalnya fullbright merupakan kerjasama antara kemenristekdikti dengan pemerintah Amerika. Kemudian sasaran beasiswa diperluas. Sehingga peminat dari masyarakat sipil semakin banyak.

cara mendapat beasiswa ke jermanSementara beasiswa dari Pemerintah inggris yang paling bergengsi adalah Beasiswa Chevening. Beasiswa ini sangat bergengsi karena didanai langsung oleh Pemerintah Kerajaan Inggris dengan nilai yang cukup memuaskan. Anda mesti tahu dong, nilai tukar rupiah ke poundsterlling yang ajib banget bukan?. Nah, selain masalah nominal.

Baca Juga:  5 Judul Buku Bahasa Jerman yang Bagus Untuk Pemula

Beasiswa Chevening ini hanya dibuka untuk program master, yang hanya dijalani selama setahun saja. Enak ga? Jika kamu sekolah master ke Australia atau Amerika. Kamu bisa menghabiskan waktu 2 tahun atau lebih untuk meraih gelar master.

Baik master by research maupun master by coursework. Bandingkan dengan sekolah master di Inggris yang hanya ditempuh dalam waktu setahun saja. Selain mempersingkat umur, kampus-kampus di Inggris mayoritas adalah kampus bergengsi di dunia.

Selain Amerika dan Inggris. Beasiswa selanjutnya yang diminati adalah Australia Award. Sekarang bernama Australia Award, dulunya disebut AusAid. Beasiswa ini lumayan bergengsi.

Karena hanya dikhususkan bagi kalangan pns, masyarakat di Indonesia timur, pelamar perempuan, aktivis komunitas dan lsm. Kenapa disebut bergengsi? Karena tidak dibuka untuk semua orang. Sehingga pelamar yang terseleksi benar-benar mereka yang masuk dalam kriteria.

beasiswa luar negeri jermanAustralia Award ini juga banyak menjadi incaran mereka yang telah berkeluarga. Karena banyak benefit yang ditawarkan. Seperti biaya hidup dan juga anak-anak penerima beasiswa mendapat subsidi bebas spp di beberapa sekolah di negara Australia. Enak bukan?

Nah, selain beasiswa luar negeri Amerika, Australia dan Inggris. Negara di Asia, bernama China dan Taiwan. Juga memberikan banyak beasiswa untuk masyarakat Indonesia. China lebih gesit lagi, setiap tahun mereka mempersiapkan beasiswa dengan kuota sebesar 3000 orang per tahun. Kuota ini cukup lumayan besar.

Baca Juga:  Cara Belajar Bahasa Jerman Dasar dengan Cepat

Mengingat tidak banyak kuota yang sama ditawarkan negara Amerika, Inggris ataupun Australia. Beasiswa China syarat-syarat utamanya seperti biasa TOEFL, Ijazah sarjana hingga letter of motivation.

Untuk program internasional tidak dibutuhkan sertifikat bahasa mandarin. Sementara untuk anda yang ingin masuk dalam program studi dengan pengantar bahasa China. Maka, sertifikat bahasa Mandarin menjadi hal yang mutlak. Beasiswa China ini lumayan besar, selain itu juga mereka menyiapkan asrama bagi penerima beasiswa.

Selain China, kembali ke negara-negara Eropa. Inggris, Jerman dan Prancis adalah negara-negara dengan kuota beasiswa yang juga lumayan. Prancis mempunyai beasiswa dinamakan beasiswa Eifel Scholarship.

beasiswa luar negeriDitawarkan bagi program master. Sementara cara mendapat beasiswa ke Jerman ditawarkan melalui lembaga beasiswa bernama DAAD. DAAD ini menjadi semacam lembaga penghubung bagi negara-negara lain yang berminat mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Jerman.

DAAD dikoordinasikan di bawah kementerian ekonomi dan pembangunan Jerman. Jika anda berminat sekolah master dan doktor di Jerman. Rutin melihat di website DAAD kapan aplikasi beasiswa luar negeri Jerman dibuka.

Cara mendapat beasiswa ke Jerman diawali dengan melihat Program studi yang ditawarkan. DAAD biasa menawarkan bidang ekonomi, pertanian, sosial, lingkungan, kesehatan, kedokteran hingga media, pendidikan dan hukum.

Karena beasiswa DAAD dibawah Pemerintahan Jerman. Anda diwajibkan menyiapkan aplikasi sertifikat bahasa Jerman minimal A2, toefl minimal 550, formulir yang dapat diunduh di website DAAD, surat motivasi, hingga proposal penelitian. Salinan ijazah SMA, sarjana dan transkrip nilai. Surat rekomendasi dari atasan dan atau profesor akademik yang mengetahui kemampuan anda.

Baca Juga:  6 Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis di Afrika Barat

Semua dokumen yang diminta dikirim ke kantor DAAD di Jakarta. Ingat hanya dokumen yang diminta dalam persyaratan saja. Jangan melebih-lebihkan. Karena mereka biasanya tidak menerima aplikasi semacam itu. Satu hal lagi yang perlu diingat ketika anda memutuskan memasukkan aplikasi beasiswa luar negeri Jerman untuk studi master dan doktor. Anda harus siap bekerja keras dan belajar dengan gaya orang Jerman. Karena sistem akademik di Jerman terkenal dengan disiplin dan tegas.

Virtu Education

Author Virtu Education

More posts by Virtu Education

Leave a Reply

×