5 Cara Belajar Bahasa Perancis Secara Otodidak Agar Maksimal

By 06/02/2019 July 15th, 2019 Perancis
cara belajar bahasa perancis

Cara Belajar Bahasa Perancis – Selain belajar bahasa asing bahasa Inggris, sekarang mulai banyak yang berminat untuk belajar bahasa asing lain yang digunakan oleh masyarakat di negara-negara maju dan bahasa Perancis adalah salah satu bahasa yang semakin banyak peminatnya.

Hal tersebut tentu saja dipengaruhi oleh kemajuan di berbagai bidang seperti pendidikan, bisnis, hingga kebudayaan Perancis yang kemudian menarik minat warga dari luar untuk datang dan melakukan kepentingan.

Baca Juga:  Pilihan Tempat dan Biaya Kursus Bahasa Perancis di Jakarta

Semua bahasa di dunia memiliki keunikannya masing-masing yang kemudian menentukan tingkat kesulitan, begitu juga bahasa Perancis. Walaupun begitu, para ahli linguistik berpendapat bahwa bahasa Perancis merupakan bahasa yang masih relatif mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa Jepang, Mandarin, dan Korea.

5 Cara Belajar Bahasa Perancis Secara Otodidak Agar maksimal

cara belajar bahasa perancis otodidak
Dengan begitu, sebenarnya kamu bisa belajar bahasa asing ini (belajar bahasa Perancis, cara belajar bahasa Perancis) tanpa harus melalui lembaga kursus. Namun, harus melakukan persiapan yang tepat. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika belajar bahasa Perancis secara otodidak, supaya mendapat hasil yang maksimal.

1. Pelafalan

Sedikit berbeda dengan bahasa berhuruf atau beraksara khusus seperti bahasa Mandarin atau bahasa Jepang yang penting untuk belajar unsur pembacaan, unsur utama yang harus lebih dulu dikuasai ketika belajar bahasa Perancis(belajar bahasa Perancis, cara belajar bahasa Perancis) adalah pelafalan atau pengucapan.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Perancis Sebagai Aupair Adalah Cara Tercepat

Keunikan bahasa Perancis memang terletak pada kata-katanya yang umumnya terucap berbeda sesuai beberapa faktor. Perbedaan pengucapan akan dipengaruhi oleh siapa sang pengujar, apakah laki-laki atau perempuan, dan apakah jamak atau tunggal.

Untuk itu, kamu harus mempelajari beberapa makna yang memiliki kata ganda. Tipsnya untuk menghapal kata-kata tersebut adalah dengan berpura-pura laki-laki, kadang berpura-pura perempuan, dst.

2. Menyesuaikan Komunikasi Sehari-hari

Tidak berbeda dengan belajar bahasa asing lainnya, melatih penggunaan bahasa sehari-hari akan membuat kita mempunyai pemahaman yang lebih lengkap mengenai sebuah kata digunakan, ketimbang harus terus belajar bahasa formal.

Penggunaan bahasa sehari-hari yang sebaiknya digunakan bukanlah bahasa yang sehari-hari kamu ucapkan lalu diterjemahkan ke bahasa Perancis, melainkan konsep komunikasi orang Perancis yang memakai bahasa Perancis.

Baca Juga:  Cara Mempelajari Kosakata Bahasa Perancis dan Artinya

Langkah tersebut penting dilakukan dalam menghindari kesalahan gramatikal ketika merangkai kata-kata. Untuk sementara waktu, tidak apa-apa kamu menganggap dirimu adalah warga Perancis yang sedang menggunakan gramatikal mereka.

3. Gunakan Kamus atau Aplikasi Translator

Menerjemahkan kata tentu sangat penting dilakukan supaya mengerti apa yang kita diucapkan dalam belajar sebuah bahasa asing (belajar bahasa Perancis, cara belajar bahasa Perancis).

Namun, sebelumnya kita harus memahami bahwa sebuah kata memiliki dua makna, yaitu makna leksikal atau makna kamus dan makna pragmatis atau makna yang berkembang di lingkungan orang Perancis itu sendiri.

Oleh karena itu, jangan coba untuk menyamakan konsep penyampaian makna per makna secara budaya Indonesia dengan kata-kata dalam bahasa Perancis. Misalnya, dalam budaya Indonesia kita sudah terbiasa akan mengucapkan “terima kasih” untuk menolak pemberian makanan dari orang lain.

Nah, jangan menggunakan konsep pragmatis semacam itu dalam bahasa Perancis, karena hal semacam itu akan berbeda. Oleh karena itu, selain menghapal banyak kosa kata atau grammar, penting juga untuk memahami cara pengguna asli bahasa tersebut untuk menyampaikan makna melalui kata-kata.

cara belajar bahasa perancis4. Berlatih Memahami Wacana Utuh

Cara terbaik berlatih memahami konsep penyampaian makna yang dipakai oleh pengguna aslinya, kita dapat memanfaatkan wacana-wacana utuh. Misalnya berita di koran berbahasa Perancis untuk mengetahui penggunaan bahasa-bahasa formal. Selain itu, bisa juga dengan menonton film atau melihat video diary.

Baca Juga:  Belajar Kata Kerja Bahasa Perancis Dengan Mudah Disini

Sebenarnya akan lebih baik mempelajari wacana utuh berbahasa Perancis dari koran atau video diary. Perlu untuk hati-hati apabila mempelajari gramatikal bahasa Perancis melalui film atau pun lagu, apalagi karya sastra.

Hal tersebut karena sangat mungkin dalam proses pembuatan film atau karya sastra, bahasa yang digunakan sudah disesuaikan dengan kaidah puitis. Bukankah kita tidak perlu berkomunikasi secara romantis jika hanya dengan supir taksi?

5. Praktikan Kemampuan

Jika sudah menguasai grammar dan gramatikal, hal terpenting terakhir yang harus dilakukan ketika belajar bahasa asing(belajar bahasa Perancis, cara belajar bahasa Perancis) adalah mempraktikannya secara langsung.

Kamu bisa melatihnya dengan bicara satu arah atau pun dua arah. Kamu bisa bicara di depan cermin seolah pidato, atau pun mendengarkan isu di televisi dan menanggapinya seolah-olah mengobrol.
Penting juga bagi kamu untuk mengecek apakah pelafalan kamu sudah dikenali oleh perangkat pendeteksi suara seperti google voice.

Itu tadi merupakan beberapa hal yang penting untuk diperhatikan ketika belajar bahasa Perancis(belajar bahasa Perancis, cara belajar bahasa Perancis). Apabila kamu masih cukup ragu dan memerlukan informasi lebih banyak mengenai persiapan belajar bahasa Perancis, kamu bisa mencarinya di virtueducation.org Di sana kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai persiapan untuk menempuh pendidikan ke Perancis.

Namun semaksimalnya anda belajar bahasa perancis otodidak akan lebih maksimal jika mengikuti kursus di Virtu Education yang berlokasi di Bellagio Mall Lt 1 Kuningan Barat Jakarta Selatan. Selain kursus anda akan mendapat banyak informasi lainnya tentang Perancis dan persiapan untuk kuliah atau kerja ke Perancis.

Hubungi consultannya atau gunakan live chat dan tiggalkan nomor anda yang bisa dihubungi oleh consultan Virtu Education.

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply