Pengenalan Bulan dalam Bahasa Jerman, Tanggal dan Nama Hari

By 15/07/2020 Jerman
bulan dalam bahasa jerman

Bulan dalam Bahasa Jerman – Saat mulai belajar bahasa Jerman akan banyak kosakata yang harus dipelajari. Kosakata ini bisa terbagi menjadi berbagai macam topik, salah satunya tentang waktu. Topik mengenai waktu yang mudah dipelajari adalah bulan, tanggal dan juga nama hari sebelum belajar tentang jam.

Kosakata tentang nama hari, bulan dan juga tanggal sangat penting karena selalu masuk dalam materi percakapan. Apa saja nama bulan dalam bahasa Jerman? Bagaimana dengan penyebutan hari dan juga tanggal yang benar? Yuk simak pembahasannya disini.

Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Jerman

Sistem kalender di Jerman sama seperti negara-negara lainnya yaitu mengacu pada kalender Gregorian. Sistem penanggalan ini juga sama dengan di Indonesia jadi tidak sulit untuk mempelajarinya dalam bahasa Jerman.

Baca Juga:  Strategi Mendapatkan Pekerjaan di Jerman Bagi Lulusan SMA

Dalam satu tahun terdapat dua belas bulan, diawali dari bulan Januari dan berakhir di bulan Desember. Semua nama bulan dalam bahasa Jerman menggunakan gender maskulin sehingga di awal kata ditambahkan dengan ‘der’. Berikut ini nama-namanya:

Januari : der Januar, dibaca yanuar
Februari : der Februar, dibaca februar
Maret : der März, dibaca maerts
April : der Apri, dibaca aprill
Mei : der Mai, dibaca mai
Juni : der Juni, dibaca yuni
Juli : der Juli, dibaca yuli
Agustus : der August, dibaca august
September : der September, dibaca september
Oktober : der Oktober, dibaca oktober
November : der November, dibaca nofember
Desember : der Dezember, dibaca detsember

Pengucapan bulan bisa bermacam-macam tergantung dengan konteks kalimat. Misalnya pada frasa ‘di bulan Januari’ maka disebut dengan ‘in dem Januar’. Penggunaan gender ‘der’ diganti dengan preposisi in+Dativ yaitu ‘in dem”. Hal yang sama bisa juga digunakan untuk nama bulan dalam bahasa Jerman lainnya.

Perbedaan juga terdapat jika ingin mengucapkan kata ‘pada’ di depan bulan seperti pada bulan Oktober. Maka penulisan yang tepat adalah ‘im Oktober’. Penggunaan ‘der’ sebagai gender maskulin memungkinkan digunakan jika kata tersebut berdiri sendiri.

Dalam satu tahun di Jerman terdapat empat musim yang berbeda dari Indonesia. masing-masing musim juga menggunakan gender maskulin. Berikut nama musim dalam bahasa Jerman.

Musim Semi : der Frühling
Musim Panas : der Sommer
Musim Gugur : der Herbst
Musim Dingin : der Winter

Penulisan ‘der’ ini sama caranya seperti nama bulan, bisa menggunakan ‘im’ untuk kata ‘pada musim’. Sebaiknya selalu perhatikan konteks kalimat untuk memastikan preposisi yang tepat untuk digunakan.

Nama Hari dalam Bahasa Jerman

Nama Hari dalam Bahasa JermanSetelah menghafalkan nama bulan selanjutnya adalah nama hari. Satu minggu terdapat tujuh hari dimulai dari hari Minggu. Dalam bahasa Jerman, nama hari termasuk sebagai kata benda sehingga penulisan di awal kata harus menggunakan huruf besar. Sama seperti nama bulan yang juga termasuk dalam kata benda.

Baca Juga:  Menghafalkan Kata Benda dan Kata Sifat dalam Bahasa Jerman

Selain kata benda, penggunaan gender juga sama yaitu maskulin sehingga perlu penambahan ‘der’ di depan kata. Berikut ini nama hari dalam bahasa Jerman :

Minggu : Sonntag
Senin : Montag
Selasa : Dienstag
Rabu : Mittwoch
Kamis : Donnerstag
Jumat : Freitag
Sabtu : Samstag

Ketika hari dimasukkan ke dalam kalimat maka penggunaan gender bisa berubah. Semua tergantung dengan konteks kalimatnya. Berikut ini contoh kalimat yang menggunakan hari dalam bahasa Jerman.

Ini hari Senin : Heute ist Montag
Saya pergi hari Minggu : Ich gehe Sonntag
Ayah pulang pada hari Rabu : Papa kam am Mittwoch nach Hause

Penyebutan Tanggal dalam Bahasa Jerman

Penyebutan Tanggal dalam Bahasa Jerman

Supaya bisa menyebutkan hari dan bulan dalam bahasa Jerman tak ketinggalan materi yang harus dipelajari adalah tanggal. Tanggal bukan sekedar angka, namun diucapkan dengan bilangan tingkatan. Jika kamu sudah mempelajari tentang angka dalam bahasa Jerman maka lebih mudah untuk mempelajari materi ini.

Untuk menyebutkan tanggal, maka menggunakan bilangan tingkatan yang mana memiliki penambahan ‘’te atau ste’’ di akhir kata. Berikut ini pengucapan tanggal dalam bahasa Jerman .

Tanggal 1 : der erste
Tanggal 2 : der zweite
Tanggal 3 : der dritte
Tanggal 4 : der vierte
Tanggal 5 : der fünfte
Tanggal 6 : der sechste
Tanggal 7 : der siebte
Tanggal 8 : der achte
Tanggal 9 : der nuente
Tanggal 10 : der zehnte
Tanggal 11 : der elfte
Tanggal 12 : der zwölfte
Tanggal 13 : der dreizehnte
Tanggal 14 : der vierzehnten
Tanggal 15 : der fünfzehnte
Tanggal 16 : der sechzehnten
Tanggal 17 : der siebzehnten
Tanggal 18 : der achtzehnten
Tanggal 19 : der neunzehnten
Tanggal 20 : der zwanzigsten
Tanggal 21 : der einundzwanzigste
Tanggal 22 : der zweiundzwanzigsten
Tanggal 23 : der dreiundzwanzigste
Tanggal 24 : der vierundzwanzig
Tanggal 25 : der fünfundzwanzigste
Tanggal 26 : der sechsundzwanzigste
Tanggal 27 : der siebenundzwanzigste
Tanggal 28 : der achtundzwanzigste
Tanggal 29 : der neunundzwanzigste
Tanggal 30 : der dreißigste
Tanggal 31 : der einunddreißigste

Baca Juga:  3 Tips Menguasai Kata Kerja Bahasa Jerman dengan Cepat

Penulisan dan pengucapan tersebut menggunakan der sebagai gender maskulin, bisa digunakan jika pengucapannya berdiri sendiri. Tapi jika ingin mengucapkan konteks kalimat seperti ‘pada tanggal 1’, maka penulisannya adalah ‘am erste’. Akhiran yang digunakan bukan lagi ‘’te atau ste’’, tetapi diganti dengan ‘’ten atau sten’’

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×