Kiat-Kiat 4 Cara Lulus CPNS untuk Setiap Seleksinya

By 20/05/2020 Indonesia
cara lulus cpns

Cara Lulus CPNS – Lulus dalam tes CPNS adalah selangkah lebih maju untuk menjadi pegawai negeri sipil. Diterima sebagai CPNS, artinya kamu memiliki peluang yang besar untuk menunjukkan kemampuan dan diterima sebagai PNS di masa depan. Tes CPNS adalah salah satu cara menjadi PNS selain mengikuti sekolah ikatan dinas atau menjadi tenaga honorer.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk mengikuti tes CPNS kamu harus berusaha lebih keras. Jutaan orang mengikuti tes ini untuk mengisi posisi yang mungkin hanya puluhan dibutuhkan. Tiga rangkaian tes mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi kemampuan bidang menjadi tahap yang harus bisa kamu lampaui dengan baik.

Cara Lulus CPNS untuk Setiap Seleksinya

tips lulus cpnsBagaimana cara lulus CPNS melalui berbagai tes tersebut? Tentunya kamu perlu mempersiapkan diri, mulai dari mental dan juga fisik. Latihlah diri untuk terbiasa menghadapi tes dengan mengikuti kursus. Disana kamu bukan hanya belajar mengerjakan soal tetapi juga bisa mendapatkan motivasi.

Masing-masing tahapan tes yang berbeda juga membutuhkan kesiapan yang berbeda. Mempermudah kamu untuk menghadapi semua rangkaian tes, yuk itu beberapa tips berikut ini.

Baca Juga:  Mau Sukses Lulus Seleksi? Coba Ikuti Bimbel CPNS Ini

Tahapan pertama yang harus dipenuhi adalah melengkapi dokumen persyaratan dari jabatan yang telah dipilih. Kamu perlu mengumpulkan semua dokumen dan di scan kemudian di upload ke situs SSCN BKN yang telah dibuka. Ada banyak instansi yang tersedia, jadi akan lebih baik jika kamu memilihnya terlebih dahulu.

Jika sudah menetapkan jabatan dan instansi apa yang ingin dilamar, maka kamu bisa membaca persyaratannya. Mendaftar untuk seleksi administrasi perlu kesabaran karena ada begitu banyak orang yang mendaftar dalam jangka waktu pendek yang telah ditentukan. Supaya mudah, ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Unduh dan Baca Tahapan Seleksi pada SSCN BKN

Sebelum mendaftar, pastikan kamu telah mengunduh tata cara pendaftaran CPNS yang sudah tersedia di situs SSCN BKN.

Panduan telah dibuat lengkap jadi kamu cukup mengikuti tata caranya dengan benar. Kemudian baca ulang persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar dan lengkapi. Jangan lupa semua dokumen harus di scan dan fotokopi. Teliti kembali dan pastikan semua upload sukses, jika tidak maka kamu akan selalu gagal dalam mendaftar.

2. Mendaftar Lebih Awal

Biasanya pembukaan pendaftaran administrasi CPNS hanya dilakukan selama dua minggu. Jangan menunda pendaftaran dan melakukannya di akhir minggu atau tengah minggu. Pilih pendaftaran di awal minggu supaya pendaftaran bisa sukses. Di akhir minggu biasanya situs akan penuh dan kamu akan kesulitan membuka bahkan mendaftar.

3. Perhatikan Jam Mendaftar

Ada jam-jam tertentu dimana situs akan sulit dibuka, artinya banyak sekali orang yang sedang membukanya. Oleh karena itu akan lebih bijak untuk mendaftar saat jam-jam yang tidak sibuk seperti jam 3 atau jam 4 pagi. Hindari mendaftar di jam sibuk seperti jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

Baca Juga:  Berencana Mendaftar CPNS untuk Lulusan SMA? Ini Persiapannya

4. Pastikan Jaringan Lancar

Sering terjadi ketika pendaftar tes mengalami kegagalan karena jaringan yang tidak stabil. Ada begitu banyak dokumen yang harus diupload jadi akan lebih baik jika kamu memastikan jaringan internet stabil. Hindari juga mendaftar menggunakan smartphone, kamu harus mendaftar menggunakan komputer atau laptop.

Hasil seleksi administrasi bisa diketahui melalui situs yang sama untuk mendaftar dan langsung di akun yang telah kamu buat. Kamu bisa mengeceknya dan mencatat proses selanjutnya yaitu jadwal tes SKD dan dimana tempatnya.

Tips Lulus Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

Seleksi yang kedua cukup sulit karena menyaring lebih sedikit peserta untuk bisa lanjut ke tahapan selanjutnya. Kamu mungkin lega karena lolos pada seleksi administrasi tapi bukan artinya bisa bersantai. Karena jadwal tes semakin dekat kamu harus sudah memiliki kesiapan mental dan fisik.

Mempersiapkan SKD sendiri bisa dilakukan beberapa bulan sebelum tes CPNS dibuka. Kamu perlu mengikuti kursus CPNS karena disana ada banyak materi tes SKD yang bisa dipelajari. Tidak cukup jika hanya belajar melalui buku saja, karena pendalaman materi tidak bisa maksimal.

Di tempat kursus, kamu akan mendapatkan modul di masing-masing tes. SKD sendiri terdiri dari tiga jenis tes yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP). Bagaimana cara kamu bisa menguasai tes seleksi dasar ini? Ikuti tipsnya berikut ini:

1. Belajar Undang-Undang, Pancasila dan Tentang Kewarganegaraan

Pada sesi TWK, kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam soal yang berhubungan dengan undang-undang, pancasila, bhineka tunggal ika dan pertahanan negara. Pada tes ini kamu akan diuji mengenai pengetahuan sebagai warga negara Indonesia. Ini adalah dasar untuk menjadi pegawai negeri sipil.

2. Belajar Matematika dan Bahasa Indonesia

Pada sesi TIU, ada banyak soal matematika yang cukup sulit dikerjakan. Banyak peserta yang mendapatkan nilai rendah pada tes ini. Oleh karena itu kamu harus belajar berhitung dengan rumus matematika serta soal analitis. Kemampuan verbal juga akan diujikan jadi penting untuk belajar tentang bahasa Indonesia.

3. Belajar Jawaban Psikotes

Pada tes terakhir, akan diujikan mengenai karakteristik dari masing-masing peserta. Tentunya ada karakteristik tertentu yang dibutuhkan, oleh karena itu penting mengetahui jawaban yang tepat apakah dalam soal TKP.

4. Menjaga Kesehatan Fisik

Jangan lupa setelah mengetahui jadwal tes SKD, jaga diri dengan baik. Jangan memaksakan diri untuk terus menerus belajar dan kekurangan waktu beristirahat. Fisik sangat penting untuk dijaga untuk siap mengikuti tes pada harinya.

5. Mengikuti Try Out

Penting sekali juga mengikuti latihan tes yang diselenggarakan di tempat kursus. Karena akan mengerjakan menggunakan komputer jadi akan lebih baik jika kamu terbiasa menggunakannya. Try out adalah program tepat untuk diikuti, disamping itu hasilnya menjelaskan dari mana kamu harus mulai belajar.

Cara Lulus CPNS Seleksi Kemampuan Bidang (SKB)

Cara Lulus CPNS Seleksi Kemampuan Bidang

Jika mampu menyelesaikan seleksi kemampuan bidang atau SKB maka kamu sudah berhasil lulus tes. Ada beberapa jenis tes seperti tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik, psikotes, tes kesehatan dan wawancara.

Persiapannya cukup berbeda karena tes ini lebih fokus pada posisi yang dilamar. Akan lebih mudah jika kamu sebelumnya sudah pernah bekerja atau sekolah di bidang yang sama. Supaya bisa lulus dalam tes SKB, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Belajar Isu-Isu Terkini seputar Jabatan yang Dipilih

Kenali dan belajar soal isu terbarukan yang berhubungan dengan jabatan yang telah dipilih. Pada tes potensi akademik hingga wawancara kamu akan menghadapi banyak pertanyaan soal isu terkini. Semakin menguasai, maka kemampuan diri semakin terlihat.

Baca Juga:  Sukses Melamar Kerja, Miliki Contoh Hard Skill dan Softskill

2. Bangun Motivasi dan Percaya Diri

Satu langkah lagi untuk bisa lulus CPNS, kamu harus terus membangun motivasi sebanyak apapun rangkaian tes yang harus dihadapi. Kepercayaan diri diperlukan untuk menghadapi tes wawancara karena kamu akan menghadapi langsung dengan orang yang akan menjadi atasan.

3. Jangan Pernah Terlambat Datang

Untuk semua rangkaian tes, jangan pernah datang terlambat dan teruslah bersikap baik dalam mematuhi peraturan yang telah ditentukan. Telat dalam tes maka kamu akan kehilangan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan diri.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×