Persyaratan, Cara Mendaftar Ausbildung dan 3 Keuntungannya

By 23/03/2020 Jerman
Cara mendaftar ausbildung

Cara Mendaftar Ausbildung – Ausbildung adalah salah satu jenis pelatihan ketenagaa kerjaan di Jerman. Dan saat ini Ausbildung menjadi salah satu program magang atau pelatihan kerja yang paling diminati, karena persyaratan dari Ausbildung tidak begitu sulit untuk dipenuhi.

Dan untuk Anda yang ingin tahu bahkan ingin mengikuti program Ausbildung, pada artikel kali ini akan kami jelaskan secara rinci cara mendaftar Ausbildung dan apa saja yang menjadi persyaratan dari Ausbildung.

Persyaratan Ausbildung

persyaratan ausbildung

1. Berusia Antara 18 Hingga 27 tahun

Persyaratan untuk Ausbildung yang pertama adalah umur, mungkin untuk umur dewasa dan bebas memilih keinginan bisa dikatakan dari 17 tahun, namun untuk Ausbildung baru bisa diterima dengan umur minimal 18 tahun dan maksimalnya 27 tahun.

Jadi untuk Anda yang masih dibawah 18 tahun dan diatas 27 tahun sudah tidak bisa lagi mengikuti program pemagangan kerja ini. Aturan ini sebenarnya lebih terkait kepembelajaran yang akan di lakukan, umur 18 hingga 27 adalah umur dimana sangat produkif untk belajar dan bekerja.

2. Berbadan Sehat

Dalam bekerja apapun sebenarnya berbadan sehat adalah satu kewajiban, namun untuk beberapa pilihan kerja mungkin akan ada pemakluman, terlebih untuk pekerjaan yang tidak begitu menggunakan fisik.

Namun untuk Ausbildung, berbadan sehat sangatlah wajib, terlebih jika Anda mempunyai riwayat penyakit kronis atau mungkin bisa menular, sangat tidak disarankan untuk mengikuti program Ausbildung.

3. Bisa Berbahasa Jerman

Untuk bahasa Jerman adalah syarat utama, dan minimal kemampuan bahasa Jerman ada di Level B1. Untuk itu persiapkan atau latih kemampuan bahasa Jerman Anda, dan dibuktikan dengan sertifikat bahasa Jerman minimal B1.

Ada banyak salah prsepsi tentang Ausbildung Jerman, dimana mereka yang sudah mahir bahasa Inggris merasa bahwa akan diterima pad a Ausbildung.

Namun untuk daerah Jerman sangat berbeda dengan negara lainnya, karena memang komunikasi yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Jerman, dan tak hanya bahasa, tetapi juga budaya Jerman akan Anda pelajari perlahan.

Baca Juga:  Pentingnya Ikut Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

4. Terjemahan ijazah

Sebagai lulusan Indonesia, pasti kita memiliki ijazah dengan bahasa Indonesia, namun ijazah tersebut juga harus Anda terjemahkan ke bahasa Jerman, dengan nilai yang diterjemahkan juga dengan penilain yang berlaku secara Internasional.

5. Sertifkat Kerja

Jika sebelumnya Anda sudah pernah bekerja, ada baiknya Anda juga minta sertifikat kerja yang diterjemahkan juga ke dalam bahasa Jerman. Ini bisa jadi nilai plus untuk Anda, terlebih jika jenis pekerjaan tersebut berkaitan dengan jenis pelatihan kerja yang Anda pilih.

6. Pasport dan Visa

Dua dokumen perjalanan ini sangat penting dan wajib, untuk itu persiapakan terlebih dahulu dan untuk visa pastikan jangan samapai salah pilih, visa untuk Ausbildung yaitu visa untuk pelatihan jadi jangka waktunya juga harus tetap disesuaikan atau bisa diperpanjang juga setelahnya.

7. Curriculum Vitae

Cv adalah salah satu syarat yang harus Anda siapkan, pada CV Anda harus lampirkan secara lengkap seluruh biodata Anda, bahkan jika Anda mengikuti organisasi-organisasi juga perlu untuk Anda lampirkan.

Itulah 5 syarat penting untuk bisa mengikuti Ausbildung, dan berikut akan kita jelaskan secara rinci juga bagaimana cara mendaftar Ausbildung.

Bagaimanakah Cara Mendaftar Ausbildung?

bagaimana Cara mendaftar ausbildungCara mendaftar Ausbildung yang kita bahasa disini pastinya mendaftar dengan cara mandiri atau tanpa agen. Dan jika syarat diatas sudah Anda punya, maka akan sangat mudah untuk bisa mendaftar Ausbildung.

1. Mendaftar di Situs Resmi Ausbildung

Kunjungi situs resmi dari penyalur Ausbildung, dan mendaftar disana. Biasanya informasi dan kelanjutan informasi pendafaftaran akan dikirim ke email yang Anda lampirkan, untuk itu pastikan email dan sandi email yang Anda lampirkan bisa di akses, dan sebaiknya dicatatat.

2. Sesi Interview

Pihak Ausbildung akan menghubungi Anda untuk menjadwalkan sesi interview dan Anda harus datang on time sesuai yang sudah dijawdwalkan. Dan biasanya pada sesi ini akan ditanyakan motivasi Anda untuk mengikuti Ausbildung, dan juga akan diberikan informasi seputar Ausbildung.

Baca Juga:  Seputar Ausbildung Jerman Lengkap, Pengertian hingga FAQ

3. Pemberkasan

Pada pemberkasan ini, semua syarat yang sudah kami lampirkan diatas harus Anda siapkan, mulai dari CV, ijazah yang sudah diterjemahkan, dan sertifikat kemampuan bahasa Jerman, sertifikat kerja, dan juga pasport dan visa.

Akan diberikan kurun waktu untuk Anda menyiapkan berkas tersebut, jadi jika semuanya belum lengkap maka segera lengkapi supaya Anda bisa ke tahap berikutnya.

4. Pengurusan Kontrak

Jika semuanya berkas yang diminta sudah Anda lampirkan dan diterima oleh pihak Ausbildung, selanjutnya Anda akan mengurus kontrak atau surat perjanjian Ausbildung. Disini jenis pelatihan yang Anda akan ikuti sudah dilampirkan, tempat tinggal Anda, beserta salary yang akan Anda terima.

Untuk pengurusan kontrak ini juga termasuk asuransi Anda, untuk itu perhatikan secara detail dan jika ada yang tidak Anda pahami segera tanyakan karena jika Anda sudah menAndatangani kontark artinya Anda sudah bersedia untuk semua kewajiban dan hak yang akan Anda terima.

Itulah 4 langkah pendaftaran Ausbildung, cukup mudah walupun tanpa agen. Namun jika Anda masih kebingungan menyiapakan berkas atau syarat pendaftaran Ausbildung, Anda bisa kunjungi Kami di Virtu Education dan berkonsultasi apa saja yang harus Anda persiapkan.

Apa Sajakah yang Keuntungan Setelah Mengikuti Ausbildung?

keuntungan ausbildung
Sebagai tambahan tentang Ausbildung, pada artikel ini juga kami akan jelaskan apa saja yang akan Anda dapatkan jika mengikuti program Ausbildung tersebut?

1. Ilmu dan Pengalaman

Ilmu dan pengalaman adalah yang paling bermanfaat dari program Ausbildung, dimana program pemagangan ini akan melatih Anda bagaiama bekerja secara profesional dibidang Anda, dan ilmu dibidang program Ausbildung yang Anda pilih.

2. Sertifikat

Untuk kebanyakan dari mereka yang mengikuti program Ausbildung banyak yang tidak kembali ke negara asal, karena mereka sangat mudah diterima bekerja di Jerman dengan menggunakan sertifikat pemagangan dari Ausbildung .

Dan sertifikat Ausbildung ini juga tak hanya untuk Jerman tetapi berlaku dan diterima diseluruh dunia, jadi bisa dikatakan sertifikat Ausbildung adalah tiket VIP dalam mencari pekerjaan.

Baca Juga:  Apa Itu Ausbildung? Keuntungan, Syaratnya dan Jurusannya

3. Salary

Gaji atau salary juga akan tetap Anda terima dari Ausbildung, Anda sudah diberikan ilmu dan pengalaman, Anda juga kaan digaji, dan untuk gaji atau salary ini juga nominalnya tidak sedikit.

Untuk Anda yang bahkan masih fresh graduate dengan ijazah SMA bisa saja mendapatkan salary dari Ausbildung sebesar 850 Euro atau 13 jt rupiah lebih, ada juga yang dibayar dengan senilai 1.140 Euro, atau sekitar 18 juta rupiah.

Itulah cara mendaftar di Ausbildung, syarat dan juga keuntungan yang akan didapatkan dengan mengikuti program Ausbildung. Namun yang paling penting dalam mengikuti Ausbildung adalah Anda harus orang yang memang mempunyai keinginan tinggi untuk belajar, serta punya tata krama yang baik.

Bekerja dan belajar dengan orang Jerman haruslah memiliki sikap yang bagus, ontime dan kreative. Dan hal itu juga yang akan Anda pelajari selama Ausbildung. Semoga apa yang sudah kami jelaskan diatas bisa Anda pahami dengan baik, dan bisa berhasil berangkat ke Jerman dengan program Ausbildung dan untuk informasi selengkapnya mengenai program ausbildung maka bisa menghubungi Kami dengan mengisi form pendaftaran.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×