Warning: Creating default object from empty value in /home/customer/www/virtueducation.org/public_html/wp-content/themes/salient/nectar/redux-framework/ReduxCore/inc/class.redux_filesystem.php on line 29
5 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Efektif 

5 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Efektif  

By 19/05/2021 Jerman
cara belajar bahasa jerman otodidak

Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak – Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari. Walaupun memang sebenarnya belajar bahasa asing itu tidak ada yang mudah jika tidak dibarengi dengan niat serta kemauan yang tinggi.

Begitupula dengan mempelajari bahasa Jerman, jika kalian tidak mempunyai minat untuk mempelajari bahasa Jerman sudah pasti akan sulit untuk mempelajarinya. 

cara belajar bahasa jerman

5 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Efektif 

Bagi kalian yang belum mampu untuk mengikuti kursus bahasa Jerman, kalian bisa memulai belajar bahasa Jerman dengan cara otodidak. Kalian bisa memulai dengan mencari materi pembelajaran yang tersedia lengkap di internet. Agar pembelajaran menjadi lebih efektif kalian bisa mengikuti cara belajar bahasa Jerman berikut ini: 

1. Mempelajari Dasarnya Terlebih Dahulu 

Cara belajar bahasa Jerman yang pertama adalah dengan mempelajari dasarnya terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk mempelajari huruf vokal dan konsonannya tak lupa juga cara untuk melafalkannya.

Perlu kalian ketahui bahwa huruf vokal dan konsonan dalam bahasa Jerman itu hampir sama dengan bahasa Inggris, jadi kalian tidak perlu khawatir. 

Setelah mempelajari huruf vokal dan konsonan, selanjutnya pelajarilah kata-kata dasar dari bahasa Jerman. Adapun kata dasar yang harus kalian pelajari adalah seperti kata kerja, kata benda, dan kata sifat sekaligus juga artikel gendernya. 

Hal dasar lainnya yang harus kalian pelajari adalah urutan kata dalam pembentukan kalimat. Mulailah dari kalimat yang mudah terlebih dahulu, karena pada dasarnya kalimat bahasa Jerman hampir mirip dengan bahasa Inggris. 

2. Aplikasikan Hasil Pembelajaran 

Jika kalian sudah mempelajari hal dasar diatas, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menerapkan hasil pembelajaran kalian. Dan tak lupa juga untuk selalu belajar apabila mendapati kosakata baru yang belum kalian ketahui. Teruslah mempraktekan tentang bahasa Jerman yang sudah kalian pelajari. 

Dengan begitu, secara otomatis otak kita akan terus mengingat dan merekam setiap kosakata yang kita lafalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tipsnya bawalah selalu catatan kecil pada buku maupun gadget untuk mencatat setiap kosakata bahasa Jerman yang kalian dapatkan. Untuk menerapkan cara belajar bahasa Jerman yang satu ini kuncinya adalah jangan malas untuk mencatat! 

Baca Juga:  6 Cara Belajar Bahasa Jerman Secara Mandiri Dari Rumah

3. Fokus pada Tujuan 

Selama proses pembelajaran bahasa Jerman kalian harus tetap fokus pada tujuan yang kalian tuju. Jika kalian ingin mempelajari bahasa Jerman untuk lulus tingkat A1 maka kalian harus fokus  pada soal-soal yang berkaitan dengan ujian A1. 

Tetaplah fokus, jangan pelajari hal lainnya. Dengan berfokus pada tujuan kalian tidak harus belajar banyak hal sekaligus. Melainkan kalian bisa mempelajari bahasa Jerman sedikit demi sedikit sesuai keperluan. Setelah tujuan yang satu tercapai kalian bisa memulai untuk mempelajari hal yang lain. 

Agar tetap fokus pada tujuan, kalian bisa menetapkan target terlebih dahulu sebelum memulai. Pastikan untuk tetap memulai dari dasar terlebih dahulu. Sebab, kalian tidak boleh menyepelekan hal dasar dalam mempelajari bahasa Jerman. 

4. Gunakan Metode Pembelajaran yang Menyenangkan  

Cara mempelajari bahasa Jerman yang satu ini tak kalah penting. Karena saat belajar secara otodidak kalian harus menemukan sendiri metode pembelajaran yang cocok. Pahamilah kesukaan dan minat kalian agar terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan. 

Jika kalian sudah nyaman dengan metode yang kalian pilih untuk mempelajari bahasa Jerman, kalian pun akan dengan mudah membiasakan diri dalam berlatih menggunakan bahasa Jerman. Banyak metode yang bisa kalian lakukan misalnya, dengan mendengarkan lagu, menulis diary, maupun menonton film. Jangan lupa juga untuk mencatat setiap kosakata baru yang kalian dapatkan.

 

5. Tetap Konsisten

Cara belajar bahasa Jerman yang terakhir adalah tetap konsisten. Ini sangat penting, karena dalam mempelajari sesuatu terkadang kita seringkali merasa malas di tengah jalan. Sehingga, proses pembelajaran pun terhenti karena kemalasan kita sendiri. 

Tentunya hal ini harus dihindari. Mempelajari bahasa Jerman itu membutuhkan waktu seumur hidup untuk bisa menguasainya. Jika hal ini terjadi pada kalian saat sedang proses pembelajaran bahasa Jerman, yang perlu kalian lakukan adalah ingat kembali apa tujuan kalian dalam mempelajari bahasa Jerman. 

Itulah 5 cara belajar bahasa Jerman secara otodidak. Sekarang kalian bisa memulai mempelajari bahasa Jerman, jangan lupa untuk mempelajari hal dasar terlebih dahulu menggunakan metode pembelajaran yang kalian sukai dan sampai jumpa diartikel menarik lainnya hanya di Virtueducation.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×