Bagaimana Cara Kuliah ke Luar Negeri dengan Beasiswa?

By 09/06/2020 Jerman
Cara Kuliah ke Luar Negeri

Cara Kuliah ke Luar Negeri – Mencari peluang untuk bisa kuliah di luar negeri? Banyak caranya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beasiswa yang kini begitu banyak tersedia.

Baik itu beasiswa pemerintah, swasta atau beasiswa dari universitas tujuan. Ngomong-ngomong soal kuliah di luar negeri, mana sih negara terbaik yang menjadi tujuan belajar?

Di dunia pendidikan tinggi, ada beberapa negara tujuan yang sangat menarik. Pertama adalah Inggris. Negara ini memiliki universitas Cambridge dan Oxford yang menjadi perguruan terbaik di dunia.

Kedua adalah Jerman, yang menarik dari negara ini adalah biaya kuliah gratis di universitas negeri. Jadi jika kamu berhasil kuliah di Jerman tak perlu lagi memikirkan soal biaya hidup karena semua sudah dipenuhi dengan beasiswa.

Negara ketiga adalah Amerika, dimana universitas yang terkenal adalah Harvard, Standar dan juga Yale. Terakhir adalah Australia yang juga dekat dengan Indonesia. Di negeri kangguru ini kamu bisa berkuliah di universitas Sydney, Queensland dan Melbourne yang terbaik di benua Australia.

Negara tujuan sudah ditentukan, kini tinggal bagaimana cara kuliah ke luar negeri dengan beasiswa bisa kamu jalani. Bisa berhasil kuliah di luar negeri tentunya tidak terlepas dari kerja keras dan memenuhi semua syarat yang dibutuhkan.

Cara Kuliah ke Luar Negeri dengan Beasiswa Lebih Mudah

cara kuliah di jerman gratisTak memiliki biaya sendiri untuk kuliah di luar negeri kamu memang bisa mengandalkan beasiswa. Tapi sebelum senang dulu ada proses yang harus kamu lalui. Proses ini melibatkan banyak usaha keras, dimulai dari memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan baik itu masuk universitas dan juga beasiswa.

Apa saja syarat yang harus dipenuhi dan dipersiapkan sejak dini? Berikut ini proses sekaligus syarat yang harus dipenuhi baik itu pendaftaran ke universitas dan beasiswanya.

* Memilih Negara Tujuan, Universitas dan Jurusan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari negara tujuan serta universitas hingga jurusan. Kamu bisa memilihnya dimulai dari jurusan yang sesuai dengan minat serta bakat.

Pikirkan universitas manakah yang mampu menyediakan jurusan dan bagaimana dengan alumninya.

Perhatikan juga negara yang menjadi tujuan belajar. Kamu mungkin memiliki cita-cita khusus untuk bisa belajar di negara tertentu bukan?

Baca Juga:  7 Langkah Kuliah di Jerman Gratis Dengan Beasiswa

* Memilih Beasiswa

Karena sudah mendapatkan universitas dan negara tujuan maka lebih mudah untuk mencari informasi tentang beasiswa.

Carilah informasi dengan detail, baik itu beasiswa dari pemerintah Indonesia, negara tujuan hingga universitas yang kamu tuju. Ada beberapa jenis beasiswa yang diberikan untuk jurusan tertentu atau secara umum. Terakhir baca dengan teliti syarat dan catat tanggal terakhir pendaftarannya.

* Belajar Bahasa Pengantar yang Dibutuhkan

Cara kuliah ke luar negeri tidak melalui beasiswa tidak akan mudah jika kamu belum menguasai bahasa asing. Minimal adalah bahasa Inggris, tetapi untuk negara khusus seperti Jerman, kamu wajib menguasai bahasa Jerman sebagai syarat mendapatkan beasiswa.

Namun jika kamu ingin belajar ke Inggris, Amerika atau Australia maka belajarlah bahasa Inggris. Ada syarat dokumen khusus dari bahasa ini sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk masuk universitas Jerman, perlu level B2 yang dibuktikan dengan sertifikat dari Goethe Institut.

* Membuat Surat Motivasi

Surat motivasi penting untuk mendaftar beasiswa dan harus ditulis dengan bahasa Jerman atau bahasa Inggris sesuai dengan jenis beasiswanya. Surat motivasi ini berisi tentang alasan kamu ingin mendalami ilmu sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Alasan mengapa memilih universitas tersebut untuk belajar dan apa yang hendak dilakukan setelah lulus nanti. Surat motivasi harus dibuat menarik dan tidak terlalu panjang, namun dapat menyampaikan keinginan untuk belajar dengan jelas.

* Membuat Curriculum VItae

CV sangat penting untuk menceritakan siapa dirimu dan kegiatan hingga prestasi apa saja yang sudah diraih hingga saat ini. Bagi pendaftar S2 biasanya juga perlu tambahan surat rekomendasi dari profesor atau dosen yang berkaitan. Dalam CV kamu harus terlihat antusias dengan menyertakan kegiatan yang berhubungan dengan jurusan yang diambil.

* Lengkapi Dokumen Penting Lainnya

Dokumen yang perlu disertakan saat mendaftar secara umum adalah formulir pendaftaran beasiswa yang bisa diunduh di laman terkait. Kemudian scan ijazah dan transkrip nilai, sertifikat bahasa, pas foto, surat motivasi dan CV.

Tambahkan dokumen pendukung seperti piagam dan sertifikat sesuai dengan jurusan dan pengalaman yang ditulis pada CV. Semua dokumen wajib dikirim sebelum masa pendaftaran berakhir, semakin cepat mengirimnya maka semakin baik.

* Membuat VIsa

Proses selanjutnya setelah berhasil diterima di universitas sekaligus mendapatkan beasiswa adalah mengurus visa. Kamu akan membuat visa di kedutaan sesuai dengan negara tujuan.

Syarat visa biasanya adalah surat penerimaan beasiswa dan universitas, paspor, formulir permohonan pembuatan visa, pas foto dan sejumlah uang untuk membuat visa.

Pembuatan visa yang lebih cepat bisa dilakukan dengan membuat janji terlebih dahulu supaya mendapatkan tanggal untuk menyerahkan dokumen. Lama pembuatannya bisa sekitar 1 bulan, jika telah selesai kamu wajib mengambilnya sendiri.

Langkah-langkah cara kuliah ke luar negeri ini tidaklah sulit namun perlu kesabaran dan ketekunan untuk meraihnya.

Tempat Kursus Bahasa Jerman Terbaik

Usaha keras dan waktu yang cukup panjang biasanya dihabiskan untuk belajar bahasa. Apalagi jika kamu ingin belajar bahasa Jerman yang tergolong lebih asing daripada bahasa Inggris. Di Jerman semua mahasiswa yang ingin belajar dengan beasiswa harus menguasai bahasa Jerman karena akan digunakan sebagai bahasa pengantar kuliah.

Sambil memilih universitas dan jurusan, kamu bisa kursus bahasa Jerman di Virtu Education selama enam hingga sembilan bulan. Dalam jangka waktu tersebut kamu nantinya bisa menyelesaikan level B1 hingga B2 bahasa Jerman. Selain itu kelas kurus memang dikhususkan bagi siapa saja yang ingin mendaftar kuliah di Jerman.

Oleh karena itu ada beberapa materi khusus yang diberikan. Apa saja yang akan kamu dapatkan dari kursus di Virtu Education? Berikut ini kelebihannya.

* Belajar untuk lulus Studienkolleg

Bukan hanya bersiap mendapatkan beasiswa, bagi kamu yang ingin masuk ke program Sarjana di Jerman perlu mengikuti Studienkolleg Selama setahun. Untuk bisa masuk, perlu persiapan kelas bahasa hingga level B1 serta tips dan trik supaya bisa lulus. Di Virtu kamu akan mendapatkan bimbingan khusus supaya berhasil masuk ke Studienkolleg.

* Bimbingan secara personal

Tidak seperti kelas kursus bahasa Jerman lainnya, di Virtu setiap siswa yang memiliki tujuan untuk kuliah di Jerman akan mendapat bimbingan personal. Bimbingan ini berfungsi untuk mengetahui kelemahan diri sendiri dan mampu memperbaikinya dengan lebih efektif. Melalui bimbingan ini juga nantinya kamu akan mendapatkan motivasi belajar lebih baik lagi.

* Try out tes bahasa Jerman

Belajar bahasa Jerman bukan hanya mendapatkan materi, menghafalkan kosakata dan menulis. Supaya siswa lebih siap dalam menghadapi setiap tes bahasa Jerman di setiap levelnya maka diadakan try out. Hasilnya tes ini akan menjadi tumpuan dalam memperbaiki kekurangan yang dimiliki sekaligus membiasakan dengan suasana tes.

* Berlatih membuat surat motivasi dan wawancara

Kegagalan yang paling sering dirasakan adalah kurang menarik dalam membuat surat motivasi dan ragu dalam wawancara. Kamu tak perlu khawatir, karena di Virtu penulisan surat motivasi untuk mendaftar beasiswa dan universitas akan dipelajari secara khusus. Selain itu ada latihan khusus wawancara untuk melatih kepercayaan diri serta menyusun kalimat jawaban yang tepat.

Masih banyak lagi keuntungan yang akan kamu dapatkan di Virtu. Persiapkan diri kamu dengan berlatih bahasa Jerman sekarang juga supaya bisa lolos dalam penerimaan beasiswa dan kuliah.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×