Cara Kuliah di Jerman dengan Mudah Sesuai Jurusan

By 15/11/2018 March 7th, 2020 Jerman
belajar di jerman

Cara Kuliah di Jerman – Ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan mudah? Ada banyak cara, pastikan dulu jika universitas yang ingin dimasuki memiliki jurusan sesuai yang diminati.

Misalnya saja saat ini kamu telah selesai menempuh pendidikan S1 kedokteran di Indonesia dan ingin melanjutkan S2 di luar negeri. Negara manakah yang sebaiknya dituju untuk menempuh jurusan tersebut?

Negara yang menawarkan pendidikan kedokteran yang terbaik dari seluruh dunia adalah Jerman. Kuliah S2 di Jerman untuk jurusan kedokteran banyak diminati oleh dokter di seluruh dunia. Banyak alasannya mengapa kedokteran menjadi jurusan favorit mulai dari peralatan yang lengkap dan ilmu pengetahuan yang sangat luas.

Tidak hanya itu saja jurusan yang menjadi bidang minat paling banyak di Jerman. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih bahkan banyak universitas ternama di sana. Jerman termasuk salah satu negara maju di dunia. Di bidang pendidikan negara ini sangat membuka lebar kesempatan untuk mahasiswa seluruh dunia.

Kesempatan di bidang pendidikan sangat terbuka lebar karena pendidikan adalah jalan tercepat untuk memperkenalkan negara Jerman ke seluruh dunia selain sektor pariwisata.

Oleh karena itu Jerman membuka cara yang mudah agar semua orang memiliki kesempatan berkuliah. Cara kuliah di Jerman dengan mudah itu adalah dengan menyediakan berbagai macam beasiswa untuk semua jurusan dan juga beberapa universitas gratis atau biaya kuliah yang murah.

cara kuliah di Jerman

Bagaimana tidak untuk menempuh kuliah kedokteran di Jerman biaya satu semesternya saja hanya membutuhkan biaya sekitar 7 juta rupiah. Biaya yang tentu saja berkali lipat lebih murah dibandingkan kuliah kedokteran di Indonesia. Keuntungan-keuntungan yang diberikan oleh negara Jerman inilah yang membuat pertambahan mahasiswa asing di sana semakin meningkat.

Menurut menteri pendidikan Jerman, jumlah mahasiswa asing yang sedang melanjutkan studi di sana lebih dari 300 ribu. Semuanya terdiri dari mahasiswa serta ilmuwan internasional yang ingin melakukan penelitian di Jerman. Tidak seperti negara lainnya yang menganggap bahwa sektor pendidikan tidak terlalu penting, Jerman justru memberikan investasi yang semakin bertambah di sektor ini setiap tahunnya.

Bagi para mahasiswa asing pun khususnya Indonesia tidak akan ada ruginya ketika mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Jerman ini. Bahkan untuk bisa melanjutkan sekolah di Jerman dengan biaya sendiri biaya yang harus dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan di Indonesia karena banyaknya universitas gratis di sana.

Keuntungan yang didapatkan pun tidak hanya sebatas biaya yang murah namun banyak universitas yang sudah berdiri ratusan tahun lamanya dengan kualitas yang sangat baik. Jurusan perkuliahan di Jerman sangat lengkap sehingga memilih salah satu jurusan yang diminati tidaklah sulit.

Bersekolah di lingkungan internasional akan membuka wawasan dan memperluas pergaulan. Tidak hanya mahasiswa Jerman saja yang tentu ditemui namun disanalah kamu akan memiliki banyak teman dari negara manapun. Kesempatan bekerja juga akan terbuka lebar khususnya untuk para peneliti, karena negara Jerman banyak memberikan dana untuk penelitian-penelitian.

Banyaknya keuntungan yang didapatkan dan cara kuliah di Jerman yang sangat mudah tentu membuat lebih semangat untuk bisa melanjutkan studi di sana. Bagaimana cara bisa berkuliah di Jerman? Universitas mana saja yang menyediakan jurusan sesuai bidang yang diminati? Serta bagaimana bisa mendapatkan beasiswa untuk meringankan beban biaya kuliah? Kamu bisa mendapatkan jawabannya dalam artikel ini.

jurusan kuliah

Jurusan Kuliah di Jerman yang Banyak Diminati

Ingin memulai kuliah di Jerman? Maka langkah awal adalah memilih jurusan. Ada ratusan universitas dan ada ribuan jurusan yang disediakan. Diantara banyak pilihan ini kamu harus memilih salah satu universitas dan satu jurusan yang sesuai. Banyak peminat dengan banyak jurusan ini seringkali membingungkan bukan?

Semakin banyak mengetahui informasi mengenai jurusan dan juga mengenai universitas yang akan didatangi akan lebih mudah memilihnya. Pilihlah mulai dari jurusan yang memiliki banyak peminat di universitas yang ternama bahkan jika perlu universitas tersebut menyediakan beasiswa khusus untuk mahasiswa asing.

Siapa tahu, kamu salah satu orang yang beruntung dan bisa mendapatkan beasiswa yang mereka telah sediakan. Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang banyak diminati di Jerman.

1. Jurusan kedokteran

Jurusan kedokteran adalah jurusan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa seluruh dunia bahkan para peneliti di dunia kedokteran. Semua universitas di Jerman rata-rata memiliki rumah sakit universitas di mana rumah sakit tersebut juga menerima pasien umum untuk berobat. Keuntungan ini banyak digunakan untuk mahasiswa kedokteran lebih mudah untuk terjun langsung menangani pasien dan tidak hanya kuliah teori.

Adanya rumah sakit universitas ini juga membuka peluang besar bagi mahasiswa untuk bisa bekerja di sana. Sangat beruntung bisa kuliah, praktek dan juga bekerja. Biaya yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari 6 juta rupiah hingga 8 juta per semesternya.

Beberapa universitas kedokteran yang banyak diminati antara lain Ludwig sMaximilians Universitat Munchen, Rupert Karls Universitat Heidelberg dan Technical University of Munich.

keunggulan jerman

2. Jurusan Farmasi

Selain kedokteran jurusan farmasi sangat terkenal di Jerman dan seluruh dunia. Banyak apoteker yang ingin berkuliah di Jerman. Banyak universitas Jerman yang menyediakan laboratorium khusus untuk meneliti tentang obat terbaru yang nantinya bisa digunakan. Perusahan-perusahaan farmasi di Jerman turut serta mendanai berbagai macam penelitian di bidang obat ini, membuat cara kuliah di Jerman semakin mudah.

Tidak heran jika Jerman diberi nama surga dunia pengobatan. Dari zaman dahulu kemajuan negara Jerman memang terkenal di bidang farmasinya. Jika ingin melanjutkan atau memulai kuliah di bidang farmasi maka disinilah tempat yang tepat.

Beberapa universitas yang menyediakan jurusan farmasi antara lain Freie Univestat, Uni Munchen dan Universitat Heidelberg. Ketiganya termasuk kampus terkenal di seluruh dunia untuk jurusan farmasi.

3. Jurusan Teknik

Jurusan terkenal lainnya yang banyak peminat adalah teknik. Banyak mahasiswa asing yang ingin belajar tentang teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika dan ilmu bidang lainnya yang berhubungan dengan teknik. Alasannya sama yakni perkembangan alat guna pembelajaran sangat maju di Jerman.

Reputasi yang dimiliki masing-masing universitas pun sangat baik. Berbagai macam penelitian di bidang teknik selalu difasilitasi baik negara dan swasta. Mempermudah para peneliti untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan membuka pengetahuan yang baru.

Beberapa universitas teknik yang terkenal adalah Technische Universitat Dresden, Technische Universitat Berlin dan Technische Universitat Munchen.

Ketiga jurusan terkenal dan banyak diminati di atas, manakah diantaranya yang ingin kamu masuki? Selain jurusan terkenal di atas adapula jurusan lain yang juga banyak peminatnya seperti seni.

wisata jerman

Cara Mendapat Beasiswa Ke Jerman untuk Kuliah

Kini dengan mengetahui jurusan yang tersedia di masing-masing universitas akan lebih untuk bisa kuliah di Jerman. Memilih universitas untuk kuliah lebih mudah dibandingkan mendapatkan beasiswa. Ada banyak pesaing bahkan di seluruh dunia untuk bisa mendapatkan satu kursi. Namun jangan khawatir ada banyak beasiswa yang disediakan pemerintah dan juga swasta.

Cara kuliah di Jerman dengan beasiswa adalah rahasia umum, hanya saja perlu banyak persiapan agar dapat lolos salah satu diantaranya. Menguasai bahasa Jerman di bidang akademik sesuai dengan jurusan yang diinginkan adalah salah satu syarat yang perlu dipenuhi.

Kuliah di Jerman gratis tidak hanya akan menjadi mimpi saja tentunya jika telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Lalu bagaimana cara cepat untuk bisa mendapatkan beasiswa? Berikut ini cara-caranya.

Memilih beasiswa yang sesuai jurusan

Dapatkan informasi mengenai beasiswa apa saja yang disediakan. Jangan lupa untuk mencari tahu informasi yang detil mengenai beasiswa yang juga disediakan oleh universitas. Salah satu beasiswa umum yang bisa didapatkan dengan kuota sangat banyak adalah DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst).

Mengikuti tes bahasa Jerman

Menguasai bahasa Jerman adalah salah satu syarat yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa. Ada beberapa jenis tes yang bisa diikuti yakni Test Deutsch als Fremdsprache (TestDaF), Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang (DSH), Tes Graduate Management Admission Test (GMAT), dan Graduate Record Examinations (GRE).

Belajar, Belajar, Belajar

Agar bisa lolos tes kuasai dan pelajari materi yang akan keluar dalam tes mendapatkan beasiswa. Anda bahkan bisa menguasai tes dalam bahasa Jerman dengan cepat ketika mengikuti kursus, salah satu kunci cara kuliah di Jerman. Saat ini ada banyak tempat kursus bahasa Jerman yang juga menyiapkan program-program khusus untuk mendapatkan beasiswa.

Virtu Education

Author Virtu Education

More posts by Virtu Education

Leave a Reply

×