Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex Jasa Backlink AC.ID wisata nusa penida Cara Kuliah di Jerman Gratis? Ikuti Panduan Jitunya Disini!

Cara Kuliah di Jerman Gratis – Jerman telah menjadi salah satu negara tujuan untuk kuliah di luar negeri. banyak tawaran unik yang diberikan dari universitas disana. Selain itu tingkat kehidupan yang berkualitas bisa dirasakan oleh siapa saja.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Negara yang maju di Eropa ini juga menjadi destinasi populer untuk wisata. Besar kesempatan kamu bisa kuliah dan menikmati liburan semester ke tempat-tempat wisata terkenal.

Semua orang bisa kuliah di Jerman dengan gratis. Baik itu penduduk Jerman, Eropa dan penduduk di negara lainnya bisa kuliah termasuk kamu yang tinggal di Indonesia. Bagi mahasiswa internasional yang bukan dari Eropa dan Jerman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kuliah gratis yang dimaksudkan adalah bebas biaya kuliah, jadi kamu tetap harus mempersiapkan biaya hidup seperti akomodasi, transportasi, buku, tiket pulang pergi dan lain sebagainya. Biaya kuliah memang gratis, tetapi ada biaya administrasi yang difungsikan sebagai untuk kegiatan kemahasiswaan sebesar 3-4 juta rupiah.

Lalu Bagaimana Cara kuliah di Jerman Gratis Secara Penuh?

Cara kuliah di Jerman gratis pertama kamu harus diterima di universitas negeri karena hanya perguruan tinggi negeri lah yang menyediakan bebas biaya kuliah. Untuk bisa diterima, penting sekali bagi kamu untuk memenuhi semua syarat yang dibutuhkan.

cara kuliah di Jerman gratis kedua adalah untuk benar-benar bebas biaya, kamu harus mendapatkan beasiswa S1 Jerman.

Tak perlu bingung memilih bebasiswa, karena ada banyak pilihan beasiswa yang akan membantumu untuk memenuhi biaya hidup selama kuliah di Jerman. Jika kedua hal ini dipenuhi, kamu bisa kuliah gratis di Jerman.

Mengapa Universitas Negeri di Jerman Gratis?

 

Sebenarnya hampir seluruh universitas negeri di seluruh Eropa gratis untuk penduduk aslinya. Namun hanya beberapa negara saja yang menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional dan salah satunya adalah Jerman.

Pemerintah Jerman percaya bahwa pendidikan tidak boleh diperlakukan seperti produk komersial. Pendidikan tinggi yang gratis akan memastikan peningkatan perekonomian yang baik bagi populasi penduduknya.

Sebelumnya ada peraturan legislatif yang diberlakukan di Jerman yaitu mahasiswa harus membayar 1.000 euro untuk kuliah di universitas negeri. Tetapi karena begitu banyak protes maka peraturan tersebut dihilangkan tahun 2014 lalu.

Saat ini hanya ada beberapa pengecualian saja dimana universitas negeri meminta biaya kuliah kepada mahasiswanya.

Akhir-akhir ini juga pemerintah Jerman mengerti bahwa tingkat perekonomian dan sosial yang meningkat karena adanya imigran.

Negara Jerman berpikir lebih cerdas yaitu bisa bersekolah di negara mereka dan langsung bekerja setelah lulus. Jadi orang asing dibebaskan dari biaya kuliah jika masuk ke universitas negeri.

Persyaratan Kuliah di Jerman yang Harus Dipenuhi

syarat kuliah gratis di jerman

Walaupun biaya kuliah gratis, bukan berarti universitas memberikan pengajaran sekedarnya saja. Justru ada banyak universitas negeri di Jerman yang masuk ke peringkat universitas terbaik di dunia.

Universitas tersebut antara lain : Universitas Cologne, Universitas RWTH Aachen, Universitas hamburg, dll.

Cara kuliah gratis di Jerman yang harus kamu lakukan sejak awal adalah memilih beberapa universitas negeri tersebut. Sesuaikan dengan jurusan apa yang ingin diambil dan lengkapi informasinya. Penuhi juga syarat penting supaya bisa diterima yaitu sebagai berikut ini:

1. Menguasai Bahasa Jerman

Bahasa pengantar yang digunakan paling banyak untuk hampir semua jurusan adalah bahasa Jerman bukan bahasa Inggris. Oleh karena itu kemampuan berbahasa Jerman sangat dibutuhkan dan ditunjukan dengan sertifikat.

Level bahasa yang dibutuhkan adalah B2 dimana mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik sehingga bisa mengikuti perkuliahan dengan lancar. Akan lebih baik jika kamu mulai belajar bahasa Jerman dari dasar dari sekarang.

Dan jika Kamu ingin bisa berbahasa Jerman maka ada baiknya segera ikuti kelas kursus bahasa Jerman di Virtu Education.

2. Menyelesaikan Studienkolleg

Bagi siswa yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliah sarjana, harus mengikuti Studienkolleg selama satu tahun dan lulus ujian. Jika dinyatakan lulus maka bisa mengikuti ujian masuk universitas. Studienkolleg adalah program penyetaraan tingkat sekolah menengah atas di Jerman.

Untuk bisa mengikuti Studienkolleg kamu harus memiliki sertifikat bahasa Jerman level B1 dan lulus tes. Namun jika kamu ingin melanjutkan kuliah pascasarjana tidak perlu mengikuti program ini dan bisa langsung mendaftar.

3. Dokumen yang diterjemahkan ke bahasa Jerman

Ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi seperti ijazah dan transkrip. Semua dokumen ini harus diterjemahkan ke bahasa Jerman. Penerjemah yang dipilih harus bersertifikasi jadi kamu harus memilihnya dengan tepat

Penuhi juga syarat nilai dalam transkrip yang sesuai dengan jurusan yang hendak diambil. Nilai akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat besar.

4. Surat Motivasi

Untuk bisa diterima di universitas negeri pilihan kamu harus menulis surat motivasi. Surat ini berisi alasan kamu ingin kuliah di Jerman, memilih universitas tersebut dan mengapa memilih jurusan yang dipilih.

Surat harus ditulis dengan bahasa Jerman, serta berisi cita-cita dan langkah yang dilakukan untuk meraih tersebut. Jangan lupa ceritakan juga apa yang akan kamu lakukan setelah menyelesaikan perkuliahan.

5. Surat rekomendasi

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pascasarjana atau karena alasan pekerjaan perlu melampirkan surat rekomendasi. Surat perlu ditulis oleh dosen atau profesor dari universitas tempat kamu kuliah terdahulu.

Sedangkan bagi kamu yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan kuliah, surat rekomendasi bisa berasal dari atasan. Khususnya jika mengambil gelar MBA di Jerman, maka surat rekomendasi dari tempat kerja wajib dilampirkan.

Semua persyaratan tersebut harus dipenuhi dan dilampirkan bersamaan dengan formulir pendaftaran dari website masing-masing universitas. Cermati juga syarat tambahan lainnya serta jangan sampai mengirim surat melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Pilihan Beasiswa untuk Kuliah Gratis di Jerman Full

arti bachelor degree
Setelah memilih universitas negeri dan memenuhi semua kualifikasinya, saatnya untuk memilih beasiswa. Ada banyak jenis beasiswa yang bisa dipilih, kamu juga memiliki kesempatan untuk mendaftar lebih dari satu program.

Namun kamu hanya bisa mendapatkan satu beasiswa dalam sekali waktu.

Cara kuliah di Jerman gratis dengan beasiswa akan membantumu untuk memenuhi semua biaya hidup selama kuliah. Apa saja jenis beasiswa yang bisa kamu dapatkan? Berikut ini macam-macamnya:

1. DAAD

Beasiswa DAAD adalah jenis beasiswa tahunan yang diadakan oleh pemerintah Jerman. DAAD adalah program yang diadakan untuk meningkatkan minat mahasiswa internasional untuk kuliah gratis di Jerman secara penuh.

Ada banyak jenis beasiswa DAAD baik itu program sarjana dan pascasarjana. Kamu cukup rajin mencari informasi kapan dan apa saja syarat yang harus dipenuhi.

2. Heinrich Boll

Beasiswa ini diadakan oleh sebuah lembaga swasta di Jerman. Sama seperti DAAD, beasiswa Heinrich Boll juga diadakan setiap tahunnya. Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa internasional dimana saja termasuk Indonesia. Jadi kamu harus mengikuti semua persyaratannya untuk mendaftar.

3. Erasmus+

Jika DAAD dan Heinrich Boll adalah beasiswa full yang diberikan untuk kuliah di Jerman, Erasmus+ diberikan bukan hanya negara Jerman saja.

Beasiswa yang dibuka oleh yayasan Erasmus Eropa ini ditujukan untuk mahasiswa internasional supaya bisa kuliah di negara Uni Eropa. Seperti Jerman, Italia, Perancis, Spanyol, dll. Beasiswa ini juga diadakan setiap tahunnya.

4. KAAD

Beasiswa ini diselenggarakan oleh institusi katolik jadi penerimanya adalah mahasiswa beragama katolik. Di Jerman ada banyak jurusan yang bisa dipilih bagi penerima beasiswa KAAD.

Selain menekuni bidang yang disukai, penerima beasiswa juga akan menerima pendidikan teologi, jadi penting sekali untuk memiliki minat di bidang ini.

Masih banyak jenis beasiswa kuliah di Jerman yang bisa kamu pilih. Beasiswa juga bisa diselenggarakan oleh universitas yang kamu tuju. Syarat untuk menerima beasiswa sama seperti persyaratan mendaftar kuliah, jadi kamu cukup mempersiapkan syarat tersebut untuk mendaftar kuliah sekaligus beasiswa.

×

Choose One Of Our Team Members

Virtu Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×